7 Kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Produktivitas

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan dalam satu hari mengharuskan kamu untuk meningkatkan produktivitas setiap harinya agar bisa produktif.  Produktivitas sendiri merupakan suatu alat ukur perbandingan kuantitas dan kualitas saat seseorang melakukan pekerjaan untuk mencapai hasil tertentu secara efektif dan efisien. 

Namun, tidak jarang terdapat saat tertentu dimana kamu kehilangan motivasi sehingga kamu tidak seproduktif biasanya. Pada saat seperti itulah kamu tidak bisa bergantung kepada motivasi saja untuk meraih keberhasilan. Cobalah untuk menerapkan sejumlah kebiasaan di bawah, agar kamu dapat selalu produktif tanpa harus mempertimbangkan suasana hati saat melakukan suatu pekerjaan. 

  1. Lakukan time blocking

Time blocking adalah metode manajemen waktu dengan membagi waktu yang dimiliki menjadi berbagai “blok” kecil. Cobalah untuk fokus menyelesaikan sebuah pekerjaan pada setiap blok kecil yang telah dibuat. Dengan menerapkan metode ini, pekerjaan dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.

  1. Menerapkan metode Eat the Frog

Metode Eat The Frog adalah sebuah metode ujaran seorang konsultan produktivitas bernama Mark Twain. Metode ini mengajarkan kamu untuk mengerjakan pekerjaan tersulit lebih dahulu dibandingkan pekerjaan lainnya. Hal ini dilakukan karena kamu cenderung menunda-nunda pekerjaan berat hingga kamu merasa siap.

Membatasi penggunaan gadget

Saat ini, penggunaan gadget tidak dapat dipisahkan dari berbagai aspek kehidupan. Namun, terlalu banyak penggunaan gadget dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, dan masalah tidur. Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa adanya penggunaan media sosial yang berlebihan dapat dikaitkan dengan peningkatan rasa kesepian dan depresi.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Konflik di Tempat Kerja

  1. Menerapkan prinsip 80/20

Prinsip 80/20 atau Pareto Principle adalah sebuah prinsip dimana dari seluruh kegiatan yang kamu lakukan, hanya 20% waktu kegiatan yang dapat memberikan 80% dampak. Cobalah untuk memaksimalkan 20% waktu kegiatan dalam hidup, karena dari waktu itulah tersembunyi 80% kesuksesan dalam kehidupan kamu.

  1. Berani menolak ajakan orang lain

Dalam melakukan pekerjaan, tidak semua hal perlu keterlibatan kamu. Cobalah untuk memilah kegiatan yang diikuti apabila kegiatan tersebut kurang bermanfaat, dan kurangilah mengucapkan permohonan maaf ketika kamu mengutamakan hal-hal yang kamu anggap sebagai prioritas.

  1. Membuat morning routine

Menyusun morning routine atau kebiasaan di pagi hari seperti berolahraga, mengkonsumsi air mineral, ibadah, dan lain sebagainya yang dilakukan secara rutin dapat menghemat banyak waktu. Selain itu, morning routine dapat memiliki peran yang besar dalam menentukan apakah hari akan berjalan dengan baik atau tidak.

  1. Melakukan power nap

Power nap merupakan tidur siang yang dilakukan antara 15 dan 45 menit. Dengan melakukan power nap dengan durasi yang sesuai, daya ingat dapat meningkat dan rasa lelah berkurang, sehingga produktivitas dan kinerja kamu dapat meningkat.

Source

Writen by Ardo

Edited by Ais

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "7 Kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Produktivitas"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…