Alasan Kenapa Karyawan Aset Terbaik Perusahaan

Aset perusahaan adalah semua sumber ekonomi atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu entitas yang diharapkan mampu memberi manfaat usaha di masa mendatang. Aset tidak hanya berupa uang, tanah, bangunan, ataupun peralatan, tetapi juga sumber daya manusia seperti karyawan. Lalu, seberapa penting karyawan sebagai aset bagi perusahaan?

Koreksi kami jika salah. Terlepas dari sepenting apapun pelanggan, pemimpin yang visioner ataupun barang dan jasa yang berkualitas bagi sebuah perusahaan, nyatanya semua itu tidak lengkap tanpa adanya karyawan.

Karyawan tidak hanya membantu mempromosikan reputasi perusahaan, mereka juga terlibat dengan setiap elemen bisnis. Dari sekedar menjalin komunikasi dengan pelanggan, melaksanakan pekerjaan sesuai tugas dan perintah yang diberikan, hingga bertanggung jawab pada hasil produksi.

Karena itu, tidak berlebihan jika perusahaan berupaya memperlakukan karyawan dengan baik. Bukan saja dengan memberikan gaji yang baik ataupun tunjangan yang layak, tetapi juga lingkungan kerja yang kondusif. Perusahaan juga akan merasa perlu untuk memelihara bakat karyawannya demi meningkatkan peluang mereka untuk sukses.

Mengingat begitu besarnya peran karyawan bagi perusahaan, sah-sah saja jika mereka disebut sebagai aset terbesar untuk bisnis. Apapun itu, dari perusahaan kecil hingga besar. Melansir Indeed.com, berikut adalah 5 alasan kenapa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan.

1. Karyawan menjadi penghubung antara pelanggan dan produk perusahaan

Singkat cerita, karyawan adalah orang yang memperkenalkan produk yang dibuat oleh perusahaan kepada pelanggan. Beberapa berinteraksi dengan pelanggan dengan menjawab pertanyaan dan menjual produk, lainnya mengumpulkan dan memproses pembayaran untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

2. Karyawan adalah wajah publik sebuah perusahaan

Konsumen berinteraksi dengan karyawan ketika mereka terlibat dengan bisnis. Mereka melihat wajah karyawan di toko dan di iklan, mendengar suara mereka di hotline pelanggan dan membaca pesan mereka di media sosial. Interaksi ini membentuk persepsi publik tentang bisnis tersebut.

Baca juga: 5 Skill Komunikasi yang Penting Untuk Dimiliki

Jika pelanggan menerima produk yang salah, misalnya, staf layanan pelanggan yang memperbaiki masalah dapat mengubah pengalaman negatif itu menjadi pengalaman positif.

Pelanggan juga secara alami terhubung dengan seseorang ketimbang entitas perusahaan, sehingga memanusiakan bisnis melalui karyawan sangat penting untuk membina hubungan baik dengan pelanggan.

3. Karyawan secara alamiah menjadi duta perusahaan

Banyak karyawan menjadi duta atau ambassador perusahaan yang kemudian mempromosikan perusahaan tersebut kepada anggota keluarga dan teman.

Mengingat orang biasanya lebih memercayai pendapat orang yang mereka kenal daripada bentuk pemasaran lainnya, seorang karyawan yang berbicara positif tentang perusahaan tempatnya bekerja dapat menjadi aset berharga. Kata-kata positif dari karyawan sering kali dapat mendorong orang lain untuk mencoba produk atau layanan bisnis untuk pertama kalinya dan kembali berbelanja setelahnya.

4. Karyawan meningkatkan keuntungan

Karyawan yang berdedikasi akan membantu perusahaan meningkatkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya operasional. Karyawan mengembangkan produk dan layanan, mempromosikannya dan menjualnya kepada konsumen. Upaya kontrol kualitas dan layanan pelanggan yang ramah dapat mengubah konsumen biasa menjadi pelanggan tetap.

5. Karyawan mendorong inovasi

Karyawan sering kali membawa ide dan keterampilan baru yang dapat membantu memotivasi bisnis yang stagnan. Mereka mengembangkan produk dan layanan baru dan menyempurnakan prosedur operasi bisnis. Mengembangkan produk dan layanan baru membantu bisnis tetap relevan dan menarik bagi konsumen.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 75.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 25.000000%

0 responses on "Alasan Kenapa Karyawan Aset Terbaik Perusahaan"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…