Login

10 Anak Muda Paling Berpengaruh di Dunia

Bukan tanpa alasan ketika seseorang dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Terlepas dari popularitas atau pencapaian yang mungkin telah diraihnya, pengaruhnya terhadap banyak komunitas di  masyarakat sudah barang tentu menjadi poin utama. Tak heran, orang-orang yang masuk ke dalam daftar ini pun bukanlah orang sembarangan. Mereka memiliki kualifikasi yang luar biasa, seperti tokoh Politik, atlet Olahraga, artis hingga kepala negara.

Kehadiran mereka yang membawa banyak perubahan ini bukan saja membuat mereka layak untuk dikenali dan diberi apresiasi, tetapi juga dijadikan role model. Entah karena gaya kepemimpinannya, kepribadiannya, tutur katanya, ataupun prestasinya. 

Nah, buat kamu anak-anak muda yang sedang mencari sosok yang tepat untuk dijadikan role model, terlepas dari apakah dia itu seorang aktivis, atlet ataupun artis, berikut ini 10 diantaranya yang masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Times. Umurnya tidak kebih dari 30 tahun lho. Siapa saja?

1. Indya Moore

Indya Adrianna Moore adalah seorang aktor dan model kelahiran Amerika yang lahir pada tahun 1995, dari seorang Ibu asal Puerto Rico dan ayah Karibia. Ia dikenal karena perannya sebagai Angel Evangelista dalam serial televisi FX Pose. Moore adalah transgender dan non-biner. Pada usia 14 tahun, ia meninggalkan rumah orang tua-nya karena apa yang digambarkan sebagai transfobia orang tua, dan masuk ke panti asuhan. Moore  mulai bekerja sebagai model pada usia 15, dan akhirnya meraih Diploma Kesetaraan Umum (GED).

2. Khalid

Penyanyi dan penulis lagu bernama lengkap Khalid Donnel Robinson ini lahir di Georgia, AS pada 11 Februari 1998. Dia menandatangani kontrak dengan Grup Musik Right Hand dan RCA Records. Single debutnya, “Location” dirilis pada bulan Juli 2016 dan menempati nomor 16 di chart US Billboard Hot 100 dan kemudian mendapatkan platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA). Album studio debutnya, American Teen dirilis pada 3 Maret 2017.

3. BTS

BTS atau dikenal juga sebagai Bangtan Boys adalah boy band asal Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang – RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin V, dan Jungkook. Sejak debut di tahun 2013 hingga saat ini, banyak sudah prestasi yang ditorehkan grup asuhan Big Hit Entertainment ini. Mulai dari bolak-balik meraih Daesang (penghargaan tertinggi) di ajang pengrhargaan musik di Korea Selatan, menjadi grup Korea pertama yang membawa pulang penghargaan di ajang Billboard Music Awards (Top Social Artist tiga kali berturut-turut dan best gruop), menempatkan 3 albumnya di posisi teratas tangga lagu Billboard, menjadi artis termuda yang dianugerahi Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan hingga memberikan pidato di PBB sebagai duta dari UNICEF. Majalah Time pernah menampilkan BTS di sampul edisi global mereka, menyebut grup ini sebagai “Pemimpin Generasi Selanjutnya”.

4. Ariana Grande

Lahir dan besar di Boca Raton, Florida, wanita kelahiran 26 Juni 1993 ini memulai kariernya pada tahun 2008 di drama musikal Broadway berjudul 13, sebelum akhirnya memerankan Cat Valentine di serial televisi Nickelodeon Victorious (2010–2013) dan di spinoff Sam & Cat (2013–2014). Ariana juga pernah tampil di berbagai teater dan peran televisi dan telah mengisi suara di beberapa serial televisi dan film. Karier musiknya dimulai pada 2011 dengan lagu latar Music from Victorious. Pada tahun 2013, dia merilis album studio pertamanya Yours Truly, yang menduduki puncak Billboard 200 AS. Single utama album ini, “The Way”, debut di 10 besar Billboard Hot 100.

5. Yalitza Aparicio

Yalitza Aparicio Martínez, demikian ia bernama lengkap, adalah aktris Meksiko yang memerankan Cleo dalam film drama Roma (2018) besutan Alfonso Cuarón. Berkat perannya ini, ia menjadi perempuan pribumi pertama dan perempuan Meksiko kedua setelah Salma Hayek yang mendapat nominasi Academy Awards untuk artis terbaik. Aparicio lahir pada 11 Desember 1993, dari orangtua yang merupakan asli Meksiko; bapaknya dari suku Mixtec, sedangkan ibunya dari suku Triqui. Ia memegang gelar sarjana pendidikan prasekolah dan pendidikan kanak-kanak.

6. Taylor Swift

Siapa yang tak kenal Taylor Swift? Pernyanyi dan penulis lagu bernama Taylor Alison Swift ini lahir 13 Desember 1989. Ia dibesarkan di Pennsylvania, sebelum akhirnya pindah ke Nashville, Tennessee pada usia 14 tahun untuk mengejar karier di musik country. Swift menandatangani kontrak dengan label independen Big Machine Records. Setelah kontraknya dengan Big Machine Records selesai di tahun 2018, dia memutuskan untuk bergabung dengan Universal Music Group dan menjadi penulis lagu termuda yang pernah dipekerjakan oleh Sony/ATV Music publishing house.

Album debut yang berjudul sama seperti namanya pada tahun 2006 bercokol di nomor lima di Billboard 200. Single ketiga album, “Our Song”, menjadikannya sebagai orang termuda yang sendirian menulis dan membawakan sebuah lagu nomor satu di tangga lagu Hot Country Songs. Album kedua Swift, Fearless, dirilis pada tahun 2008. Didukung oleh keberhasilan single “Love Story” dan “You Belong with Me”, Fearless menjadi album terlaris tahun 2009 di Amerika Serikat. Album ini memenangkan empat Grammy Awards, menjadikan Swift sebagai pemenang termuda Album of the Year.

7. Loujain Alhathloul

Loujain al-Hathloul (lahir 31 Juli 1989) adalah seorang aktivis hak-hak wanita Saudi, seorang tokoh media sosial, dan seorang tahanan politik. Alumnus University of British Columbia ini ditangkap pada Mei 2018 – sebelum akhirnya dibebaskan, karena menentang larangan mengemudi bagi wanita di Arab Saudi. Ia dituduh berusaha mengganggu stabilitas kerajaan. Pada tahun 2015, ia menduduki peringkat ketiga dalam daftar Top 100 Wanita Arab Paling Kuat.

8. Mohamed Salah

Pesepakbola kelahiran 1992 ini adalah penyerang di klub Inggris Liverpool dan timnas Mesir. Salah memulai karier seniornya di klub tempat lahirnya, El Mokawloon di Liga Premier Mesir tahun 2010, sebelum akhirnya bergabung dengan Basel untuk harga dirahasiakan. Di Swiss, ia menjadi bintang ketika memenangkan titel liga di musim debutnya. Performa Salah kemudian menarik minat klub Premier League Chelsea, dan ia bergabung dengan harga £11 juta pada tahun 2014. Dalam level internasional, Salah mewakili Mesir pada level muda, dan memenangkan medali perunggu dalam Africa U-20 Cup of Nations. Ia juga berpartisipasi dalam 2011 FIFA U-20 World Cup dan 2012 Summer Olympics. 

9. Caster Semenya

Mokgadi Caster Semenya OIB, demikian atlet kelahiran 7 Januari 1991 ini dipanggil. Ia adalah seorang pelari jarak menengah Afrika Selatan dan peraih medali emas Olimpiade 2016. Pada tahun 2009, Semenya sempat diminta menjalani tes verifikasi jenis kelamin untuk memastikan bahwa dia benar-benar seorang perempuan. Menurut IAAF, hal ini wajib dilakukan demi menyelidiki adanya indikasi keterlibatan narkoba dalam keberhasilannya. Betapa tidak, ia membuat perbaikan 25 detik pada kategori 1500 m dan delapan detik pada 800 m.

10. Brie Larson

Wanita kelahiran 1 Oktober 1989 ini adalah aktris dan penyanyi asal Sacramento, California. Ia ikut peran dalam menulis lagu dan bermain gitar di debut albumnya yang sukses lewat single “She Said”. Ia memutuskan untuk menjadi seorang aktris ketika berumur 7 tahun dan pindah ke Los Angeles. Brie Larson menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe setelah terpilih sebagai pemeran Captain Marvel.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "10 Anak Muda Paling Berpengaruh di Dunia"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X