Login

10 Bulan Berlalu, Ini 12 Negara dengan Nol Kasus Covid-19!

10 bulan berlalu, sejak virus corona atau lebih akrab disapa Covid-19 dideteksi untuk pertama kalinya. Sejak itu, kehidupan hampir semua orang di seluruh dunia pun sontak mengalami perubahan. Bukan saja dalam hal berinteraksi, tetapi juga kebiasaan. Ya, dulu sebagian dari kita mungkin tak pernah menyangka, bahwa mengenakan masker kemana-mana akan menjadi begitu lumrah. Bahkan meski kita tidak sedang sakit sekalipun.

Tentu saja, ini bukan hal yang menyenangkan. Pun demikian dengan duduk atau berdiri berjauh-jauhan, sama sekali bukan hal yang kita harapkan. Tapi, apa lagi yang bisa kita lakukan. Per hari ini saja (30.09.2020), mengacu pada data Wolrdometer, virus corona telah menginfeksi lebih dari 33 juta orang di seluruh dunia, dengan lebih dari 1 juta diantaranya meregang nyawa. Bukan angka yang sedikit tentunya.

Menurut laporan, setidaknya ada 215 negara di dunia yang saat ini harus berjibaku dengan Covid-19. Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus infeksi terbanyak, dimana terdapat setidaknya 7 juta kasus dengan jumlah kematian lebih dari 211 ribuan jiwa. Dibawahnya, ada India, Brazil, Rusia dan Kolombia, yang masing-masing mencatatkan jumlah kasus positif 6 juta, 4 juta, 1 juta dan 824 ribu.

Jika kembali ke awal-awal ditemukannya virus corona, yakni sekitar akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China, sebagian dari kita mungkin tak ada yang pernah membayangkan bahwa ini akan menyebar begitu cepat, dari 1 negara ke lebih dari 200 negara setelahnya. Ya, sama, seperti kita juga mungkin tidak menyangka, bahwa masih ada beberapa negara di luar sana yang terbebas dari virus ini.

Hingga 27 September 2020, setidaknya ada 12 negara yang disebut PBB belum mengonfirmasi kasus COVID-19. Banyak dari negara tanpa virus corona ini adalah negara Kepulauan Pasifik di Oseania. Nah, negara mana saja?

Korea Utara

Tidak ada kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Korea Utara, meskipun beberapa analis asing percaya bahwa virus tersebut menyebar ke negara ini pada Maret 2020. Apalagi mengingat tetangganya, yakni Cina dan Korea Selatan, mencatatkan kasus yang signifikan.

Turkmenistan

Tidak ada kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Turkmenistan . Pemerintah berupaya untuk mengendalikan informasi terkait COVID-19 dan para ahli mencurigai penyebaran COVID-19 di negara itu tidak dilaporkan.

Turkmenistan adalah negara yang terkenal buram, sengaja diisolasi oleh rezim otoriter yang dipimpin oleh Gurbanguly Berdimuhamedow, yang juga digambarkan sebagai totaliter. Media independen di negara ini hampir tidak ada, sehingga pelaporan tentang situasi saat ini sulit dilakukan karena ketidakmampuan untuk mengakses dan memastikan informasi yang dapat dipercaya dari negara tersebut.

Solomon Islands

Sama seperti Turkmenistan dan Korea Utara, Solomon Islands juga belum melapporkan adanya kasus positif Covid-19 hingga saat ini. WHO menduga risiko Covid-19 di negara ini tidak diketahui.

Vanuatu

Salah satu negara yang tidak terkena virus Corona adalah Vanuatu. Negara di Samudra Pasifik, tepatnya sebelah timur Australia ini, belum melaporkan satu pun kasus positif COVID-19.

(Baca juga: 7 Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak di Dunia)

Vanuatu merupakan negara kepulauan dengan 80 pulau yang membentang di sepanjang timur laut Kaledonia Baru. Populasinya hanya 300 ribu penduduk.

Kiribati

Negara lainnya yang hingga kini belum melaporkan adanya kasus positif virus corona adalah Kiribati. Warga setempat menyebut kelapa menjadi salah satu rahasia mereka untuk menjaga kesehatan dari virus

Federated States of Micronesia

Negara Federasi Mikronesia (FSM) adalah salah satu dari sedikit negara di mana tidak ada kasus COVID-19 yang dilaporkan. Sejak awal Januari, WHO telah bekerja sama dengan pemerintah dan mitranya untuk mendukung FSM dalam persiapan menghadapi COVID-19 dengan fokus khusus pada pemberdayaan masyarakat lokal.

Tonga

Meski hingga saat ini belum ada konfirmasi kasus positif Covid-19 di Tonga, namun Pemerintah tetap memberlakukan keadaan darurat kesehatan hingga 26 Oktober.

Kedaruratan kesehatan masyarakat di Tonga pertama kali diumumkan oleh Perdana Menteri, Dr. Pohiva Tu’i’onetoa pada 12 Maret awal tahun ini. Sejak itu, status kedaruratan telah diperbarui setiap bulan.

Samoa
Seperti Tonga, Samoa yang juga belum melaporkan adanya kasus positif Covid-19 hingga saat ini memilih untuk memperpanjang kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 hingga 26 Oktober.

Marshall Islands

Hingga saat ini, Kepulauan Marshall tetap menjadi salah satu dari sedikit negara tanpa kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Namun, negara tersebut tetap berisiko sedang hingga tinggi. Karena risiko ini, proyek tanggap darurat akan fokus pada dukungan pencegahan dan kesiapsiagaan serta akan mendukung Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan serta Komite Bencana Nasional untuk melaksanakan rencana tanggap virus corona mereka.

Palau

Republik Palau atau Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur negara Filipina. Negara yang merdeka pada tahun 1994 ini juga menjadi salah satu dari sedikit negara yang masih terbebas dari virus corona.

Tuvalu

Hingga saat ini, tidak ada kasus terduga atau terkonfirmasi Covid-19 di Tuvalu. Negara ini sejauh ini masih bebas dari pandemi. Selain mengadakan Gugus Tugas Kesehatan Covid-19 pada akhir Januari, sebagai keadaan darurat nasional, Pemerintah Tuvalu juga menanggapi ancaman virus ini dengan memperketat perbatasan sejak 3 Maret.

Nauru

Negara terkecil di Pasifik Selatan dan negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia ini menjadi negara terakhir dalam daftar WHO yang hingga kini masih aman dari virus corona. Seperti ke-11 negara lainnya, Nauru belum melaporkan adanya kasus positif Covid-19 di negaranya.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "10 Bulan Berlalu, Ini 12 Negara dengan Nol Kasus Covid-19!"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X