Login

10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Bicara tentang lingkungan hidup, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud lingkungan hidup? Siapa saja sebenarnya yang menjadi bagian dari lingkungan ini? Manusia beserta hewan sajakah? Manusia beserta hewan dan tumbuhan kah? Atau, masih ada yang lainnya?

Jika kita mengacu pada Wikipedia, maka lingkungan hidup bisa artikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan secara timbal balik. Definisi yang lebih lengkap diuraikan dalam Undang Undang No. 23 Tahun 1997, dimana lingkungan hidup dikatakan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Ya, manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lantas, apa jadinya jika ada perilaku manusia yang tidak mendukung upaya berkelanjutan dalam mejaga kelangsungan hidup tersebut? Masalah lingkungan hidup seperti banjir, polusi air, polusi udara, kebakaran hutan permanen/tidak dapat dipadamkan dan lainnya pun banya tinggal menunggu waktu. Tentu, sebagian dari kita masih ingat dengan bencana banjir yang beberapa waktu lalu melanda sebagian besar Ibukota dan daerah lainnya di Indonesia, bukan? Di luar faktor alam, perilaku manusia yang tidak menjaga lingkungan dengan baik tak bisa dimungkiri turut memberi andil.

(Baca juga: Destinasi Liburan Paling Populer Jelang Natal dan Tahun Baru)

Nah, agar bencana-bencana seperti ini tidak kembali terulang, berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan hidup:

Hemat Listrik

Bijak dalam menggunakan listrik menjadi salah satu cara efektif untuk menyelamatkan lingkungan. Meskipun tampak sepele, namun langkah ini bisa memberikan dampak yang besar bagi lingkungan. Apalagi di Indonesia, yang 80 persen sumber energi listriknya masih bergantung pada energi berbahan fosil, dan bukannya energi terbarukan. Semakin tinggi penggunaan energi berbahan fosil akan semakin meningkatkan pemanasan global.

Hemat Air

Sumber daya air yang melimpah tak selamanya menguntungkan, apalagi jika tidak dibarengi dengan manajemen air yang baik. Di negeri kita tercinta ini, misalnya, ampir setiap musim penghujan, air yang melimpah itu justru berbuah petaka dengan datangnya musibah banjir. Sementara di musim kemarau, tak jarang kekeringan melanda. Belum lagi ditambah dengan pencemaran air yang marak mulai dari sungai hingga laut. Nah, dengan menghemat air, niscaya kita bisa ikut menyelamatkan lingkungan.

Mengurangi Pemakaian Plastik

Sampah plastik merupakan sampah yang susah di daur ulang dan membutuhkan waktu lama untuk terurai. Karenanya, mengurangi pemakaian plastik bisa mengurangi dampak yang lebih besar dari kerusakan lingkungan hidup. Sebagai gantinya, kita bisa membawa kantong belanjaan sendiri dengan bahan selain plastik.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Ini mungkin terdengar sangat sepele, tapi ketahuilah, dampaknya sangat besar bagi penyelamatan lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempatnya, kita salah satunya bisa terhindar dari musibah banjir.

Kurangi penggunaan AC

Bagi sebagian orang, cuaca panas di Indonesia bolah jadi merupakan problema tersendiri, yang hanya bisa diatasi dengan adanya AC atau penyejuk udara. Alhasil, tiada hari tanpa memberdayakan perangkat ini. Sekali, dua kali, tiga kali, mungkin sah-sah saja, tapi tahukah kalian bahwa penggunaan penyejuk udara secara berkepanjangan berpotensi memperburuk pemanasan global?

Untuk mencegah ini, dan berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan, nyalakan lah penyejuk udara sesekali, bila perlu jangan nyalakan sama sekali. Sebagai gantinya, gunakan ventilasi alami atau kipas angin untuk menyejukkan diri, sesering mungkin.

Ganti tisu dengan kain lap

Sementara tisu akan dibuang setelah sekali pakai, kain lap bisa digunakan berulang kali dan untuk waktu yang lebih lama. Dengan melakukan ini, kita bukan saja menghemat uang, tetapi juga berperan dalam menyelamatkan lingkungan. Memang, tisu tak seperti plastik yang sulit didaur ulang, tapi bukankah lebih baik untuk tidak mendaur-ulang sama sekali?

Menanam Pohon

Pohon menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen rata-rata 1,2 kg perhari/batang. Dan manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas sebesar 0,5 kg perhari/orang. Pohon juga menyerap dan menyimpan air hujan untuk menghidari banjir dan menjadikannya sebagai air tanah, cadangan air hingga musim kemarau tiba. Disamping menjadi habitat bagi berbagai organisme yang membentuk keseimbangan alam dengan jaring-jaring makanannya. Nah, berbagai manfaat pohon itu menjadikan kegiatan menanam pohon sebagai salah satu bentuk nyata dalam menyelamatkan lingkungan.

Isu Ulang Botol Minuman

Membeli sebotol air mineral memang tidak mengharuskan kita menjual rumah. Tapi alangkah baiknya jika uang yang harusnya kita habiskan untuk membeli ini bisa kita tabung. Memang, hanya Rp3000-Rp5000 per hari, tapi bayangkan jika itu berlangsung selama satu tahun? Dengan mengisi ulang botol, kita bukan saja menghemat ratusan ribu per bulan, kita juga bisa berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan.

Asal tahu saja, botol produksi perusahaan air minum sangat merugikan lingkungan lho, mengingat 80% diantaranya tidak didaur-ulang dan jumlah air yang digunakan untuk memproduksi sebuah botol plastik tiga kali lebih banyak dibanding air yang bisa ditampung botol itu sendiri.

Ganti Bohlam

Ganti bohlam tua dan panas dengan lampu hemat energi. Lampu CFL memang agak mahal, tapi penggunaan energinya jauh lebih hemat dan tahan lama.

Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor bukan saja menjadi salah satu sumber pencemaran udara terbesar, ini juga menjadi pemicu pemanasan global. Diperkirakan, kendaraan motor di dunia menghasilkan emisi karbon hingga 2 miliar pertahun dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor bisa menjadi solusi untuk menyelamatkan lingkungan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Lingkungan Hidup"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X