10 Kebiasaan yang Hanya Dimiliki Karyawan Sukses

Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa ya, satu karyawan bisa sukses – cepat mendapat promosi, kenaikan gaji dan lainnya, sementara yang lainnya biasa-biasa saja. Padahal, keduanya mungkin memulai di saat dan tempat yang sama. Faktor keberuntungan kah, atau… karyawan yang sukses itu memang unggul dari segi kemampuan?

Usut punya usut, kemampuan, meskipun menjadi faktor penting, ternyata bukan satu-satunya unsur penentu kesuksesan seorang karyawan lho. Disamping itu, ada satu hal lainnya yang tak kalah penting, yakni kebiasaan.

Ya, konon, karyawan yang sukses itu memiliki kebiasaan yang tidak dilakukan oleh karyawan lainnya. Nah, kebiasaan apa saja kira-kira?

Melansir themuse, berikut ini 10 kebiasaan yang umumnya dimiliki oleh karyawan yang sukses.

Memperlakukan semua orang dengan hormat

Dalam setiap organisasi profesional, menemukan banyak kepribadian yang berbeda adalah hal yang lumrah. Baik itu yang datangnya dari rekan kerja, supervisor, pelanggan, ataupun klien. Adakalanya, kita tidak mungkin menyukai semua orang yang kita temui. Meskipun demikian, karyawan yang sukses akan memperlakukan semua orang dengan hormat, terlepas dari perasaan pribadinya.

Berbicara dalam Rapat

Terutama jika Anda berada dalam rapat besar, merasa terintimidasi oleh atasan adalah hal yang lumrah. Biasanya, duduk dan mendengarkan pun cenderung menjadi pilihan banyak karyawan. Nah, karyawan yang sukses sebaliknya. Dia tidak menunggu izin atau undangan untuk berbicara. Dia ingin memastikan semua orang di ruangan tahu bahwa dia memiliki sesuatu untuk disumbangkan.

Professional

Profesionalisme tidak ditentukan oleh pengalaman individu. Sebaliknya,, itu bisa dilihat dariciri-ciri kepribadian yang tak berwujud. Dalam hal ini cara karyawan membawa diri di tempat kerja. Apakah mereka tepat waktu atau sering datang terlambat? Apakah mereka berpakaian dengan pantas dan terlihat rapi atau terlihat seperti baru bangun tidur? Apakah mereka bangga dengan pekerjaan mereka dan menghasilkan produk yang mereka banggakan? dan sebagainya.

Penuh inisiatif

Individu yang benar-benar membuat perbedaan dalam tim atau dalam organisasi adalah orang-orang yang melampaui panggilan tugas. Mereka tidak hanya melakukan apa yang diminta dari mereka, mereka mencari peluang untuk memimpin atau memecahkan masalah.

Kenal Atasan

Sangat sulit untuk dipromosikan jika atasan kita tidak tahu siapa kita — jadi pastikan untuk mengenal atasan di departemen.

Tahu Bagaimana Berkomunikasi dengan Atasan

Jika Anda pernah berada dalam pertemuan tingkat eksekutif, Anda akan tahu bahwa cara mereka berkomunikasi sedikit berbeda dari karyawan biasa. Jadi, jika Anda ingin berada di tempat yang sama suatu hari nanti, kuncinya adalah mempelajari cara para eksekutif
berbicara.

Memiliki Keinginan untuk Berkembang

Apakah mereka manajer, karyawan tingkat menengah, atau pekerja tingkat awal, orang-orang sukses selalu berusaha untuk meningkatkan diri. Mereka tidak puas dengan status quo dan mencari peluang untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari diri mereka sendiri dan tim mereka.

(Baca juga: Hal-hal yang Hanya Bisa Dimengerti Oleh Pekerja Kantoran)

Orang-orang ini menghargai kritik dan umpan balik yang membangun karena memberi mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Mencari Peluang Kepemimpinan

Baik itu menawarkan diri untuk memimpin tim proyek, menjadi sukarelawan untuk membimbing karyawan junior, ataupun menjadi pelatih karyawan magang, karyawan yang sukses tidak menunggu peluang kepemimpinan datang, mereka melihat sekeliling, melihat di mana seorang pemimpin dibutuhkan, dan menjadi salah satunya.

Menghindari Gosip

Kebanyakan orang bergosip tentang masalah yang terjadi di perusahaan. Mereka yang sukses melakukan hal sebaliknya. Alih-alih mengomentari masalah tersebut di kala istirahat, mereka akan berpikir untuk untuk mencari solusi.

Tetap Terlihat Tenang (Padahal Tidak)

Ada banyak hal yang dilihat atasan saat ingin mempromosikan seseorang. Salah satunya adalah melihat bagaimana caranya orang itu menangani beban kerja. Jadi, saat Anda menemui tenggat waktu atau mengerjakan tugas baru, penting untuk menangani stres dengan gaya dan sikap, “saya bisa mengatasinya” dengan tenang.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 9

Upvotes: 7

Upvotes percentage: 77.777778%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 22.222222%

2 responses on "10 Kebiasaan yang Hanya Dimiliki Karyawan Sukses"

  1. Mungkin ada benarnya, namun untuk beberapa karyawan atau pegawai yang saya jumpai tidak demikian. Bahkan tidak jarang ada yang menjalin hubungan yang tidak sepantasnya di tempatnya bekerja.

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X