Login

10 Kegiatan Sepele untuk Meningkatkan Mood Kerja, Wajib Dicoba!

Sulit rasanya menghadapi kenyataan bahwa di awal minggu kita harus kembali mulai bekerja di kantor. Belum siap rasanya meninggalkan waktu liburan akhir pekan untuk kembali sibuk dengan urusan kantor dan menghadapi si bos. Namun, buat pekerja kantoran, ini adalah hal yang tak bisa dihindarkan. Mau tak mau, suka tak suka, ke kantor setiap minggu adalah kewajiban yan harus dijalankan, dan liburan ada di ujung minggu.

Tapi, bersikaplah seperti seorang profesional. Semalas apapun bekerja, kita harus tetap menyelesaikan tugas di kantor. Nah, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk bisa meningkatkan mood saat sedang bekerja di kantor. Mau tahu apa saja?

1. Minum kafein

Jika kamu penggemar kopi, maka minumlah segelas kopi untuk meningkatkan semangat hari ini. Jika tak suka kopi, kamu juga bisa menggantikannya dengan teh atau cokelat. Yang terpenting adalah jangan minum dengan terburu-buru. Nikmatilah waktu saat minum kopi, teh, atau cokelat. Ini artinya, kamu harus benar-benar menikmati momen saat minum dan fokus. Jangan melakukan hal lain, apalagi bekerja.

2. Menghias kubikel

Siapa bilang menghias kubikel hanya pekerjaan tak penting dan tak berguna? Ternyata menurut penelitian, menghias kubikel bisa membantu kita jadi lebih produktif lho. Dengan mendesain kubikel atau meja kerja jadi lebih cerah dan bersih semangat kerja akan lebih terpacu. Bayangkan kalau melihat meja kerja saja sudah berantakan, yang ada kepala pun jadi makin pusing dan malas.

“Lingkungan yang netral akan meningkatkan energi,” kata Laura Stack penulis buku The Exhaustion Cure.
Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa pekerja yang menghias dan merapikan meja kerjanya ternyata 40 persen lebih bahagia dibanding yang tidak.

3. Bangkit dari kubikel

Kerja dari pukul 09.00-17.00 bukan berarti bokong kamu harus selalu menempel di kursi. Saat sudah mulai lelah dan mengantuk, mulailah angkat bokong dari kursi dan tinggalkan kubikel atau meja kerja. Berdiri, berjalan ambil minum, menggerakan badan, atau sekadar mengobrol santai dengan rekan kerja tentu tak dilarang. Manfaatkan ini untuk merecharge kembali semangat dan kesegaran tubuh kamu.

4. Mendengarkan musik

Sudah bukan rahasia lagi kalau mendengarkan musik bisa membantu menyegarkan pikiran. Sambil mendengarkan musik, bisa saja ikut sedikit bersenandung. Tapi hati-hati jangan sampai terbawa perasaan seperti di karaoke. Baik lagu Metallica yang keras atau Mozart yang klasik, segala jenis musik bisa memberikan dampak besar untuk otak dan produktivitas kerja.

5. Makan permen karet

Tak cuma kopi yang bisa jadi boost semangat dan mood kamu saat bekerja. Kalau membutuhkan suntikan semangat baru, kunyah saja permen karet.

Alan Hirsch, pendiri Smeel & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa permen karet mint dan jeruk akan membantu menstimulasi saraf di otak yang bertanggung jawab untuk kewaspadaan dan antikantuk. Gerakan mulut yang aktif juga akan membuat kamu jadi lebih produktif dan tak lagi mengantuk. Bukan cuma itu, ini juga akan membuat napas kamu jadi lebih segar.

6. Pakai baju cerah

Mungkin banyak dari kamu yang diwajibkan untuk memakai seragam. Namun kalau tempat kerja kamu ternyata boleh pakai baju bebas, maka ada baiknya untuk memilih baju yang berwarna cerah dan stylish agar kepercayaan diri meningkat. Kamu juga bisa padukan dengan aksesori yang punya banyak kenangan indah.

7. Adopsi tanaman

Sebuah penelitian dari Belanda membuktikan bahwa pasien rumah sakit yang memiliki tanaman di ruangannya ternyata tingkat stresnya lebih rendah. Kondisi ini dibandingkan dengan orang yang memiliki ruangan dengan foto kehidupan urban atau kota. Untuk meningkatkan semangat kerja, maka ada baiknya kamu mulai mengadopsi dan merawat tanaman di kubikel. Tanaman hijau ini akan membantu kamu mengurangi tingkat stres dan juga meningkatkan produktivitas.

“Ruangan dengan tanaman akan meningkatkan produktivitas dan menurunkan tekanan darah dibandingkan orang di ruangan tanpa tanaman,” kata Virginia Lohr peneliti dari Washington State University.
“Tanaman membantu kita jadi lebih manusiawi dan menenangkan.”

8. Berkedip

Kadang saat sedang serius bekerja dan menatap layar komputer, kamu pasti jadi lupa berkedip. Hal ini juga sesuai dengan penelitian di tahun 2008 lalu yang dilakukan oleh American Otometric Association. Survei tersebut membuktikan bahwa 73 persen orang yang biasa menggunakan komputer ternyata jarang berkedip.
“Orang-orang terkunci pandangannya pada latar dan karena mereka berhenti berkedip, maka matanya jadi kering,” kata Ralph Chou, seorang profesor optometri di University of Waterloo.

9. Merencanakan liburan

Meski masih awal minggu, tak ada salahnya untuk mulai merencanakan liburan jangka pendek (saat akhir pekan) atau untuk liburan jangka panjang (cuti).  Tak dipungkiri, merencanakan liburan adalah hal yang menyenangkan. Bukan cuma itu, hal ini juga bisa membuat kamu jadi semangat bekerja demi bisa bersenang-senang saat liburan.

10. Ngemil makanan kaya antioksidan

Ngemil? Aduh nanti jadi gemuk. Nggak juga kok asal cemilannya bergizi dan sehat. Untuk meningkatkan mood bekerja, kamu bisa ngemil aneka makanan ringan yang mengandung antioksidan tinggi. Penelitian membuktikan bahwa camilan akan membantu mengembalikan kekuatan dan fokus. Sedangkan camilan yang tinggi antioksidan seperti cokelat hitam.

Leave your vote

9 points
Upvote Downvote

Total votes: 27

Upvotes: 18

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 9

Downvotes percentage: 33.333333%

24 responses on "10 Kegiatan Sepele untuk Meningkatkan Mood Kerja, Wajib Dicoba!"

  1. 1 3 4 5

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X