10 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Para Perempuan, Pilih Mana?

Bertahun-tahun yang lalu, meraih impian dan cita-cita, pun demikian mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama dengan laki-laki, utamanya dalam hal pekerjaan, mungkin bukan sebuah perkara  mudah bagi para perempuan. Namun tidak demikian saat ini.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, boleh dibilang perempuan bukan hanya bisa bekerja sesuai cita-cita, tetapi juga mendapatkan imbalan melebihi apa yang mungkin didapatkan seorang laki-laki. Intinya, sekarang ini bukan lagi sesuatu yang mengherankan jika perempuan memiliki gaji yang lebih tinggai dari laki-laki

Nah, di Amerika misalnya, beberapa bidang pekerjaan sangat memungkinkan untuk perempuan bisa mendapat gaji yang tinggi di antara bidang-bidang yang lain. Dikutip dari Business Insider, US Cencus Bureau 2016, merilis survei tentang pekerjaan apa saja yang memberikan kaum perempuan gaji yang tinggi.

Eits, tapi seperti biasa, gaji tinggi pasti juga diikuti dengan tanggung jawab yang tinggi ya….

1. Perawat Anestesi

Di Amerika, lapangan pekerjaan ini diisi oleh sekitar 58 persen perempuan. Gaji rata-rata di bidang ini bisa mencapai sekitar 151,667 dollar Amerika lho. Kalau dirupiahkan, gajinya bisa mencapai Rp2 miliar lebih.

Sebagai perawat anestesi, kamu diharuskan untu mempersiapkan alat dan obat yang akan digunakan untuk anestesi atau pembiusan. Perawat anestesi juga harus melakukan pembiusan sesuai prosedur dan permintaan dokter bedah. Sebagai perawat, kamu juga diwajibkan untuk memonitoring kondisi pasien selama operasi berlangsung.

2. Ahli farmasi

Ada sekitar 55 persen perempuan Amerika yang bekerja jadi ahli farmasi. Gaji rata-ratanya mencapai 118,461 dollar Amerika atau sekitar Rp 1,6 miliar lho.

Dalam dunia kesehatan, ahli farmasi atau apoteker punya peran yang sangat penting. Seorang apoteker itu bukan cuma ‘tukang obat.’ Tapi apoteker juga punya banyak tugas termasuk menjalankan tugas kefarmasian termasuk penyaluran obat, pengadaan dan pendistribusian obat. Tak cuma soal itu, ahli farmasi juga bertanggung jawab soal obat keras yang diberikan kepada pasien harus sesuai dengan resep dokter.

3. Suster ahli kehamilan

Perempuan yang bekerja di bidang ini ada 100 persen dan memiliki gaji rata-rata 101,552 dollar Amerika (Rp1,409 miliar).

Mungkin ini terlihat asing ya buat orang Indonesia. Tapi ini bukan profesi sembarangan lho. Perawat ahli kehamilan dan ibu-ibu harus punya gelar Master of Science in Nursing.

Tugas utama mereka adalah mendampingi perempuan di semua usia yang sedang hamil, melahirkan, dan sesudah melahirkan. Mereka juga bekerja bersama dokter obstetro dan juga ginekolog untuk melakukan diagnosa serta merawat perempuan dengan penyait akut dan kronis.

4. Asisten psikiater
Ada 63 persen perempuan Amerika yang mengisi lowongan sebagai asisten psikiater. Di bidang ini mereka digaji dengan rata-rata 100,434 dollar Amerika atau Rp1,39 miliar.

Seorang asisten psikiater bertugas untuk mendampingi orang yang punya masalah secara mental atau emosional. Mereka bertugas untuk bekerja di bawah arahan perawat ataupun staf dokter lainnya. Asisten psikiater ini akan menjaga satu pasien di kehidupan dan aktivitas mereka sehari-hari, termasuk saat pengobatan.

5. Dokter hewan

Bagi penggemar hewan dan tak ingin melihat mereka terluka, pilihan karier ini bisa jadi cocok buat kamu. Di Amerika, ada setidaknya 59 persen perempuan yang jadi dokter hewan. Mereka juga punya gaji yang cukup besar yaitu 82,228 dollar Amerika (Rp1,14 miliar).

Seperti yang kamu tahu, seorang dokter hewan bertugas untuk merawat, mengobati, dan menyelamatkan hewan yang sakit. Sama seperti dokter untuk manusia, dokter hewan juga harus paham soal obat-obatan dan masalah kedokteran khususnya di anatomi hewan.

6. Hakim, jaksa, atau lainnya

Bidang pekerjaan ini memang memiliki risiko yang besar. Namun di zaman sekarang, perempuan juga bisa pengambil keputusan penting soal keadilan. Di Amerika, perempuan yang memilih jalur pekerjaan seperti ini ada sekitar 44 persen. Mereka digaji sekitar 80,807 dollar Amerika (Rp1,1 miliar).

Sebagai hakim atau jaksa, kamu dituntut untuk bisa menyelami kasus dengan sudut pandang jernih, tak memihak, dan adil.

7. Ahli statistik
Nah kalau pekerjaan yang satu ini memang cocok buat kamu yang suka banget sama matematika dan statistik. Dunia hitung-menghitung yang rumit dan memusingkan ini bisa jadi menarik dan punya banyak fungsi di dunia kerja lho, termasuk urusan analisis perusahaan, analisis statistik soal data yang dibutuhkan demi kemajuan perusahaan atau riset.

Berkat ketelitian dan kesabaran perempuan, setidaknya bidang pekerjaan ini menarik untuk 44 persen perempuan. Gajinya juga terbilang besar, sekitar 80,027 dollar Amerika atau Rp1,1 miliar. Tapi siap-siap pusing ya.

8. Manajemen strategi

 

Menjadi seorang manajemen analis atau manajemen strategi memang tidak mudah. Ada 41 persen perempuan yang berkarier di bidang ini di Amerika. Tapi menjadi seorang manajemen analis ini bisa mendapat gaji 76,338 dollar Amerika (Rp1 miliar).

Bekerja di bidang manajemen strategi ini membuat kamu harus rajin-rajin untuk melakukan riset dan evaluasi tentang berbagai hal yang terjadi di kantor atau di luar kantor untuk mendapatkan strategi demi kemajuan kantor. Kerjanya termasuk berat karena harus selalu up to date sama semua hal.

9. Peneliti medis
Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan pengetahuan biologi serta sains ini diminati oleh 53 persen perempuan. Perempuan hebat ini digaji dengan jumlah berkisar 71,175 dollar Amerika atau Rp987,9 juta.

Di Indonesia sendiri, peneliti medis perempuan sebenarnya sudah cukup banyak lho. Sebagai seorang peneliti medis mereka harus melakukan serangkaian riset, uji coba untuk menemukan teknik pengobatan terbaru ataupun jenis obat-obatan terbaru demi mengobati penyakit yang dialami manusia modern.

10. Analis sistem komputer

Meski dianggap memusingkan dan sulit, namun banyak perempuan yang tergoda untuk berkarier di bidang ini lho. Lihat saja, ada 40 persen perempuan Amerika yang mau berpusing-pusing ria untuk berurusan dengan sistem komputer ini.

Tapi karena rumitnya melakukan pekerjaan ini, mereka juga dibayar mahal lho, sekitar 72,409 dollar Amerika atau Rp1 miliar.

Sama seperti manajemen strategi, analis sistem komputer juga punya tugas yang nyaris sama. Analis sistem komputer dikenal juga dengan nama arsitek sistem komputer. Tugasnya? Sudah pasti jadi perancang atau pembuat sistem komputer, meneliti prosedur dan mendesain solusi pada semua masalah komputer agar perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Leave your vote

20 points
Upvote Downvote

Total votes: 46

Upvotes: 33

Upvotes percentage: 71.739130%

Downvotes: 13

Downvotes percentage: 28.260870%

42 responses on "10 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Para Perempuan, Pilih Mana?"

  1. 1 7 8 9

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X