10 Soft Skill Wajib Untuk Dimiliki Para Pekerja

Di era Industri 4.0 saat ini, soft skill tak dimungkiri menjadi salah satu komponen yang wajib dimiliki oleh para pekerja untuk menghadapi tantangan global yang semakin berkembang. Pasalnya, nilai akademik dan hard skill saja tidak cukup, terlebih banyak pekerja dari luar negeri yang sudah datang ke Indonesia.

Umumnya bagi para calon professional atau fresh graduate, soft skill memiliki arti yang lebih luas lagi, dan semakin berat. Selain harus berhadapan dengan para professional berpengalaman, mereka juga harus bersaing dengan pekerja migran. Meski demikian, para pekerja Indonesia, khususnya para milenial saat ini sudah memiliki daya saing yang kuat.

Lalu keahlian apa saja sih, yang masuk dalam kategori Soft Skill? Berikut adalah 10 soft skill wajib yang harus dimiliki para pekerja, agar dapat bersaing dengan mereka yang berpengalaman maupun para pekerja migran.

  1. Komunikasi

Soft skill pertama yang harus dimiliki adalah komunikasi. Dan ini berlaku untuk banyak hal, mulai dari kemampuan pemahanan bahasa, etika bahasa hingga penyampaian dalam rantai komunikasi. Dengan begitu, para pekerja Indonesia akan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding pekerja dari luar negeri.

Skill satu ini sangat penting untuk dimiliki, baik oleh para profesional muda maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Cara mendapatkan soft skill ini dapat dimulai dari menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan pada apa yang sedang dibicarakan.

(Baca juga: Catat, 7 Hard Skill Ini Sangat Disukai Pemberi Kerja!)

Lewat belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka kita juga akan dapat belajar berbicara dengan baik, Ketika dua-duanya telah dikuasai barulah kita akan dapat menjadi komunikator yang baik. Cara lain untuk mengembangkan soft skill ini adalah dengan cara merekam percakapan yang kita lakukan. Setiap kali kita mendengarkannya, kita akan tahu apa yang kurang dari kemampuan berkomunikasi yang kita miliki.

2. Berpikir kritis

Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh profesional muda adalah berpikir kritis.  Untuk dapat berpikir kritis memang bukan hal yang mudah, perlu diasah dan dipelakari secara seksama. Maka ada dua hal yang bisa dilakukan untuk melatih ini adalah dengan sering membaca buku serta melakukan debat dan diskusi. Dengan membaca buku akan menambah pengetahuan atau pemahaman, sementara dengan sering berdiskusi akan menambah keberanian untuk mengemukakan pemikiran. Inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

3. Memiliki Kemampuan Mengakses, menganalisis, mensintesis informasi

Bagi seorang professional, dalam mencerna beragam masukan tidaklah gampang sebagaimana menerapkannya. Butuh penelaahan yang intensif untuk menghasilkan keputusan yang besar dan bijak. Selain itu, perlu juga melakukan analisis atas kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan mensintesis informasi tersebut agar tahu kebenarannya.

4. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu, Kreatif, dan Inovatif

Soft skill satu ini sangat berkaitan dan wajib untuk dimiliki profesional muda. Rasa ingin tahu adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi. Selain itu, ketiga soft skill ini juga sangatlah berguna dalam hal penyelesaian masalah dalam dunia pekerjaan.

5. Kepemimpinan

Setiap pekerja pasti menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam kariernya hingga menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan merupakan satu hal baik yang harus dimiliki oleh para pekerja atau tenaga kerja. Hal itu berkaitan dengan profesionalisme dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

6. Adaptasi

Soft skill penting lainnya yang harus dimiliki oleh para pekerja adalah adaptasi. Adaptasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar dapat secepatnya berbaur dengan tanggung jawabnya. Sehingga dapat turut serta dalam kontribusinya kepada perusahaan. Kecerdasan pekerja sangat diperhitungkan dari kemampuan beradaptasi yang dimiliki oleh para pekerja.

7. Kerja sama dan kolaborasi

Dalam dunia kerja, kinerja seseorang bukanlah segalanya. Sebaliknya, kemampuan team work dan kolaborasi antar divisilah yang menjadikan target perusahaan dapat dicapai. Kerja sama dan kolaborasi merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tidak ada dominasi yang dimiliki seseorang yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan. Karenanya, sangat penting untuk memiliki kemampuan ini.

8. Public speaking

Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan dan keberanian seseorang untuk berbicara di depan  umum. Untuk dapat memahami dan memiliki kemampuan public speaking dibutuhkan edukasi yang baik selain dari sisi materi juga dari sisi praktiknya.

9. Manajemen waktu

Pentingnya soft skill manajemen waktu sangat erat kaitannya dengan kedisiplinan. Sebab, keteraturan dalam menjalankan pekerjaan dan konsistensi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik akan sangat memungkinkan membantu perusahaan dalam mewujudkan target. Untuk itu, perusahaan sangat mengedepankan dalam mendapatkan karyawan yang memiliki manajemen waktu yang baik.

10. Networking

Networking sangat erat kaitannya dengan marketing, namun demikian, networking memiliki ruang yang lebih luar. Mulai dari database, relasi hingga memiliki pengetahuan luar atas lini bisnis perusahaan. Karena itu, dengan networking yang besar dan luas akan sangat memudahkan bagi karyawan untuk bisa mengembangkan diri dan berinovasi lagi.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "10 Soft Skill Wajib Untuk Dimiliki Para Pekerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X