10 Tanda Bahwa Kamu Calon Entrepreneur

Istilah entrepreneur (kewirausahaan) pertama kali diperkenalkan oleh ekonom Prancis Richard Cantillon pada awal abad ke-18. Cantillon mendefinisikan istilah tersebut sebagai orang yang membayar harga tertentu untuk suatu produk dan menjualnya kembali dengan harga yang tidak pasti. Ia menganggap entrepreneur sebagai pengambil risiko yang dengan sengaja mengalokasikan sumber daya untuk memanfaatkan peluang guna memaksimalkan keuntungan finansial.

Entrepreneur umumnya mengacu pada individu yang lebih memilih untuk membuat karir profesional mereka dengan menjalankan bisnis sendiri daripada dipekerjakan di perusahaan atau organisasi lain.  Secara karakteristik, seorang entrepreneur tidak hanya berpikir secara berbeda, tetapi juga bertindak berbeda. Mereka memanfaatkan sifat, kebiasaan, dan pola pikir kepribadian untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa. Adakalanya bahkan beda tipis antara jenius dan gila.

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah setiap orang atau individu yang merasa dirinya pemikir orisinal dan memiliki ide-ide gila, jika tidak brilian, sudah pasti cocok menjadi entrepreneur?

Jika kamu adalah salah satunya, yang bertanya-tanya apakah kamu seorang calon wirausahawan atau entrepreneur, cek daftar berikut! Ini adalah beberapa tanda bahwa kamu seorang calon entrepreneur.

1. Berasal dari keluarga yang tidak bisa bekerja untuk orang lain. Dalam hal ini, orang tuamu bekerja untuk diri mereka sendiri.  Meskipun hal ini tidak berlaku untuk setiap entrepreneur, banyak yang memiliki riwayat keluarga dengan salah satu atau kedua orang tuanya pernah menjadi wiraswasta.

(Baca juga: 5 Kualitas yang Membuat Kamu Jadi Pemain Tim Hebat)

2. Benci status quo. Ya, kamu adalah orang yang selalu mempertanyakan mengapa orang melakukan ini dan itu. Kamu berusaha untuk membuat segalanya lebih baik dan bersedia mengambil tindakan untuk itu.

3. Keinginan untuk mengambil tanggung jawab atas risiko yang lebih besar. Meski begitu, kamu tidak mengambil risiko secara membabi buta, melainkan dengan perhitungan.

4. Percaya diri. Ya, kamu memiliki keyakinan dan kepercayaan akan kemampuan diri sendiri bahwa kamu akan berhasil.

5. Bersemangat. Ya, seorang entrepreneur biasanya lebih energik daripada rata-rata orang. Akan ada saat-saat ketika kamu menghabiskan banyak waktu dan tidak menghasilkan satu rupiah pun. Semangat itu yang akan membuat kamu terus maju.

6. Kamu berorientasi terhadap masa depan. Wirausahawan biasanya kurang peduli dengan apa yang telah mereka lakukan kemarin dibandingkan dengan apa yang akan mereka lakukan besok.

7. Punya keahlian dalam pengorganisasian. Dalam hal ini kamu tahu bagaimana menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.

8. Secara efektif menciptakan sinergi antara orang dan pekerjaan, sehingga memungkinkanmu untuk mewujudkan visi  menjadi kenyataan.

9. Kamu tidak menerima jawaban tidak.  Seorang entrepreneur tidak pernah menyerah — selamanya.

10. Kamu menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan pendiri daripada pasangan atau orang penting lainnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "10 Tanda Bahwa Kamu Calon Entrepreneur"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X