Login

3 Alasan Kenapa Kerja Tidak Harus Sesuai Dengan Jurusan Kuliah

Hi Leaders!

Hampir setiap mahasiswa yang baru lulus kuliah menginginkan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai jurusan kuliahnya. Idealnya memang adalah ketika lulus kuliah, kita bisa bekerja sesuai jurusan kuliah.

Tetapi banyak juga kasus dimana kamu merasa salah mengambil jurusan yang biasanya baru disadari ketika pertengahan proses kuliah dilaksanakan. Lalu bagaimana jika ini terjadi? Apakah kamu tetap harus melanjutkan bekerja sesuai dengan jurusan itu?

Tenang saja, ada pilihan lain kok. Kamu bisa mencoba bekerja dengan mengikuti passion. Terbukti banyak sekali orang yang setelah lulus kuliah, dia bukan bekerja sesuai jurusan saat dia menimba ilmu di universitas. Mereka menekuni pekerjaan yang sesuai passion (minat) mereka.

Bekerja sesuai passion sudah pasti menjadi suatu pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang. Kenapa? Karena bekerja sesuai passion tak ubahnya bekerja seperti hobi yang dibayar. Ada beberapa hal yang membuat bekerja sesuai passion jauh lebih menyenangkan dibandingkan sesuai jurusan kuliah, simak dibawah ini, yuk!

Tidak Pernah Kehilangan Semangat Bekerja
Well, bekerja sesuai passion bisa memunculkan aura positif. Kenapa? Karena bekerja sesuai passion tidak pernah merasa kehilangan semangat. Bekerja sesuai passion, sama saja bekerja sesuai minat kita. Secara otomatis, perasaan semangat akan terus mengalir dari tubuh kita karena kita sangat menyukai dan sangat mencintai pekerjaan tersebut.

Jika sudah begini, teman-teman di sekeliling kita pun akan tertular aura semangat, aura positif dari kita. Dengan bekerja sesuai passion, pekerjaan yang dilakukan hari demi hari justru semakin membuat bahagia. Karena pekerjaan tersebut memang adalah hal yang kita kuasai.

Bekerja Sesuai Passion
Banyak diantara kita yang mungkin ketika lulus kuliah lebih memilih bekerja sesuai jurusan kuliah. Alasannya agar mata kuliah yang sudah dipelajari selama kurang lebih 4 tahun tidak terbuang sia-sia. Padahal, kehidupan di dunia kerja sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kehidupan di dunia kuliah.

Kasus-kasus yang ditemui di dunia kerja jauh lebih kompleks, jauh lebih rumit, dan sebagian besar tidak ada dalam modul atau diktat kuliah yang kita pelajari dulu. Oleh karena itu, dalam dunia kerja, kita harus memperdalam skill kita lagi.

Beda halnya dengan orang yang bekerja sesuai passion, tak ubahnya seperti sedang menjalani sebuah “hobi yang dibayar”. Pekerjaan yang diberikan oleh atasan bukan lagi menjadi beban untuk diri pribadi, justru dengan bekerja sesuai passion adalah kesempatan untuk mengeksplor seluruh kemampuan yang kita punya.

Mengasah skill baru
Kehadiran ilmu baru sudah seharusnya sejalan dengan adanya skills lain yang baru juga. Jalani saja semuanya dengan ringan seperti saat menikmati pembelajaran di masa kuliah dulu. Siapa tahu di antara skills baru yang kamu punya itu ada yang benar-benar kamu sukai. Malah bisa jadi itu bagian dari passion yang selama ini kamu cari-cari. Siapa tahu juga apa yang kamu geluti sekarang akan menghantarkanmu pada kesuksesan yang tak hanya dari segi materi, tapi juga dari segi kepuasan secara batin.

Source: www.sisternet.co.id

Leave your vote

37 points
Upvote Downvote

Total votes: 61

Upvotes: 49

Upvotes percentage: 80.327869%

Downvotes: 12

Downvotes percentage: 19.672131%

01/08/2018

33 responses on "3 Alasan Kenapa Kerja Tidak Harus Sesuai Dengan Jurusan Kuliah"

  1. Berpacu pada proses terkadang memang terbaik.

  2. 1 5 6 7

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X