Login

5 Beasiswa Luar Negeri yang Paling Diminati Pelajar Indonesia

Bukan tanpa alasan jika banyak orang memilih untuk berbondong-bondong melanjutkan studi ke luar negeri. Luar negeri adalah rumah bagi ribuan universitas dan akademi, yang memiliki keunggulan pada programnya masing-masing. Baik itu yang terkait teknologi, seni, ekonomi ataupun yang lainnya. Singkat kata, apapun bidang yang ingin kita geluti, kita akan bisa menemukannya disana. Dan itu dengan kualitas yang tak diragukan lagi. Tidak peduli apakah itu negeri ataupun swasta, apakah itu berbayar ataupun gratis, alias lewat beasiswa.

Nah, buat yang memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan di luar negeri, namun tidak terlalu percaya diri dalam urusan pembiayaan, beberapa beasiswa S2 ini bisa menjadi jawabannya.

Berikut ini kami kumpulkan 5 beasiswa S2 paling populer yang kerap diburu para pelajar Indonesia. Ada yang di Amerika, Inggris, juga Australia. Beasiswa apa saja ya kira-kira?

Beasiswa Fulbright

Fulbright merupakan salah satu skema beasiswa paling terkenal dari pemerintah AS, yang dibesut demi mempromosikan perdamaian dan pemahaman antara Amerika Serikat dan lebih dari 150 negara. Program yang dibentuk pasca Perang Dunia Kedua melalui upaya Senator Fulbright ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar, mengajar atau melakukan penelitian di berbagai bidang studi. Hingga saat ini, ada lebih dari 300.000 alumni program Fillbright di luar sana, dengan beberapa bahkan menjadi peraih Nobel.

Di Indonesia, program ini dikelola oleh American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF), yang memberikan lebih dari 120 beasiswa kepada orang Amerika dan Indonesia setiap tahunnya. Beasiswa ini biasanya mencakup biaya sekolah, transportasi, asuransi kesehatan dan biaya tambahan buku pelajaran.

Beasiswa Chevening

Salah satu beasiswa S2 paling populer lainnya adalah Chevening. Chevening dikhususkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di Inggris. Ini merupakan sebuah program global dari pemerintah setempat yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi yang menjadi mitranya. Sejak diberikan pertama kali pada tahun 1983, hingga kini Chevening telah berkembang menjadi program internasional yang paling dicari.

Chevening diperuntukkan bagi orang-orang yang berbakat dan telah dikenali sebagai pemimpin masa depan yang potensial di berbagai bidang termasuk politik, bisnis, media, masyarakat sipil, agama, dan akademisi.

(Baca juga: Negara dengan Kasus Eksploitasi Anak Terburuk)

Tunjangan yang diberikan dari program ini antara lain biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa dan dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Beasiswa LPDP

Beasiswa yang ditujukan bagi setiap warganegara Indonesia yang telah lulus S1/D4 atau lulusan S2 dan ingin melanjutkan studi ke jenjang master maupun doktor ini tidak hanya memungkinkan mahasiswa untuk menuntut ilmu di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Skema LPDP adalah beasiswa penuh, yang artinya semua kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya keberangkatan dan kepulangan akan ditanggung oleh LPDP. Tidak hanya itu, biaya seperti tunjangan keluarga (khusus doktoral), tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal, visa, hingga asuransi kesehatan juga akan disediakan. LPDP sendiri merupakan kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, dan ditujukan bagi mereka yang berprestasi.

Beasiswa Erasmus Mundus

Erasmus Mundus merupakan program beasiswa bagi mereka yang ingin belajar, melakukan riset, pelatihan, atau mengajar di salah satu universitas pilihan di Eropa. Ini ditujukan untuk murid, peneliti dan staff (akademik dan administratif) yang berasal dari Uni Eropa, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Fokusnya adalah pada beberapa bidang seperti Elektrikal, Teknik Elektro dan Informasi Komunikasi Teknologi, Photonics, Teknik Biomedikal, Teknik Komputer, Sistem Tenaga dan Energi, Informatika, dan sebagainya.

Diantara beberapa universitas yang bekerjasama dengan program ini adalah University of London, Politecnico Di Milano, Technische Universtaet Dortmund, Universidade do Porto, University of Limerick, University of Oradea dan Frederick University. Universitas di Indonesia yang tergabung dalam program beasiswa ini adalah Universitas Pelita Harapan.

Beasiswa Australia Awards

Australia Awards, yang sebelumnya bernama Australian Development Scholarship (ADS) merupakan beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Australia, dan ditujukan khusus bagi negara berkembang, dimana Indonesia termasuk di dalamnya. AAS terbuka bagi mahasiswa asal Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, termasuk Asia Selatan dan Papua Nugini. Australia Awards dikelola oleh AusAID dan telah berdiri sejak 1950.

Di Indonesia, Australia Awards ditawarkan untuk level studi S2 dan S3 dengan pilihan kuliah di sejumlah universitas di negeri Kangguru. Bukan saja biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan beberapa fasilitas lain juga disediakan oleh beasiswa ini.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 75.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 25.000000%

3 responses on "5 Beasiswa Luar Negeri yang Paling Diminati Pelajar Indonesia"

  1. Terimakasih , kalau boleh dibanyakin info beasiswanya min hehe 🙂

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X