5 Cara Mudah untuk Menjadi Lebih Produktif di Tempat Kerja

Semua orang ingin mendedikasikan dirinya pada tugas tertentu, menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, dan mendapatkan hasil yang berkualitas. Meski begitu , adakalanya rasa bosan, jenuh, bahkan malas, datang dan membuat produktivitas menurun. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa tetap atau lebih produktif di tempat kerja?

Dilansir Indeed.com, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjadi lebih produktif di tempat kerja.

1. Fokus pada satu tugas dalam satu waktu

Meskipun kita dapat melakukan banyak hal sekaligus, dalam satu waktu, berfokus pada satu pekerjaan lebih memungkinkan untuk menjadi lebih produktif.

Ketika kita berkonsentrasi pada lebih dari satu aktivitas pada satu waktu, kita cenderung menggunakan lebih banyak waktu hanya untuk transisi dari satu tugas ke tugas lainnya. Alhasil, ini dapat mengakibatkan beberapa tugas yang masih belum selesai diselesaikan dengan kualitas yang lebih rendah daripada jika setiap tugas dikerjakan satu per satu.

2. Istirahat secara teratur

Tak sedikit orang yang kerap mengabaikan waktu istirahatnya demi sebuah tugas. Alasannya sederhana, membuat tugas selesai lebih cepat dari seharusnya. Padahal, memforsir diri atau lalai memberi diri sendiri waktu istirahat justru dapat merusak produktivitas secara keseluruhan. Ini karena tubuh terlalu lelah atau jenuh.

Baca juga: Teamwork vs Kerja Sendiri, Mana Lebih Baik?

So, jangan lupa untuk selalu menyisihkan waktu istirahat dalam berbagai aktivitas ya. Ini akan membantu kita lebih produktif pada akhirnya.

3. Fokus pada tugas yang lebih sulit atau besar

Biasakan untuk berfokus pada tugas terbesar dan paling memakan waktu sebelum beralih ke tugas lain. Ini akan dapat membantu kita tetap lebih fokus dan produktif, ketimbang mengerjakan tugas yang lebih kecil dan lebih pendek terlebih dahulu.

4. Delegasikan tugas

Pertimbangkan untuk menggunakan metode delegasi untuk membagi tugas di antara anggota tim. Misalnya, jika kita memiliki banyak tugas di daftar tugas, pertimbangkan untuk menugaskan beberapa tugas itu kepada orang lain jika tugas itu memang dapat diselesaikan tanpa kita harus turun tangan.

Mendelegasikan tugas juga dapat memungkinkan kita untuk mengerjakan tugas lain yang mungkin secara khusus membutuhkan penanganan kita.

5. Minimalisir Interupsi

Meskipun kita mungkin menikmati berinteraksi dengan rekan kerja – ngobrol santai, berkumpul, atau mendiskusikan topik tertentu, nyatanya semua ini harus dikurangi karena dapat menghambat alur kerja dan menurunkan produktivitas secara keseluruhan.

Semua interupsi ini perlu dibatasi dan ada beberapa strategi untuk melakukan itu, mulai dari memilih untuk bekerja dengan pintu kantor tertutup, bekerja di lingkungan kantor terbuka, atau menggunakan headphone peredam bising untuk membantu membatasi suara obrolan dan interaksi kantor.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "5 Cara Mudah untuk Menjadi Lebih Produktif di Tempat Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X