5 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Baik di Tempat Kerja

Sebagai makhluk sosial, adalah hal yang lumrah jika manusia selalu berupaya untuk membina atau meningkatkan hubungan baik dengan manusia lainnya. Bukan saja mereka yang berada di lingkungan keluarga ataupun tempat tinggal, tetapi juga lingkungan kerja. Lingkungan kerja sendiri merupakan lingkungan dimana kita akan dipertemukan dengan rekan kerja, kolega, atasan ataupun lainnya untuk kemudian membentuk hubungan kerja.

Nah, hubungan kerja ini, meskipun mungkin tidak seintim yang kita miliki dengan keluarga dan teman, tetaplah penting untuk terus dibina dan ditingkatkan. Karena semakin baik hubungan kita di tempat kerja, semakin bahagia, semakin terlibat, dan semakin produktif pula kita.

Jadi, daripada membuang energi untuk mengatasi masalah yang datang akibat hubungan yang tidak baik, kenapa kita tidak memanfaatkan energi tersebut secara positif untuk hal sebaliknya. Berikut adalah lima cara untuk membantu meningkatkan hubungan baik di tempat kerja.

  1. Komunikasi yang terbuka dan jujur

Semua hubungan yang baik bergantung pada komunikasi yang jujur ​​dan terbuka. Apapun bentuk komunikasi yang kita gunakan, apakah itu bertatap muka, mengirim teks atau email, dan sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana kita berkomunikasi.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan hasil apa yang kita inginkan dari komunikasi tersebut dan gunakan bahasa yang jelas serta tepat untuk memastikan tidak ada kesalahpahaman. Semakin baik dan efektif kita berkomunikasi dengan orang-orang yang bekerja dengan kita, semakin positif dan baik pula hubungan tersebut.

2. Tunjukkan penghargaan atau apresiasi

Tunjukkan penghargaan kita ketika orang lain memberi bantuan, apakah itu rekan kerja yang telah membantu dalam sebuah presentasi atau junior yang telah membuatkan secangkir kopi.

(Baca juga: Lakukan Hal Ini Saat Kamu kalah Performa Dari Karyawan Baru)

Pada dasarnya, semua orang menyukai penghargaan dan ingin merasa seolah-olah dirinya memberikan kontribusi atas sesuatu. Sedikit pujian yang tulus sangat membantu mengembangkan atau meningkatkan hubungan baik di tempat kerja.

3. Mendengarkan secara aktif

Komunikasi yang efektif tak hanya melibatkan berbicara, tetapi juga mendengarkan. Karena itu, berfokuslah untuk benar-benar mendengarkan kolega dan klien dan lihat bagaimana mereka akan merespons kita secara positif sebagai balasannya.

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan yang perlu dikembangkan secara sadar karena kita akan menemukan bahwa itu akan membantu kita dalam mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

4. Hindari gosip

Jika kita ingin memelihara hubungan positif di tempat kerja, sebaiknya hindari gosip. Cobalah untuk mengubah topik pembicaraan ketika mendengar gosip tentang rekan kerja lain. Bahkan meski kita mungkin juga tidak sependapat dengan rekan tersebut.

Sebaliknya, jika kita memiliki masalah dengan rekan kerja, cobalah untuk melakukan percakapan yang sopan dan jujur ​​terlebih dahulu dengan orang tersebut. Jika ini tidak memberikan hasil yang positif, kita bisa mengadakan pertemuan dengan atasan dan rekan yang bersangkutan, sehingga kita dapat mengatasi masalah tersebut secara transparan dan profesional.

5. Menghormati orang lain

Menghormati orang yang bekerja dengan kita berarti menghargai pandangan dan ide orang itu. Ini akan memungkinkan hubungan kerja yang efektif dan kreatif yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Ini juga akan memungkinkan kita untuk menerima beragam pendapat dari rekan kerja dan mempertimbangkan apa yang mereka katakan.

Bagaimana pun, untuk karir yang sukses, kita perlu membangun hubungan yang positif dan sehat dengan rekan kerja, klien, dan pemangku kepentingan lainnya di tempat kerja.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%

1 responses on "5 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Baik di Tempat Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X