5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tak Mendapatkan Pekerjaan Impian

Setiap orang memiliki kriteria yang berbeda untuk pekerjaan impian mereka. Beberapa menggunakan gaji sebagai tolak ukur, sementara yang lain percaya bahwa memiliki pekerjaan sesuai passion adalah definisi impian yang sesungguhnya.

Pekerjaan impian sendiri merupakan posisi yang menggabungkan bukan saja aktivitas dan keterampilan, tetapi juga hasrat dengan peluang menghasilkan uang. Pekerjaan ini bisa menyenangkan, bisa juga bergengsi dan bergaji tinggi. Tetapi apapun itu, biasanya pekerjaan ini memiliki atributnya tersendiri. Katakan saja mereka menarik, menantang, memungkinkan membantu orang lain, memerlukan bakat, dan sebagainya.

Tapi ketika kita bicara tentang pekerjaan impian, perlu diketahui pula bahwa belum tentu semua orang bisa mendapatkannya. Pada artikel ini, kami merangkum 5 hal yang bisa dilakukan ketika kita tidak dapat menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Sabar

Menemukan pekerjaan yang cocok atau sesuai dengan impian bukanlah pekerjaan mudah. Setidaknya bagi sebagian orang. Meski begitu, tak ada salahnya untuk selalu mencoba. Siapa tahu memang sesungguhnya perlu waktu bagi kita untuk sampai pada kesimpulan suatu pekerjaan cocok atau tidak, atau membuat kita merasa nyaman atau tidak. Intinya bersabar.

Yakinkan dalam hati bahwa kita akan selalu dapat menemukan hal baik dan hal yang bisa dijadikan pelajaran setelah mengerjakan pekerjaan yang sama selama beberapa tahun.

Tentukan lingkungan kerja yang ideal versi kita

Salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan ketidakpuasan secara profesional adalah lingkungan kerja. Berbekal pengalaman, kita dapat menentukan apakah kita suka bekerja dalam lingkungan tim atau bekerja sendiri. Atau, apakah kita suka ruang kantor yang menawarkan fasilitas lengkap seperti minuman, area lounge dan sebagainya atau ingin bekerja dari rumah sesering mungkin.

Tentukan gaya kepemimpinan yang ideal versi kita

Faktor eksternal lain yang dapat menyebabkan ketidakpuasan di luar tugas sehari-hari adalah gaya kepemimpinan yang ada di perusahaan tempat kita bekerja.

(Baca juga: 7 Keterampilan Motivasi yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin)

Tidak ada salahnya untuk menanyakan hal ini pada saat wawancara. Atau jika perlu, cari tahu pula lingkungan seperti apa yang nantinya akan kita masuki itu. Memiliki pengetahuan ini sebelum memasuki ruang kerja dapat membantu kita menentukan apakah kita menginginkan posisi tersebut atau tidak.

Bangun koneksi

Ketika kita memutuskan untuk meninggalkan posisi yang kurang memuaskan, tetap terhubung dengan rekan kerja, entah melalui platform media sosial atau yang lainnya adalah hal yang penting. Kenapa? Seseorang yang pernah bekerja dengan kita mungkin saja berakhir bekerja untuk perusahaan yang kita minati dan dapat memberikan rekomendasi pribadi. Ada juga kemungkinan bahwa seseorang di jaringan kita memulai bisnis yang memenuhi kualifikasi pekerjaan impian kita.

Tetapkan rentang gaji

Gaji bukan satu-satunya faktor yang menentukan apakah suatu pekerjaan cocok, tetapi menetapkan kisaran gaji untuk diri sendiri dapat membantu mempersempit pekerjaan mana yang termasuk dalam kategori itu.

Teliti pekerjaan dan industri yang ingin dimasuki dan tentukan berapa gaji rata-rata untuk posisi itu. Menetapkan gaji minimum yang memuaskan untuk diri sendiri dapat menghilangkan posisi tertentu sama sekali dan mengingatkan kita pada fakta bahwa kita mungkin ingin mencari pekerjaan di tempat lain.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tak Mendapatkan Pekerjaan Impian"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X