5 Kualitas yang Membuat Kamu Jadi Pemain Tim Hebat

Dalam sebuah organisasi, tercapainya sebuah tujuan tak pernah bisa dilepaskan dari adanya kerja tim. Tak berlebihan, jika kerja tim ini pun dianggap sebagai sesuatu yang penting. Pun demikian dengan mereka yang ada didalamnya, para pemain tim yang hebat.

Seorang pemain tim sendiri bisa diartikan sebagai seseorang yang secara aktif berkontribusi pada kelompok mereka untuk menyelesaikan tugas, memenuhi tujuan, atau mengelola proyek. Pemain tim secara aktif mendengarkan rekan kerja mereka, menghargai ide dan bertujuan untuk meningkatkan produk atau proses yang ada.

Pemain tim memahami bahwa kesuksesan tim mereka adalah kesuksesan mereka sendiri, dan mereka berbagi tanggung jawab ketika tim mereka mengalami kesulitan selama proses tersebut. Lantas, seperti apa sih seorang pemain tim yang hebat itu?

Ada banyak hal yang membuat seseorang layak diberi predikat pemain tim hebat, berikut 5 diantaranya:

Komitmen pada tim

Seorang team player hebat akan berkomitmen pada timnya. Dalam hal ini, dia akan memberikan waktu dan energinya tanpa mengharapkan imbalan. Tidak ada kata mundur dan apapun hasilnya, mereka akan mendukung 100%.

(Baca juga: 9 Skill Paling Dicari di Ranah IT Saat Ini)

Komitmen sendiri biasanya berangkat dari rasa percaya pada tim, proses, dan tujuan yang ingin dicapai secara bersama-sama. Kepositifan semacam ini diyakini dapat meningkatkan moral dan produktivitas.

Menyambut kolaborasi dengan tangan terbuka

Bekerja dengan tim berarti akan ada berbagai pendapat dan ide. Bahkan jika menurut kita ide kita adalah yang terbaik, kita harus mendengarkan semua ide sebelum mendorong ide sendiri untuk didengar. Berkompromi dan tetap menerima dengan baik jika pekerjaan kita dikritik.

Sadar Diri

Untuk menjadi pemain tim yang hebat, sangat penting untuk memiliki kesadaran yang tidak bias tentang apa yang kita kuasai dan apa yang tidak. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu yang tidak menjadi bagian dari keahlian kita. Apalagi jika itu dilakukan hanya demi pengakuan.

Cobalah untuk menyadari dan menerima kelemahan, dan mengasah apa yang menjadi kekuatan kita. Dengan begitu, kita tidak hanya akan memberi manfaat bagi tim, tetapi juga memudahkan pimpinan dalam mendelegasikan tugas secara efektif.

Dapat diandalkan dan bertanggung jawab

Seorang pemain tim yang hebat menyelesaikan tugas berdasarkan prioritas, tidak harus sesuai urutan yang diberikan. Ketika mereka tidak yakin apa yang harus diprioritaskan, mereka bertanya kepada pimpinan mereka.

Sebagai pemain tim yang andal dan bertanggung jawab, kita akan dapat mengatur waktu kita secara efektif, mulai dari bersiap untuk meeting, hingga dipercaya untuk bekerja sendiri tanpa pengawasan terus-menerus. Pimpinan dan rekan tim akan merasa bahwa mereka dapat mengandalkan kita untuk bantuan dan dukungan kapan pun dibutuhkan.

Fleksibel

Seorang pemain tim yang hebat akan selalu siap menerima tugas apa pun yang diberikan atasannya. Fleksibilitas dalam peran ini memungkinkan kita untuk belajar lebih banyak dan membantu tim. Intinya satu, lihatlah setiap kesempatan sebagai kesempatan untuk belajar.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "5 Kualitas yang Membuat Kamu Jadi Pemain Tim Hebat"

  1. Menjadi pemain tim yang hebat juga perlu kemampuan berkomunikasi dengan baik antartim untuk menghindari kesalahpahaman. Salah satunya adalah berani meminta tolong kepada rekan apabila beban kerja yang diberikan sudah melebihi kapasitas kita.

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X