Login

5 Olahraga Paling Populer di Indonesia, Selain Bulutangkis

Bulutangkis boleh jadi adalah cabang olahraga paling dikenali di Indonesia. Alasannya sederhana, olahraga ini paling banyak membawa banyak prestasi. Mulai dari tingkat nasional, regional, hingga internasional.

Siapa yang tak kenal dengan Rudi Hartono, Susi Susanti, atau Taufik Hidayat? Ketiganya, bersama sederet atlet bulutangkis lainya bukan saja telah sukses memperkenalkan cabang olahraga ini ke lebih banyak orang di dunia, tetapi juga membuat harum nama bangsa. Tak berlebihan, jika nama mereka kerap dielu-elukan. Setiap orang, bercita-cita untuk menjadi Rudi Hartono serta Susi Susanti berikutnya.

Tapi, apakah bulutangkis hanyalah olahraga satu-satunya? Tentu saja tidak. Selain juga ikut menyumbang prestasi, dan memgharumkan nama bangsa di kancah dunia, beberapa olahraga ini juga tak kalah populer lho dari Bulutangkis. Apa saja?

1. Sepak Bola

Bukan rahasia umum jika sepakbola menjadi salah satu olahraga paling populer. Bahkan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Sebut saja di beberapa negara besar seperti Inggris, Brasil, Spanyol, Italia, dan lain lain.

Sepak bola sendiri merupakan olahraga beregu yang terdiri dari 11 pemain dalam 1 timnya, yang mana 1 pemain bertugas menjadi penjaga gawang, dan 10 lainnya menjadi pemain bertahan, pemain tengah, dan penyerang.

Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis

2. Bola Voli

Bola voli merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang. Olahraga yang satu ini dimainkan menggunakan tangan, tapi jika situasi terdesak pemain boleh menggunakan kaki atau bagian tubuh lain untuk mengambil bola.

Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

3. Bola Basket

Bola basket adalah salah satu cabang olahraga bola lainnya yang dimainkan secara berkelompok. Disini, setiap tim terdiri dari 5 orang. Kelima orang ini akan bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring dari tim lawan. Tim yang dapat memasukkan bola lebih banyak pada ring lawan akan keluar sebagai pemenang.

Ada 3 posisi utama dalam bermain basket, yaitu: 1) Forward, pemain yang tugas utamanya adalah mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan, 2) Defense, pemain yang tugas utamanya adalah menjaga pemain lawan agar pemain lawan kesulitan memasukkan bola, dan 3) Playmaker, pemain yang menjadi tokoh kunci permainan dengan mengatur alur bola dan strategi yang dimainkan oleh rekan-rekan setimnya.

4. Tenis Meja

Tenis meja, atau ping pong, adalah sebuah olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja.

Di Indonesia, olahraga ini berada di bawah naungan PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), sedangkan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 217 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

5. Pencak Silat

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Ada banyak pengaruh budaya bisa kita temui di olahraga ini, termasuk Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam. Di Indonesia, setiap daerah biasanya mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri.

Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "5 Olahraga Paling Populer di Indonesia, Selain Bulutangkis"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X