5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Bidang Engineering

Sebagaimana pengertiannya, engineering atau teknik adalah penggunaan prinsip-prinsip ilmiah untuk merancang dan membangun mesin, struktur, dan barang-barang lainnya, termasuk jembatan, terowongan, jalan, kendaraan, dan bangunan. Bidang ini mencakup berbagai pekerjaan di enam cabang utama, yakni kimia, sipil, listrik, geoteknik, manajemen dan mekanik, serta ratusan subkategori lainnya yang berbeda di luar itu.

Karena bidang ini sangat beragam – memerlukan serangkaian pendidikan dan keterampilan, maka tak heran jika beberapa insinyur memperoleh penghasilan yang jauh lebih tinggi daripada yang lain. Melansir Indeed.com, berikut ini kamu merangkum 5 pekerjaan di bidang engineering atau teknik dengan bayaran tertinggi.

Insinyur Antariksa

Seperti namanya, insinyur antariksa tak jauh-jauh dari urusan kedirgantaraan. Insinyur satu ini bertugas untuk merancang dan membangun pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, rudal, dan satelit. Keterampilan desain dan analitis menjadi suatu keharusan bagi insinyur antariksa. Salah satu pekerjaan di bidang engineering ini pada 2017 saja dilaporkan memiliki gaji rata-rata sebesar USD99.805 atau sekitar Rp1,4 miliar per tahun.

Insinyur Perminyakan

Seorang insinyur perminyakan mengembangkan metode untuk mengekstrak minyak bumi dan gas alam dari bumi, dan kemudian menggunakannya untuk menciptakan energi secara efisien dan bersih. Mereka juga dapat mengekstrak sumber daya ini dari sumur yang lebih tua jika memungkinkan, serta menemukan cara tambahan untuk mengebor dan melihat alat apa yang dapat memperlancar proses pengeboran.

Dengan gaji rata-rata USD94, 271 atau sebesar Rp1,3 miliar per tahun (2021), sebagaimana mengutip Indeed.com, insinyur perminyakan jelas merupakan salah satu pekerjaan teknik dengan bayaran tertinggi.

Insinyur Nuklir

Seorang insinyur nuklir menciptakan prosedur untuk menghasilkan energi nuklir, yang dapat memberikan daya ke kapal, pembangkit listrik, dll. Mereka harus melakukan penelitian tambahan untuk memastikan keselamatan reaktor di dalam wilayah operasi mereka.

(Baca juga: Karir dengan Gaji Selangit untuk Wanita)

Untuk urusan bayaran, gaji rata-rata insinyur ini dilaporkan sebesar USD91.156 atau setara Rp1,3 miliar per tahun.

Insinyur Komputer

Seorang insinyur komputer bertanggung jawab atas pengembangan struktur perangkat keras dan perangkat lunak komputer perusahaan. Mereka yang ahli di perangkat lunak komputer akan bertanggung jawab atas aplikasi yang berjalan di komputer atau smartphone. Sementara yang ahli di perangkat keras akan mengambil alih kepemilikan komputer itu sendiri, sehingga mereka dapat memperbaiki bagian-bagian yang rusak atau memasang add-on yang mungkin memberikan manfaat positif bagi pengguna.

Bicara mengenai gaji, insinyur komputer, masih mengutip Indeed dilaporkan menerima bayaran sekitar USD86,086 per tahun, atau setara Rp1,2 miliar.

Insinyur Biomedis

Tugas utama seorang insinyur biomedis adalah meneliti dan mengembangkan bahan yang dapat digunakan untuk membantu pasien, sebagai contoh organ buatan. Mereka mencatat informasi tentang pola perilaku untuk mengetahui reaksi yang dihasilkan dari perilaku manusia, yang dapat dibagikan dalam lingkungan akademis atau melalui konsultasi.

Setiap tahunnya, seorang insinyur biomedis memperoleh gaji rata-rata sebesar USD74.786 atau sekitar 1 miliar.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Bidang Engineering"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X