5 Skill Komunikasi yang Penting Untuk Dimiliki

Komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan. Bukan saja dapat membantu kita dalam berinteraksi dengan sesama, dengan komunikasi kita juga dapat memahami semua informasi secara cepat dan akurat. Dalam dunia kerja, skill atau keterampilan komunikasi ini juga tak kalah penting untuk dimiliki. Yang seperti apa?

Komunikasi, atau dalam bahasa latin disebut communis sendiri pada dasarnya suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Umumnya, ini dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu an sebagainya. Cara ini disebut dengan komunikasi nonverbal.

Dalam kehidupan profesional, komunikasi penting karena diyakini dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja. Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi kinerja seseorang untuk menjadi lebih baik. Sebaliknya, komunikasi yang buruk dapat berdampak pada menurunnya motivasi seseorang dalam bekerja. Ini dapat juga menimbulkan kesalahpahaman yang akhirnya berujung konflik.

Lantas, skill atau keterampilan komunikasi seperti apa saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Melansir Indeed, berikut 5 skill komunikasi yang penting untuk dimiliki seorang pekerja.

Menulis

Tak peduli apakah pekerjaan itu mengharuskan kita untuk menulis laporan, mengirim email ataupun yang lainnya, keterampilan menulis yang baik adalah hal yang penting untuk dimiliki. Saat mencantumkan keterampilan menulis di resume, pertimbangkan untuk lebih spesifik dengan memasukkan istilah seperti copywriting atau penulisan laporan.

(Baca juga: 8 Keterampilan Ini Dibutuhkan oleh Para Supervisor)

Berbicara

Jika kita melamar pekerjaan yang mengharuskan kita berkomunikasi secara verbal dengan pelanggan atau mengelola tim, kita mungkin memerlukan keterampilan berbicara yang baik. Mencantumkan keterampilan berbicara di resume bisa menjadi cara cerdas untuk menunjukkan bahwa kita tahu cara berbagi ide dengan jelas, ringkas, dan efektif.

Presentasi

Pekerjaan yang membutuhkan berbicara dengan pemangku kepentingan atau mengadakan pertemuan dengan publik menuntut kemampuan presentasi yang kuat. Ketika kita memasukkan keterampilan presentasi di resume, kita dapat menyampaikan kemampuan ini untuk mengesankan dan membujuk kelompok dengan kemampuan berbicara di depan umum dan kemampuan demonstrasi kita.

Mendengarkan

Keterampilan mendengarkan secara aktif sangat penting jika kita melamar pekerjaan di bidang layanan pelanggan, pekerjaan sosial, manajemen, atau banyak bidang lainnya. Menyoroti kemampuan mendengarkan aktif kita menunjukkan bahwa kita dapat mendengar dan memahami apa yang orang lain katakan dan bahwa kita tahu bagaimana membuat rekan kerja dan klien merasa dihargai.

Negosiasi

Di bidang-bidang seperti penjualan, hukum, atau manajemen, kita mungkin harus tahu cara bernegosiasi. Menampilkan keterampilan negosiasi di resume menunjukkan bahwa kita dapat menilai kebutuhan orang lain secara akurat, mengkomunikasikan tuntutan dengan jelas dan berkompromi secara efektif.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "5 Skill Komunikasi yang Penting Untuk Dimiliki"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X