Login

5 Soft Skills yang Paling Dibutuhkan di Bidang Pelayanan

Bekerja di bidang pelayanan seringkali mengharuskan kita untuk berhadapan dengan banyak hal, termasuk pelanggan yang beragam dan masalah yang kompleks. Tak heran, jika kemudian beragam kemampuan lunak atau soft skills pun dibutuhkan seseorang demi bisa bertahan di bidang ini.

Soft skill atau kemampuan lunak sendiri bisa diartikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan interaksi bersama orang lain. Singkatnya, ini merupakan kombinasi dari keterampilan orang, keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, karakter atau sifat kepribadian, sikap, atribut karir, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional. Dimana melalui ini seseorang mampu untuk menavigasi lingkungan mereka, bekerja dengan baik dengan orang lain, berkinerja baik, dan meraih tujuan dengan melengkapi keterampilan keras atau hard skill-nya. Saat ini, seiring dengan perkembangan dunia yang semakin kompleks, soft skills tak dimungkiri menjadi semakin penting.

Sebagai contoh, untuk menjadi seorang pemimpin, seorang membutuhkan soft skill tertentu. Pun demikian ketika ia ingin meraih kesuksesan dalam karirnya. Nah, ketika kita bekerja di bidang pelayanan, soft skill juga menjadi sama pentingnya dengan hard skill.

Buat kalian yang bekerja di bidang pelayanan, seperti dilansir dari thebalancecareers, berikut ini 5 soft skill yang penting untuk dimiliki agar pekerjaan menjadi lebih mudah. Apa saja?

Komunikasi yang jelas

Komunikasi yang jelas sangat penting bagi seseorang yang bekerja di bidang pelayanan. Apakah dia itu costumer service, public relation, atau resepsionis. Pasalnya, kita perlu tahu apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan sehingga dapat menentukan tindakan apa yang sejatinya harus kita ambil.

(Baca juga: Dari Pemenang Nobel hingga Novelis, 7 Remaja yang Mengubah Dunia)

Mengucapkan, berbicara cukup keras, dan menggunakan nada optimis akan membantu kita berkomunikasi dengan jelas dan baik pada para pelanggan. Dan keterampilan ini bukan saja sangat penting dalam komunikasi telepon, tetapi juga tulisan. Katakan saja ketika kita harus menulis atau mengirim email kepada pelanggan. Memastikan bahwa kita telah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang tepat adalah penting.

Keterampilan Mendengarkan

Selain komunikasi yang jelas, soft skills lainnya yang tak kalah penting di bidang pelayanan adalah keterampilan mendengarkan. Dengan keterampilan mendengarkan yang baik, niscaya kita dapat mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana membantu mereka. Untuk melengkapinya, tunjukkan pula bahasa tubuh dan respon. Misalnya ketika kita memahami sesuatu, kita bisa merespon itu dengan anggukan atau senyuman, melakukan kontak mata, dan sebagainya.

Singkatnya, buatlah agar pelanggan merasa didengar. Jangan takut untuk mengklarifikasi sesuatu untuk memastikan bahwa kita memahami apa yang diinginkan pelanggan.

Kontrol diri

Orang yang bekerja dalam bisang pelayanan harus mampu menangani semua pelanggan dengan tenang, bahkan yang paling menyebalkan sekalipun. Kesabaran dan kontrol diri akan membuat kita bisa menahan amarah dan mengatakan sesuatu yang tidak pantas. Usahakan untuk jangan baperan, atau mudah tersinggung ketika pelanggan sedang kesal.

Sikap positif

Sikap positif sangat membantu dalam bidang pelayanan. Pastikan kita tahu semua manfaat dari produk atau layanan yang diberikan perusahaan dan sampaikan kepada pelanggan. Jika pelanggan memiliki masalah dengan produk atau layanan, fokuslah pada apa yang dapat kita lakukan untuk membantu mereka. Sikap positif dan optimis kita dalam menyikapi keadaan sangat berpotensi dalam membuat pelanggan tetap positif.

Resolusi konflik

Bekerja di bidang pelayanan artinya harus berhadapan dengan banyak hal. Termasuk masalah-masalah yang timbul. Disini, kemampuan seseorang dalam menemukan jalan keluar atau memberikan resolusi atas sebuah konflik menjadi sangat penting. Pertama-tama, pastikan kita memahami masalah dengan jelas, sebelum akhirnya memberi solusi.

Jika kita tidak dapat menemukan solusi yang bermanfaat bagi pelanggan, bantu mereka menemukan bantuan tambahan. Jika perlu, ungkapkan masalah tersebut ke orang lain yang dapat menyelesaikan masalah. Tindak lanjuti dengan pelanggan untuk memastikan masalah telah teratasi. Pelanggan akan menghargai minat kita pada masalah mereka dan kesediaan kita untuk membantu dengan cara apa pun yang mungkin.

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 8

Upvotes: 7

Upvotes percentage: 87.500000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 12.500000%

3 responses on "5 Soft Skills yang Paling Dibutuhkan di Bidang Pelayanan"

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi kita.

  2. Yap! tips yang keren. Pelayanan prima sangat dibutuhkan pelanggan. Kepuasan pelanggan nomor satu.

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X