Login

5 Tips Jitu Buat Kamu yang Ingin Jadi Entrepreneur

Menjadi entrepreneur atau bos bagi diri sendiri boleh jadi merupakan tujuan karier setiap anak muda saat ini. Meski begitu, cita-cita ini sudah barang tentu bukan perkara mudah untuk diwujudkan. Selalu saja akan ada kendala yang menghalangi – dan yang paling jelas adalah kurangnya dana dan pengalaman.

Tapi jangan biarkan hal ini menyurutkan niat kalian. Setidaknya saat ini, banyak cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengalaman. Dari sekedar membaca buku, terjun ke lapangan, hingga bahkan berkaca dari pengalaman orang lain. Apapun itu, satu hal yang pasti, jangan pernah takut untuk memulai.

Nah, untuk memudahkan, berikut ini 5 tips jitu yang dapat membantu kalian beralih dari lulusan menjadi entrepreneur, seperti dilansir Top Universities.

Identifikasi celah di pasar

Meski menjadi hal yang jelas, nyatanya tips menjadi entrepeneur yang pertama ini bukannya tidak sering diabaikan – terutama mengingat alasan nomor satu gagalnya sebuah startup adalah karena salah membaca permintaan pasar.

Mengidentifikasi celah yang perlu diisi bukanlah tentang melakukan sesuatu yang baru, tetapi melakukan sesuatu yang berbeda. Dan meskipun ide tersebut harus menguntungkan, perlu digarisbawahi bahwa ide tersebut juga harus sejalan dengan minat pribadi.

Kenali audiens kita

Perlu ditekankan disini, bahwa tidak semua orang akan menjadi audiens kita. Akan selalu ada demografis yang lebih cocok untuk produk atau layanan kita, sehingga mengidentifikasi siapa yang mungkin menjadi salah satunya adalah kunci.

(Baca juga: 5 Soft Skills yang Paling Dibutuhkan di Bidang Pelayanan)

Riset pasar akan membantu kita mengidentifikasi keinginan, kebutuhan, perilaku, dan sikap audiens yang menjadi target market dan bagaimana produk atau layanan kita akan melayani mereka dengan sebaik-baiknya.

Rencana bisnis yang solid is a must

Jangan pernah meremehkan kekuatan rencana bisnis yang solid. Karena bagaimana pun memiliki visi dan fokus yang jelas sambil tetap objektif adalah yang terpenting jika kita ingin dianggap serius dan memiliki peluang untuk memulai bisnis.

Siap menerima kritikan dan belajar dari kesalahan

Tak ubahnya sebuah proses dalam hidup, menjadi pengusaha juga tak melulu harus langsung berhasil. Kita semua belajar dengan membuat kesalahan dan kemampuan menerima kritik dan masukan yang membangun adalah kunci untuk membantu bisnis maju dan tetap kompetitif. So, jangan baperan kalau dikritik orang ya.

Bangun jaringan yang kuat

Dari tetangga, teman kuliah, hingga bahkan bos di kantor, semua berpotensi membantu kita dalam mengembangkan bisnis. Karenanya, menjaga hubungan demi membangun jaringan yang kuat adalah penting. Dan ini tidak selalu harus dalam lingkungan profesional lho!

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "5 Tips Jitu Buat Kamu yang Ingin Jadi Entrepreneur"

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X