6 Cara Elegan Menyatakan Ketidaksetujuan di Tempat Kerja

Perbedaan pendapat bisa terjadi kepada siapapun dan dimana pun, termasuk di lingkungan pekerjaan. Sementara menjadi hal yang wajar bagi kita untuk mengungkapkan ketidaksetujuan, melakukannya dengan benar dan profesional sangatlah penting demi tetap menjaga hubungan baik. Entah itu dengan sesama rekan kerja ataupun atasan. Lantas, adakah cara elegan untuk menyatakan ketidaksetujuan supaya suasana kerja di kantor bisa tetap nyaman?

Saat seseorang merasa tidak setuju terhadap sesuatu, mereka cenderung berpikir sebagai pihak benar. karena itu, mempertahankan pendapat pun menjadi keharusan, hingga tak jarang berujung pada perdebatan.

Atas nama demokrasi, ini bagus, tapi juga jangan berlebihan. Percayalah, bukan cuma kita yang menginginkan yang terbaik untuk perusahaan.

Nah, alih-alih membangun reputasi sebagai si keras kepala yang selalu menentang pendapat orang, cobalah beberapa cara elegan berikut untuk mengungkapkan ketidaksetujuan kita terhadap sesuatu.

Jangan asal tidak setuju

Sebelum menyuarakan ketidaksetujuan terhadap sesuatu, pastikan bahwa kita dan orang lain memahami masalah dengan jelas. Ajukan pertanyaan klarifikasi tentang masalah yang terjadi.

Jadi jangan asal tidak setuju. Karena sikap kritis tanpa disertai saran yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah hanya akan berakhir sebagai gangguan.

Perlakukan ide lain dengan baik

Saat kita menawarkan solusi untuk sebuah masalah, perlakukan ide/solusi lain dengan hormat, sambil dengan hati-hati menjelaskan manfaat yang kita tawarkan. Seringkali, cara kita mengajukan ide atau solusi berpengaruh pada terima atau tidaknya pendapat kita.

Utarakan pendapat dengan tetap menunjukkan rasa hormat

Hal yang penting untuk dilakukan saat menghadapi perbedaan pendapat, baik dengan rekan kerja ataupun atasan adalah tetap menunjukkan rasa hormat. Bukan saja dalam konteks bahasa, tetapi juga sikap.

Baca juga: Pentingnya Kesan yang Baik di Tempat Kerja, Yuk Lakukan Hal Ini!

Dengan berbicara dan bersikap sopan, maka akan lebih mudah bagi kita dalam mengungkapkan pendapat. Rekan atau atasan kita juga akan merasa dihormati dan dihargai.

Bedakan antara urusan kerja dan pribadi

Beda pendapat dalam lingkungan kerja, baik dengan sesama karyawan maupun atasan adalah hal yang lumrah. Namun, jangan pernah membuat perbedaan pendapat itu menjadi pribadi. Fokus pada kenyataan bahwa itu murni urusan pekerjaan.

Pilih waktu dan tempat yang tepat

Adalah hal yang baik untuk tahu tempat dan waktu. Termasuk ketika kita ingin mengungkapkan ketidaksetujuan. Apakah itu dengan rekan kerja ataupun atasan, pilihlah momen yang tepat. Katakan saja ketika mereka sedang santai dan tidak terburu-buru. Jika perlu, perhatikan mood mereka, apakah sedang baik atau sebaliknya.

Bersiap untuk respon terburuk

Tidak semua orang menyukai ketidaksetujuan, atasan kita mungkin salah satunya. Karena itu, siapkan mental sebaik-baiknya sebelum menyampaikan pendapat atau menyatakan ketidaksetujuan kita.

Ini penting, agar kita bisa mengendalikan emosi negatif yang mungkin muncul setelah itu. Terlebih, selalu ada kemungkinan bahwa pendapat kita akan dimentahkan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "6 Cara Elegan Menyatakan Ketidaksetujuan di Tempat Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X