7 Cara Mambangun Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Seperti halnya tumbuhan yang harus dipupuk agar dapat tumbuh, kepercayaan diri juga demikian, karena ini tidak datang begitu saja apalagi sudah dimiliki sejak lahir. Kepercayaan diri atau self confidence sendiri, melansir situs usf.edu bisa diartikan sebagai sikap tentang keterampilan dan kemampuan diri. Itu berarti kita menerima dan memercayai diri sendiri dan memiliki rasa kendali dalam hidup. Kita tahu kekuatan dan kelemahan kita dengan baik, dan memiliki pandangan positif tentang diri sendiri. Ini berlaku pula di tempat kerja.

Ya, percaya diri dan kepercayaan diri ini penting untuk dimiliki, utamanya di dunia kerja, karena akan membuat diri lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu dan mencapai tujuan. Dimana orang yang percaya diri cenderung bekerja lebih bahagia dan tidak takut menghadapi tantangan baru, sementara yang tidak sebaliknya.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa membangun kepercayaan diri, terutama di tempat kerja? Berikut adalah 7 cara yang bisa dilakukan:

Beri tahu orang tentang pencapaian kita

Tidak ada salahnya untuk memberi tahu orang-orang ketika kita meraih sesuatu, bahkan meski itu hanya sebuah keberhasilan kecil. Memang, kedengarannya seperti menyombongkan diri, namun menunjukkan – dengan cara yang baik – bahwa kita adalah orang yang berhasil mencapai hasil tersebut dapat membangun kepercayaan diri sendiri.

Beri tahu orang-orang bahwa kita bisa

Keyakinan sering dimulai ketika kita menyatakan niat kita. Beri tahu orang-orang bahwa kita akan menyelesaikan tugas yang diberikan di tempat kerja – lalu lanjutkan dan selesaikan tugas itu. Dengan menyuarakan tujuan kita kepada semua orang, kita mendapatkan kepercayaan diri karena menganggap diri sendiri bertanggung jawab.

(Baca juga: 5 Cara untuk Meningkatkan Hubungan Baik di Tempat Kerja)

Stop berpikir negatif tentang diri sendiri

Buang jauh-jauh pikiran negatif terhadap diri sendiri. Cobalah untuk bicara pada diri sendiri dengan ramah, dan sering-sering memberi semangat. Ini akan jauh lebih baik daripada mengomel pada diri sendiri karena membuat kesalahan. Pola pikir positif akan membantu kita belajar lebih mudah, yang akan meningkatkan kepercayaan diri.

Tingkatkan pengetahuan

Cara pasti untuk lebih yakin dengan apa yang kita lakukan adalah dengan belajar lebih banyak. Sebab itu, penting bagi kita untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan. Dalam dunia kerja, mengetahui bagaimana dan mengapa praktik dan proses tertentu bekerja dapat meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan pekerjaan tertentu.

Ungkapkan Pendapat kita

Kurangnya kepercayaan diri sering kali menjadi hambatan bagi kita untuk mengatakan apa yang sebenarnya kita pikirkan. Buka sumbat penghambat kepercayaan itu. Dengan menyatakan pandangan kita dalam sebuah rapat, misalnya, kita secara tidak langsung sedang membangun kepercayaan diri karena setidaknya kita bisa melihat reaksi dari sudut pandang sendiri dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Fokus pada kekuatan diri

Penelitian telah menunjukkan bahwa cara yang baik untuk membangun kepercayaan diri di tempat kerja adalah dengan fokus pada kekuatan kita ketimbang kelemahan. Terima apa yang sudah dilakukan dengan baik, dan berusahalah untuk memperbaiki kualitas diri yang lebih baik. Ini adalah dorongan kepercayaan diri yang besar untuk melakukan sesuatu dengan baik.

Have fun

Sah-sah saja jika kita ingin melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi kita juga bukannya tidak bisa bersenang-senang saat melakukannya. Belajarlah untuk menertawakan kemunduran dan kesalahan serta menerima kritik dengan hati yang tenang – kita akan melihat betapa menjadi lebih santai dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membantu memperbaiki diri.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "7 Cara Mambangun Kepercayaan Diri di Tempat Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X