7 Keterampilan Motivasi yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin

Diantara sekian banyak soft skill atau keterampilan lunak yang perlu untuk dimiliki seorang pemimpin, keterampilan motivasi atau motivational skill boleh dibilang menjadi salah satu yang paling penting. Dan ini bukan tanpa alasan.

Jika diibaratkan, keterampilan motivasi tak ubahnya bahan bakar dalam sebuah kendaraan. Dimana bahan bakar yang bagus akan membuat laju kendaraan optimal, sedangkan yang tidak bagus akan berujung sebaliknya, membuat laju kendaraan tersendat. Pun meski kendaraan itu memiliki spesifikasi yang tinggi.

Singkatnya, keterampilan motivasi adalah kualitas yang dapat digunakan para pemimpin untuk menginspirasi dan memberdayakan anggota tim mereka agar berhasil. Pemimpin dapat menggunakan keterampilan ini untuk membantu anggotanya baik dalam meningkatkan semangat, meningkatkan produktivitas ataupun menciptakan suasana kerja yang positif.

Diantara sekian banyak keterampilan motivasi atau motivational skill yang diperlukan seorang pemimpin, berikut 7 diantaranya sebagaimana dikutip dari Indeed.

1. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain. Keterampilan ini dapat membantu para pemimpin berhubungan dengan anggota tim dan membangun hubungan yang lebih kuat yang dapat meningkatkan motivasi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan empati kepada anggota tim, termasuk dengan mengajukan pertanyaan kecil kepada anggota tim. Katakanlah terkait hobi dan minat pribadinya. Selain itu, membuat percakapan informal saat istirahat kantor dan merayakan ulang tahun karyawan juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menunjukkan empati.

2. Positif

Positif dalam berbagai situasi adalah cara terbaik untuk selalu fokus. Seorang pemimpin dengan sikap positif dapat membantu meningkatkan kebahagiaan tim. Kita bisa menjadi pemimpin yang positif dengan melihat tantangan sebagai momen yang bisa dijadikan pelajaran.

Jika seorang karyawan menghadapi hambatan, dorong mereka untuk tumbuh sambil tetap positif. Cobalah untuk menggunakan kata-kata optimis ketika berbicara tentang konflik atau tantangan. Ketika anggota tim berhasil, dorong mereka dengan pujian. Jika perlu, rayakan keberhasilan tersebut.

3. Bisa diandalkan

Pemimpin yang andal secara konsisten mendukung dan menghargai anggota timnya. Menunjukkan kepada rekan kerja bahwa kita menghargai waktu dan upaya mereka dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras. Kita dapat memberi contoh dengan menunjukkan kepada tim betapa andalnya kita. Cobalah untuk tepat waktu dan beri tim banyak pemberitahuan tentang perubahan untuk menunjukkan bahwa kita menghargai waktu mereka.

(Baca juga: 5 Hal yang Dilakukan Pemimpin Hebat Setiap Harinya)

4. Punya tujuan

Tujuan yang jelas dapat memotivasi orang. Dengan menetapkan tujuan spesifik untuk setiap proyek, kita dapat menginspirasi tim. Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan kelompok dan tujuan kinerja pribadi. Jika memungkinkan, sertakan detail dan tenggat waktu untuk meminta pertanggungjawaban tim. Dari sini kita dapat melacak dan merayakan pencapaian untuk meningkatkan motivasi.

5. Gigih dan tekun

Menunjukkan kepada tim bahwa kita bekerja keras dapat menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama. Pun demikian ketika kita memberi contoh dengan menetapkan tujuan pribadi dan bekerja dengan tekun untuk mencapai itu.

Banyak hal bisa dilakukan untuk mendorong kegigihan anggota tim, dari menyediakan buku, sumber daya lain, dan peluang pengembangan profesional untuk mendorong pembelajaran berkelanjutan.

6. Team building

Kemampuan untuk menumbuhkan rasa kerja tim dan kolaborasi merupakan keterampilan penting bagi semua pemimpin. Terlebih jika kita bicara efisiensi. Suka atau tidak, grup yang terkoneksi sering kali bekerja lebih efisien dibanding yang tidak.

Cobalah untuk mendorong kerja tim dengan merencanakan kegiatan dan acara team building. Pertimbangkan untuk merayakan keberhasilan kelompok dengan pesta atau hadiah motivasi lainnya.

  1. Komunikasi dengan jelas

Seorang pemimpin yang sukses harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan anggota timnya. Ini penting untuk memotivasi mereka. Sebagai seorang pemimpin, kita harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "7 Keterampilan Motivasi yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X