Login

7 Menu Wajib di Bulan Ramadhan, Gak Ada Ini Gak Lengkap!

Bukan tanpa alasan jika bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang, secara khusus (tentu saja) umat Muslim. Selain memungkinkan kita yang beragama Islam untuk lebih fokus beribadah, bulan yang datangnya hanya sekali dalam setahun ini juga tak jarang seperti mengobati kerinduan kita terhadap sesuatu. Salah satunya makanan.

Ya, sudah menjadi rahasia umum jika setiap negara memiliki makanan atau sajian khas masing-masing, yang biasanya hanya akan ada di momen-momen tertentu. Saat bulan Ramadhan tak terkecuali. Saking khas-nya, makanan atau hidangan ini bahkan menjadi salah satu yang dinanti, dan hampir tak pernah absen.

Dari kurma hingga lontong, berikut ini 7 menu wajib yang biasanya banyak kita temui di bulan Ramadhan. Setidaknya, saat berbuka puasa.

Kurma

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM.

Meskipun di hari biasanya Kurma bisa dengan mudah kita dapat di toko-toko, namun memakan buah ini di bulan Ramadhan, khususnya untuk berbuka puasa, memiliki keistimewaan tersendiri. Memakan buah kurma saat berbuka puasa sendiri merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim.

Kolak

Meski ini bisa dibuat di hari-hari lain di luar bulan puasa, namun makan kolak di bulan puasa seperti sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Ini merupakan takjil favorit masyarakat di bulan Ramadhan. Selain karena rasanya yang manis, semangkuk kolak juga lebih dari cukup untuk bisa mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

(Baca juga: Mengintip Tradisi Bulan Puasa di Berbagai Negara)

Nah, jika dahulu kolak identik dengan pisang atau ubi jalar, yang direbus dengan santan dan gula aren, kini isian kolak beraneka ragam. Mulai dari labu, kolang kaling, biji salak (campuran ubi jalar dengan tepung sagu), hingga candil (tepung ketan).

Gorengan

Gorengan boleh dibilang sudah menjadi makanan sejuta umat di Indonesia. Bahkan di hari-hari biasa, kita bisa dengan mudah menemukannya. Meski begitu, tak memiliki gorengan sebagai menu berbuka puasa selalu menjadi kehampaan tersendiri. Gorengan memiliki banyak jenis dan juga rasa, tergantung bahan yang digunakan untuk membuatnya. Setidaknya ada beberapa jenis gorengan yang populer di bulan puasa, semisal gorengan tahu dan bakwan.

Es buah

Kalau di Amerika ada koktail, di Indonesia kita punya es buah. Biasa disajikan saat berbuka di bulan puasa, es buah merupakan minuman dingin dan manis yang terbuat dari buah-buahan yang dipotong dadu, seperti madu, blewah, nanas, pepaya, squash, nangka dan kolang kaling, yang kemudian dicampur dengan es serut atau es batu, dan dipermanis dengan gula cair atau sirup.

Di bulan puasa, minuman yang begitu populer ini mudah ditemukan dimana-mana, termasuk di sepanjang jalan di saat-saat menjelang berbuka puasa.

Es kelapa muda

Seperti es buah, es kelapa muda juga menjadi salah satu minuman yang paling dicari di bulan Ramadhan, khususnya sebagai menu berbuka puasa. Kandungan cairannya yang ada didalam es kelapa muda disebut-sebut sangat baik untuk berbuka puasa. Es kelapa muda biasanya akan dinikmati bersamaan dengan daging buah kelapanya. Untuk membuatnya lebih manis dan menarik, tak jarang orang mencampurnya dengan sirup.

Manisan kolang kaling

Kolang kaling menjadi makanan lainnya yang akan banyak kita dijumpai di bulan Ramadhan. Selain sebagai manisan, buah kolang kaling biasanya dijadikan pula sebagai campuran es buah atau kolak. Buah kolang-kaling sendiri diketahui sangat kaya akan kandungan karbohidrat, sehingga membuat kita mudah kenyang ketika memakannya.

Lontong

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, buka puasa tanpa lontong terasa tidak lengkap. Lontong sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang berkembang di masyarakat Jawa, terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Isiannya sendiri beragam, mulai dari oncom, hingga sayur. Biasanya, ini dinikmati bersama gorengan dan sambal.

Leave your vote

8 points
Upvote Downvote

Total votes: 8

Upvotes: 8

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 responses on "7 Menu Wajib di Bulan Ramadhan, Gak Ada Ini Gak Lengkap!"

  1. hehe, iya min. apalagi kalau ga ada kurma dan lontong rasanya hambar-hambar gimana gitu.

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X