Login

7 Negara Paling Demokratis di Dunia

Tanggal 15 September diperingati sebagai hari demokrasi internasional. Hal ini tentu tidak ditetapkan tanpa sebab. Ditetapkan langsung oleh Majelis Umum PBB, hari penting ini ditujukan untuk mempromosikan sekaligus menegakkan prinsip-prinsip demokrasi. Dimana?

Bukan saja di dalam organisasi-organisasi – pemerintan dan non pemerintah, tetapi juga dalam diri semua orang. Demokrasi sendiri pada dasarnya merupakan bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung maupun tidak (atau dengan kata lain melalui perwakilan), baik dalam perumusan, pengembangan, ataupun pembuatan hukum suatu negara. Jika mengacu pada ucapak Abraham Lincoln, Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Lantas, sudahkah semua negara menerapkan sistem ini? Saat ini, tak dimungkiri belum semua negara di dunia menerapkan prinsip demokrasi. Ada sebagian yang berhasil menerapkan demokrasi menyeluruh, ada yang belum sempurna sistem demokrasinya, tetapi ada pula yang masih otoriter.

Jika mengacu pada data Economist Intelligence Unit (EIU), yakni sebuah organisasi riset yang secara rutin menilai penerapan demokrasi di 167 negara, beberapa negara ini termasuk yang paling baik dalam menerapkan prinsip demokrasi. Negara mana saja?

1. Australia

Pada 2019, Australia memiliki perkiraan populasi 25,20 juta, naik dari hasil sensus resmi 2011 sebesar 21,5 juta.

Sebagai negara terbesar ke-55 di dunia – dalam hal populasi, Australia juga merupakan negara terpadat di Oseania. Tiga kali lebih padat dari tetangganya, Papua Nugini (8,2 juta) dan 5 kali lebih padat dari Selandia Baru (4,5 juta). Sebagai negara terbesar ke-6 di dunia, Australia memiliki kepadatan penduduk yang sangat rendah, hanya 3 orang per kilometer persegi, atau 7 per mil persegi. Ini menjadikannya salah satu negara dengan populasi paling sedikit di dunia. Beberapa bagian Australia bahkan berpenduduk kurang padat. Di Wilayah Utara, setiap kilometer persegi menampung hanya 0,2 orang. Sebagian besar populasi Australia terkonsentrasi pada atau di sekitar wilayah pesisir yang lebih ramah.

Ada lima kota di Australia yang memiliki populasi lebih dari satu juta orang, yakni Sydney (4 jutaan), Melbourne (3,9 jutaan), Brisbane (2 jutaan), Perth (1,5 jutaan) dan Adelaide (1,3 jutaan).

2. Austria

Austria adalah negara yang berada di Eropa Tengah, berbatasan dengan Jerman, Republik Ceko, Hongaria, Slovakia, Slovenia, Italia, Swiss, dan Liechtenstein. Austria adalah salah satu negara terkaya di dunia dengan standar hidup yang sangat tinggi. Pada 2019, Austria diperkirakan memiliki populasi 8,96 juta.

Populasi Austria saat ini diperkirakan 8,96 juta, naik dari sensus resmi terakhirnya. Sensus Austria terakhir adalah hasil awal yang dilakukan pada tahun 2011, menunjukkan populasi sebesar 8,421 juta, naik 5% selama sepuluh tahun terakhir. Ini membuat Austria menjadi negara terpadat ke-97 di dunia.

Dua pertiga orang di Austria tinggal di, atau dekat dengan, pusat kota. Ibu kota dan kota terbesar di Austria adalah Wina, dengan populasi lebih dari 1,8 juta. dan populasi metro 2,6 juta. Wina berpenduduk sangat padat dengan lebih dari 4.000 orang per kilometer persegi (10.366 / mil persegi). Kota-kota terkenal lainnya dengan populasi lebih dari 100.000 termasuk Graz, Linz, Salzburg, dan Innsbruck.

3. Kanada

Pada tahun 2019, Kanada memiliki perkiraan populasi 37,41 juta, yang menempati urutan ke-39 di dunia. Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia berdasarkan luas total (setelah Rusia) dan negara Amerika Utara terbesar. Kanada membentang dari Pasifik ke Atlantik dan utara ke Samudra Arktik. Perbatasan Amerika Serikat-Kanada adalah perbatasan darat terpanjang di dunia.

Sensus terbaru Kanada dilakukan pada 2016. Pada saat itu populasi dihitung pada 35.121.728, yang merupakan peningkatan 4,9% dari 2011. Usia rata-rata orang Kanada juga meningkat menjadi 41 tahun, naik dari 40,1 pada 2011.

Kanada secara keseluruhan memiliki kepadatan penduduk hanya 4 orang per kilometer persegi, yang menjadikannya negara dengan populasi terpadat ke-228. Kepadatan populasi adalah yang terendah di dunia, sebagian besar karena sebagian besar negara di utara hampir tidak berpenghuni. Toronto, sebutlah, adalah salah satu daerah metropolitan terbesar di dunia dengan kepadatan 2.930 orang per kilometer persegi. Ini menjadi rumah bagi sekitar 2.615.060 orang pada saat sensus 2011, dan 2.731.571 pada 2016.

4. Kosta Rika

Negara Amerika Tengah ini berbatasan dengan Samudra Pasifik di barat, Laut Karibia di timur, Panama di tenggara, dan Nikaragua di utara. Pada 2019, Kosta Rika diperkirakan memiliki populasi 5,05 juta.

Populasi Kosta Rika saat ini adalah sekitar 5,05 juta, naik dari 4,58 juta pada sensus 2011. Ini menjadikan Kosta Rika sebagai negara terpadat ke 120 di dunia. Tentu saja, jumlah ini tidak memperhitungkan hampir 2,2 juta pengunjung yang menerima Kosta Rika per tahunnya

Luas permukaan total Kosta Rika mencakup 19.730 mil persegi (51.100 kilometer persegi) dari wilayah termasuk perairan, daratan dan beberapa pulau kecil. Kosta Rika memiliki kepadatan populasi 249 orang per mil persegi (96 per kilometer persegi), yang menempati peringkat ke-88 di dunia.

Kota terbesar di negara ini adalah ibukota San Jose, yang memiliki populasi 333.980 dan kepadatan populasi 6.455 orang per kilometer persegi (16.720 / mil persegi). Wilayah metropolitan yang lebih besar memiliki 2,15 juta penduduk atau sepertiga dari seluruh populasi negara. Kota-kota lain di Kosta Rika, tidak ada yang memiliki populasi lebih dari 60.000, termasuk Alajuela, Heredia, Cinco Esquinas, Desamparados, Liberia, Puntarenas, San Vicente, dan Barranca.

5. Denmark

Denmark adalah negara Nordik paling selatan di Eropa Utara, yang berbatasan dengan Jerman, Norwegia, dan Swedia. Kerajaan Denmark terdiri dari negara Denmark, yang terdiri dari Jutland, semenanjung, dan kepulauan besar, serta dua negara konstituen otonom: Greenland dan Kepulauan Faroe. Pada tahun 2019, Denmark memiliki perkiraan populasi 5,77 juta, yang menempati urutan ke-115 di dunia.

Denmark juga terdiri dari lebih dari 400 pulau kecil dengan total 16.577 mil persegi (42.933 kilometer persegi), yang menempati peringkat 132 di dunia hanya dalam hal ukuran. Dari pulau-pulau itu, hanya 74 yang berpenghuni, dan banyak di antaranya dihubungkan oleh jembatan. Mengacu pada populasi 2017 dari 5,749 juta, Denmark memiliki kepadatan populasi 347 orang per mil persegi (134 orang per kilometer persegi), yang menempati peringkat ke-65 di dunia.

Kota dan ibu kota terbesar Denmark adalah Kopenhagen, yang memiliki populasi perkotaan 1,2 juta dan populasi metro 1,99 juta. Kota-kota terkenal lainnya dengan populasi lebih dari 100.000 termasuk Odense dan Aalborg.

6. Finlandia

Finlandia adalah salah satu dari lima negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, yang berbatasan dengan Norwegia, Swedia, Rusia, Estonia, dan Teluk Finlandia. Diperkirakan ada sekitar 5,53 juta orang menghuni negara ini pada tahun 2019, yang membuatnya menempati urutan ke 116 di dunia.

Finlandia memiliki kepadatan populasi yang sangat rendah, yaitu 39 orang per mil persegi (15 orang per kilometer persegi), yang menempati peringkat 171 di dunia. Ini menjadikan Finlandia salah satu negara dengan populasi paling sedikit di Uni Eropa.

Kota dan ibu kota terbesar di negara ini adalah Helsinki, dengan populasi 625.000 dan populasi metropolitan 1,4 juta. Setelah Helsinki, ada Espoo, dengan populasi 279.044. Lalu ada Tampere, Vantaa, dan Oulu, yang masing-masing memiliki populasi lebih dari 200.000.

7. Jerman

Jerman adalah negara Eropa barat-tengah yang berbatasan dengan Polandia, Denmark, Republik Ceko, Austria, Prancis, Swiss, Luksemburg, Belgia, dan Belanda. Di Uni Eropa, negara ini adalah yang terpadat dengan populasi tahun 2019 diperkirakan mencapai 83,52 juta. Ini membuat Jerman menempati urutan ke 17 di dunia.

Jerman memiliki kepadatan penduduk sekitar 227 per kilometer persegi (583 / mil persegi), yang menempati peringkat ke-58 di dunia. Ketika Jerman Timur dan Jerman Barat dipersatukan kembali pada tahun 1990, populasi Jerman Timur adalah sekitar 16,1 juta orang.

Jerman dibagi menjadi 16 negara, yang secara kolektif disebut sebagai Länder, dan masing-masing negara memiliki konstitusi sendiri dan tetap cukup otonom. Setiap negara bagian juga memiliki modal sendiri. Meskipun populasinya besar, Jerman memiliki kota-kota besar yang relatif sedikit, dan hanya empat yang memiliki populasi lebih dari 1 juta, yakni Berlin, Hamburg, Munich, dan Cologne.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 50.000000%

0 responses on "7 Negara Paling Demokratis di Dunia"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X