7 Skill Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini

Tidak peduli apakah Anda seorang fresh graduate atau profesional yang ingin meningkatkan karir, Anda mungkin bertanya-tanya, keterampilan apa yang paling penting untuk dimiliki saat ini? Ya, skill apa sih yang paling dicari oleh perusahaan?

Tentu saja, penting untuk mengembangkan hard skill khusus sesuai industri yang Anda geluti, namun tak kalah pentingnya juga untuk mengembangkan soft skill. Soft skill atau keterampilan lunak sendiri berkaitan dengan bagaimana Anda berfungsi di tempat kerja dan berinteraksi dengan orang lain.
Dan meskipun ini tidak diajarkan di kelas atau dapat diukur, ini adalah keterampilan utama yang juga harus Anda miliki. Disamping hard skill itu sendiri.

Untuk diketahui, hard skill adalah bagian dari rangkaian keterampilan yang diperlukan untuk suatu pekerjaan atau posisi tertentu yang sedang ditawarkan kepada para pencari kerja. Didalamnya melingkupi suatu keahlian lain yang dimiliki oleh seorang individu dalam menunjang pekerjaan.

Nah, untuk mendorong karier Anda ke depan, memiliki keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja atau perusahaan tentu menjadi hal yang penting. Baik itu hard skill maupun soft skill.

Diantara sekian banyak kemampuan – hard skill maupun soft skill yang mungkin untuk Anda kuasai, berikut 7 diantaranya yang paling dicari dalam dunia kerja saat ini.

1. Komputasi Awan

Keterampilan dalam komputasi awan sangat diminati karena meningkatnya jumlah perusahaan yang memindahkan fungsi bisnis ke awan — jaringan global server jarak jauh. Insinyur cloud adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem komputasi cloud ini sehingga pengguna akhir dapat dengan mudah menyimpan file dan mencadangkan data mereka.

(Baca juga: 10 Soft Skill Wajib Untuk Dimiliki Para Pekerja)

2. Pemasaran

Kesuksesan perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan seorang marketer untuk meyakinkan konsumen dalam membeli produk atau layanan perusahaan, sehingga dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan. Karenanya, kemampuan pemasaran menjadi penting untuk dimiliki.

3. Menerjemahkan

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang membuat konten lokal untuk pasar global, Anda dapat menemukan semakin banyak peluang kerja sebagai penerjemah. Jika Anda ingin menjadi penerjemah yang sukses, Anda harus fasih dalam bahasa yang Anda terjemahkan dan bahasa yang Anda gunakan untuk menerjemahkan. Anda juga harus memahami perbedaan budaya antara negara atau negara tempat bahasa sumber dan bahasa target digunakan.

4. People Management

Keterampilan me-manaj orang yang kuat adalah tentang membangun dan memperkuat hubungan, menjaga tim tetap pada jalurnya, memberikan motivasi yang tepat, memahami kebutuhan seseorang di tim Anda dan membantu orang lain mencapai tujuan mereka.

Keterampilan ini mencakup penggunaan hard skill dan soft skill. Jika Anda belum pernah berada dalam posisi manajemen tetapi ingin memasukinya, cobalah untuk fokus pada peningkatan sisi keterampilan yang lebih lembut, seperti mengatasi stres kerja, komunikasi yang jelas, dan berempati dengan tim Anda. Mengembangkan keterampilan ini akan membantu Anda menunjukkan bahwa Anda dapat mengelola tim dengan sukses.

5. Berpikir kritis

Keterampilan selanjutnya yang harus dimiliki oleh profesional muda adalah berpikir kritis.  Untuk dapat berpikir kritis memang bukan hal yang mudah, perlu diasah dan dipelakari secara seksama. Maka ada dua hal yang bisa dilakukan untuk melatih ini adalah dengan sering membaca buku serta melakukan debat dan diskusi. Dengan membaca buku akan menambah pengetahuan atau pemahaman, sementara dengan sering berdiskusi akan menambah keberanian untuk mengemukakan pemikiran. Inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

6. SEO/SEM marketing

Banyak perusahaan menyadari pentingnya pemasaran digital dan secara teratur mencari orang-orang dengan keterampilan pemasaran yang mengoptimalkan mesin telusur untuk meningkatkan visibilitas dan keberadaan web perusahaan. Keterampilan teknologi ini sangat diminati karena alasan yang jelas: peningkatan visibilitas berarti lebih banyak lalu lintas situs, dan lebih banyak lalu lintas situs mengarah pada peningkatan konversi, pelanggan, dan pendapatan.

7. Blockchain

Skill paling dicari lainnya dalam dunia kerja saat ini adalah apa yang terkait blockchain. Ya, perusahaan dari semua jenis dan ukuran semakin memanfaatkan blockchain — teknologi yang mendasari cryptocurrency seperti bitcoin — untuk mengurangi biaya, ketidaksesuaian arus kas, dan waktu pemrosesan transaksi. Blockchain membantu perusahaan untuk berkoordinasi satu sama lain dan melakukan transaksi dengan lancar tanpa campur tangan dari bank dan lembaga keuangan lainnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "7 Skill Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X