Login

7 Tempat Paling Mengerikan di Alam Semesta, Ada ‘Tangan Tuhan’!

Dunia tak selebar daun kelor, begitu bunyi sebuah pepatah. Dan ini tidak salah. Apalagi jika mengacu pada dunia sebagai nama umum yang digunakan untuk menyebut keseluruhan peradaban manusia, pengalaman manusia, sejarah, atau kondisi manusia secara umum di seluruh Bumi, luasnya kurang lebih 300juta KM persegi. Lebih dari cukup dong, untuk menampung 7 miliar manusia di muka bumi. Nah, pernah kebayang nggak berapa kira-kira luas alam semesta?

Pastinya, jauh… jauh… jauh… lebih luas dari daun pisang. Menurut data saja – dari apa yang bisa diamati, diameter alam semesta diperkirakan ada di angka 28.5 gigaparsecs (93 miliar tahun cahaya, 8,8×1026 meter or 5,5×1023 mil). Singkat kata, luaaaas banget. Sampai-sampai membayangkannya saja mungkin sudah membuat kita merinding.

Dengan ukuran yang demikian luas ini, masuk akal akal jika mungkin ada banyak tempat di alam semsesta ini yang belum terjamah atau bahkan diketahui keberadaannya oleh manusia. Apalagi yang berada nun jauh disana.

Oke, sebagian dari kita mungkin terbiasa dengan cerita mengenai planet-planet dan berbagai benda lainnya di tata surya, tapi, apa alam semesta hanya sebatas itu?

Nyatanya, masih ada banyak lagi tempat yang tersembunyi di alam semesta ini. Peneliti bahkan mengklaim, beberapa diantaranya bahkan menjadi tempat paling mengerikan di alam semesta.

Dari Nebula Setan hingga Tangan Tuhan, berikut ini 7 tempat paling mengerikan di alam semesta.

  1. Ghost Nebula

Dikenal juga dengan sebutan SH2-136, Ghost Nebula menempati posisi pertama sebagai tempat paling menakutkan di alam semesta lantaran menampilkan siluet setan dengan latar belakang gemerlap bintang. Ini adalah nebula refleksi yang terletak di konstelasi Cepheus, dan terletak di dekat cluster NGC 7023.

Nebula Hantu disebut sebagai bola (CB230 dalam katalog) dan berdiameter lebih dari 2 tahun cahaya. Ada beberapa bintang yang tertanam, yang emisinya membuat nebula bersinar dalam warna kecoklatan. Perlu diketahui, Ghost Nebula tidak sama dengan Little Ghost Nebula (NGC 6369), Ghost Head Nebula (NGC 2080) atau Ghost of Cassiopeia (IC 63).

  1. Eye of Sauron Nebula

Penggemar Lord of The Rings mungkin akan cukup familiar dengan nama ini. Ya, wilayah pusat galaksi spiral NGC 4151 ini dijuluki “Eye of Sauron” oleh para astronom karena kemiripannya dengan mata karakter jahat dalam “The Lord of the Rings”.

Warna merah di sekitar pupil menunjukkan hidrogen netral yang terdeteksi oleh pengamatan radio dengan Very Large Array NSF. Hidrogen netral ini adalah bagian dari struktur di dekat pusat NGC 4151 yang telah terdistorsi oleh interaksi gravitasi dengan seluruh galaksi, dan termasuk material yang jatuh ke arah pusat galaksi. Gumpalan kuning di sekitar elips merah adalah daerah di mana pembentukan bintang baru-baru ini terjadi.

  1. Skull Nebula

Skull Nebula atau dikenal juga dengan NGC 246 adalah nebula planeter di rasi bintang Cetus. Nebula dan bintang-bintang yang terkait dengan nebula ini tercantum dalam beberapa katalog, seperti yang dirangkum oleh database SIMBAD. Nebula ini berjarak sekitar 1.600 tahun cahaya. Bintang katai putih pada pusat nebula, HIP 3678, bermagnitudo 12.

Di antara beberapa astronom amatir, NGC 246 dikenal sebagai “Nebula Pac-Man” karena susunan bintang yang berada di pusat nebula dan bintang terhampar di sekitarnya.

(Baca juga: IQ Melebihi Einstein, Ini Orang Paling Jenius di Dunia)

  1. Ghost Head Nebula

Di urutan kelima, tempat paling menakutkan di alam semesta dihuni oleh apa yang dipanggil NGC 2080 atau Ghost Head Nebula. Ini adalah wilayah pembentuk bintang dan nebula emisi di sebelah selatan dari 30 nebula Doradus (Tarantula), di selatan konstelasi Dorado. Itu milik Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit dari Bima Sakti, yang berada pada jarak 168.000 tahun cahaya.

NGC 2080 ditemukan oleh John Frederick William Herschel pada tahun 1834. Ghost Head Nebula memiliki diameter 50 tahun cahaya dan dinamai berdasarkan dua bercak putih berbeda yang dimilikinya, yang disebut “mata hantu”.

  1. Crouching Gargoyle

Diduga sebagai IRAS 05437 + 2502, Crouching Gargoyle sebenarnya
hanyalah awan gas antarbintang yang tampak menakutkan. Para astronom mengira bahwa bintang muda yang datang dari nebula bisa saja melaju dengan kecepatan 124.000 mph dan mungkin menyebabkan bentuk “bumerang” yang khas saat melewatinya.

6. Cydonia Mensae (Face on Mars)

Ini adalah sebuah daerah yang terletak di belahan utara planet Mars. Cydonia Mensae terletak di sebuah zona transisi antara daerah yang berkawah di sebelah selatan, dan daerah dataran yang permukaannya relatif lebih halus, di sebelah utara. Beberapa ilmuwan meyakini, bahwa dataran dengan permukaan halus yang berada di sebelah utara itu, pernah menjadi sebuah dasar laut.

Maka dari itu, daerah Cydonia dapat diprediksikan sebagai bekas dari sebuah daerah pantai (meskipun begitu, pernyataan ini masih belum dapat dipastikan). Daerah Cydonia ditutupi oleh beberapa “mesa” (perbukitan di Mars). Beberapa mesa itu, memiliki bentuk yang tidak biasa. Salah satunya bahkan membentuk sebuah wajah manusia (humanoid).

  1. Hand of God

Tempat paling menakutkan di alam semesta berikutnya adalah apa yang disebut sebagai Hand of God. Dikenal juga dengan PSR B1509−58, ini adalah pulsar sekitar 17.000 tahun cahaya di konstelasi Circinus yang ditemukan oleh Einstein X-Ray Observatory pada tahun 1982. Ia muncul kira-kira 1.700 tahun, dan letaknya ada di nebula yang membentang sekitar 150 tahun cahaya.

NASA menggambarkan bintang itu sebagai “bintang neutron yang berputar cepat yang memuntahkan energi ke luar angkasa di sekitarnya untuk menciptakan struktur yang kompleks dan menarik, termasuk yang menyerupai tangan kosmik besar.”

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "7 Tempat Paling Mengerikan di Alam Semesta, Ada 'Tangan Tuhan'!"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X