Login

7 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Dunia, Nomor 6 Paling Unik

Tahun 2017 hanya tinggal menghitung hari. Artinya, tahun baru masehi akan segera menyapa kehidupan kita.

Beragam cerita telah mewarnai kehidupan manusia sepanjang 2017. Jelang tahun baru biasanya menjadi ajang untuk kilas balik seraya mengharapkan kehidupan yang lebih baik.

Momen yang bertepatan dengan pergantian tahun pun kerap dirayakan dengan berbagai cara, mulai dari menyalakan kembang api, hingga makan bersama rekan dan keluarga. Namun, tahukah kamu bahwa sejatinya ada begitu banyak tradisi di luar sana yang biasanya dilakukan orang dalam menyambut datangnya tahun yang baru?

Ya, setiap negara bahkan memiliki caranya sendiri-sendiri dalam merayakan momen tersebut. Mau tahu seperti apa saja? Yuk simak penelusuran kami.

Amerika Serikat (AS)

 

 

Warga AS biasanya menyambut malam tahun baru dengan menggelar sebuah pesta atau festival. Mereka menyambut tahun baru dengan menari, bernyanyi, serta makan bersama.

Tepat pada pergantian tahun baru, yakni pukul 00.00, mereka akan berpelukan dan saling mengucapkan “selamat tahun baru”.

Finlandia

Masyarakat di Finlandia biasanya melelehkan lempengan timah saat menyambut tahun baru. Lelehan itu nantinya akan menjadi ramalan kehidupan mereka di tahun selanjutnya. Misalnya saat timah berbentuk cincin maka akan ada pernikahan, atau akan ada perjalanan jika lelehan timah berbentuk kapal. Simbol-simbol lainnya juga diartikan warga Finlandia sebagai sedikit gambaran kehidupan mereka di tahun yang baru.

Filipina

Masyarakat Filipina merayakan tahun baru dengan berbagai macam hal yang berbentuk bulat. Mulai dari makanan, pakaian hingga aksesori lainnya. Mereka percaya bahwa bentuk bulat  mampu menarik rezeki atau membawa keberuntungan di kehidupan mereka.

Belgia

Pergantian tahun di Belgia disebut dengan int Sylvester Vooranvood atau Saint Sylvester Eve. Anak-anak di Belgia saat menyambut tahun baru akan membuat surat yang ditujukan kepada orangtuanya.

Perayaan ini merupakan tradisi turun menurun di Belgia. Surat anak-anak tersebut kemudian akan dibacakan tepat di tahun baru, atau 1 Januari.

Skotlandia

Menyambut tahun baru, warga Skotlandia biasanya membersihkan rumah mereka demi menghormati tamu yang akan bertandang ke rumahnya. Mereka meyakini bahwa orang pertama yang datang saat tahun baru akan menentukan keberuntungan mereka sekeluarga.

Salah satu kepercayaan yang diyakini bahwa anak-anak melambangkan kepolosan sehingga menjadi yang ditunggu-tunggu untuk melangkah masuk sebagai tamu pertama. Selain anak-anak, mereka juga meyakini bahwa pria yang tinggi dan berambut gelap merupakan tamu pembawa keberuntungan.

Tak ayal wanita dan pria berambut pirang kerap diminta menunggu di luar hingga tamu pembawa keberuntungan memasuki rumah mereka.

Italia

Italia merayakan tahun baru dengan cara yang terbilang unik. Salah satu negara di kawasa Eropa ini menyambut tahun baru dengan membuang perabot lama mereka melalui jendela termasuk meja dan kursi.

Hal ini menggambarkan mereka yang telah merelakan tahun sebelumnya demi menyambut tahun baru. Perabot yang dibuang itu juga menandai bahwa mereka menyediakan tempat untuk hal yang lebih baik di tahun baru.

Warga Italia juga biasanya membuka pintu dan jendela saat tahun baru untuk membiarkan roh baik memasuki kediamannya, sembari mengusir roh jahat.

Indonesia

Nah bagaimana dengan di Indonesia? Masyarakat di Tanah Air biasanya menyambut tahun baru dengan berkumpul bersama rekan dan sanak saudara. Terompet hingga kembang api pun tak terlewatkan untuk memeriahkan momen ini. Disamping tentu saja Jagung bakar yang tak pernah absen ketika masyarakat merayakan tahun baru bersama rekan maupun keluarganya.

Tak hanya itu, banyak kalangan masyarakat juga memilih untuk merayakan tahun baru dengan mengikuti konser yang kerap digelar di berbagai kota. Konser ini pun tak luput dari kemeriahan kembang api hingga bunyi terompet.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 responses on "7 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Dunia, Nomor 6 Paling Unik"

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X