7 Wanita Hebat yang Mengubah Dunia

Sebagian dari kita pasti telah sangat sering mendengar istilah emansipasi. Di Indonesia, emansipasi sendiri telah cukup familiar sejak bertahun-tahun yang lalu. Tepatnya ketika seorang wanita Priayi Jawa bernama Kartini, mulai berani mengungkapkan pemikiran-pemikirannya. Saat itu, ini bukanlah hal yang lazim. Jangankan mengutarakan pikiran, kala itu wanita bahkan belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal, termasuk memperoleh pendidikan yang tinggi.

Nah, kebayang dong bagaimana posisi mereka dalam kehidupan sosial. Nggak ada tuh yang namanya wanita karir, penulis wanita, pengacara wanita, apalagi astronot wanita. Tidak seperti di tahun-tahun berikutnya. Bukan cuma di ndonesa, di berbagai belahan bumi lain pun emansipasi wanita seperti tak terelakkan.

Kita kemudian mengenal tak sedikit wanita yang menebarkan pengaruhnya kepada dunia. Mulai dari menjadi peraih nobel, pemenang pulitzer, hingga menjadi yang pertama menjejakkan kakinya di luar angkasa. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 wanita hebat yang sukses mengubah dunia:

1. Marie Curie

Marie Curie adalah wanita pertama yang meraih nobel di bidang fisika. Ia meraihnya pada tahun 1903, tepatnya untuk karyanya di radioaktivitas. 8 tahun kemudian, Curie (1911) kembali meraih Nobel dalam bidang kimia untuk studinya tentang unsur polonium dan radium.

2. Edith Wharton

Edith adalah wanita pertama yang berhasil meraih Pulitzer untuk bidang literature. Novelis asal Amerika, yang juga menjadi penulis cerita pendek, dan desainer ini dianugerahi Hadiah Pulitzer pada tahun 1921 di bidang sastra untuk novelnya The Age of Innocence.

3. Helen Keller

Keller merupakan penulis, aktivis dan tuna netra serta tuna rungu pertama yang sukses meraih gelar sarjana seni. Keller mendedikasikan dirinya dalam mengadvokasi penyandang disabilitas, hak pilih perempuan, dan hak reproduksi. Pada tahun 1980, lebih tepatnya di ulang tahunnya yang ke-100, mantan presiden Jimmy Carter menetapkan 27 Juni sebagai Hari Helen Keller di Pennsylvania.

4. Amelia Earhart

Earhart adalah penerbang wanita pertama yang menerbangkan pesawat di altantik. Dan itu dilakukannya seorang diri. Earhart menyelesaikan perjalanan memecahkan rekor dari AS ke Irlandia dalam waktu hampir 15 jam. Selama upaya untuk terbang keliling dunia pada tahun 1937, pesawatnya menghilang secara misterius di atas Samudra Pasifik tanpa jejak.

5. Valentina Tereshkova

Pada 16 Juni 1963, Tereshkova meninggalkan Bumi dengan menggunakan VOSTOK 6 dan mengitari planet 48 kali, selama periode 70 jam. Ia adalah wanita pertama yang traveling ke angkasa.a

6. Indira Gandhi

Siapa yang tak kenal Indira Gandhi. Ia adalah perdana menteri wanita pertama dan satu-satunya di India sampai saat ini. Ia menjabat posisi tersebut pada tahun 1966. Dia terpilih menjadi perdana menteri sekali lagi pada tahun 1980, sebelum akhirnya dibunuh oleh dua pengawalnya pada tahun 1984.

7. Jenderal Ann E. Dunwoody

 

Titel Jenderal melekat dalam diri seorang wanita tentu bukan hal yang biasa. Dunwoody adalah wanita pertama yang mencapai pangkat tersebut. Pada tahun 2008, wanita tangguh yang menjabat di Angkatan Darat AS menjadi anggota wanita layanan pertama dalam sejarah AS untuk mencapai pangkat jenderal bintang empat.

Leave your vote

11 points
Upvote Downvote

Total votes: 29

Upvotes: 20

Upvotes percentage: 68.965517%

Downvotes: 9

Downvotes percentage: 31.034483%

May 3, 2018

40 responses on "7 Wanita Hebat yang Mengubah Dunia"

  1. Helen Keller.. so amaze of you.. pray for me to could be the next you are.. take care of disability childrens.. You are like a Mother Theresa in my eyes.. Mother Theresa.. I am so amaze of you too.. ♥️♥️♥️😄

  2. Menarik sekali tulisannya. Dapat mengajarkan kita bahwasanya wanita juga harus berani melakukan terobosan baru.

  3. Mungkin salah satu dari mereka akan ku jadikan idolaku

  4. Wowww hebat, menakjubkan dan pantas menjadi panutan..

  5. Mereka adalah wanita2 yg hebat dan
    Perkasa, itu membuat saya terpacu dan menginspirasi saya dalam membuat
    Suatu hal ataupun karya yg lebih lg
    Utk bermanfaat bagi orng banyak

  6. 1 6 7 8

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X