Login

8 Hal Produktif dan Kreatif yang Bisa Dilakukan Selama ‘di Rumah Aja’

Daripada dibuat bosan apalagi frustasi dengan PSBB, yang mau tak mau membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu ‘di rumah aja’, mengalihkan perhatian dengan melakukan hal-hal baru dan produktif, boleh jadi merupakan solusi bagi sebagian orang. Tujuannya ya itu tadi, agar tidak bosan.

Nah, jika selama ini sebagian dari kita sudah cukup dibuat jengah dengan semua film atau serial yang ada di Netflix – mulai dari yang berbahasa Inggris, Korea, India, bahkan Thailand, inilah saatnya untuk mengubah rutinitas dan membuat hari-hari di rumah menjadi lebih produktif dan kreatif.

Bagaimana caranya? Dengan melakukan sesuatu yang tak hanya sekedar membuat kita menjadi sibuk, tetapi juga berilmu. Bahkan meski hanya sedikit.

Dari belajar bahasa hingga membuat bucket list, ini dia 8 hal produktif dan kreatif yang bisa kita lakukan selama di rumah aja, sebagaimana dilansir dari Hellomagazine, khususnya di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Belajar Bahasa

Siapa yang selama ini selalu memiliki rencana untuk belajar bahasa Korea, Italia, China atau bahkan Perancis tapi belum juga bisa merealisasikannya karena alasan waktu? Oke, buat yang merasa tersindir, inilah saat yang tepat. Dengan berbagai pilihan video YouTube dan tutorial online yang berseliweran, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan waktu ini untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Buat yang suka K-Pop, BTS bahkan siap menjadi guru privat lewat learn Korea with BTS.

Ikut Pelatihan atau Kursus Online

Kalian yang selama ‘di rumah aja’ ingin meningkatkan portofolio profesional atau mungkin ingin mengejar hobi baru, selain ada kartu prakerja, kursus online gratis lainnya juga banyak disediakan oleh beragam platform, termasuk elearn. Dapatkan akreditasi profesional dari sini, pelajari keterampilan baru, dijamin tidak akan bosan.

Belajar Masak

‘Di rumah aja’ bukan alasan untuk bermalas-masalan, bahkan bagi David Beckham dan Henry Cavill. Keduanya menggunakan waktu luang mereka selama berada di rumah untuk meningkatkan keterampilan memasak. Dengan berbagai buku resep yang bisa ditemukan secara online, kita bisa mulai dari memasak menu-menu sederhana, dari sayur sop hingga tumis kangkung.

(Baca juga: 5 Tips Jitu Buat Kamu yang Ingin Jadi Entrepreneur)

Selanjutnya, hanya tinggal menunggu waktu hingga hidangan berbintang Michelin bisa kita kuasai. Siapa tahu selepas pandemi bisa buka restoran.

Merangkai Bunga

Bagi sebagian orang, merangkai bunga mungkin terdengar membosankan. Tapi tidak demikian bagi si penyuka bunga. So, jika dulu kita mungkin hanya bisa berencana, saatnya untuk merealisasikan mimpi terpendam itu. Pelajari cara membuat rangkaian bunga dengan panduan yang bisa didapatkan baik dari buku maupun YouTube.

Belajar Instrumen Musik

Bersihkan debu-debu yang menempel di piano tua milik kakek nenek, setel ulang gitar yang sudah dimuseumkan kakak di rumah, dan mulailah mengisi hari-hari dengan suara musik. Dengan begitu banyak waktu luang, tidak pernah semudah ini untuk mendapatkan keterampilan baru. Siapa tahu selepas PSBB bisa jadi musisi.

Belajar Menjahit

Ada yang dibuat sedih ketika melihat kancing dari kemeja kesayangan terlepas tak tentu arah? Jika dulu kita memutuskan untuk mengembalikannya ke dalam lemari, sekarang saatnya menyelamatkan dia. Ambil jarum dan benang, dan mulailah bekerja. Hanya beberapa menit kerja keras dan konsentrasi dapat memberikan kehidupan baru ke dalam lemari pakaian kita.

Menulis Cerita

Bagi sebagian, menghabiskan waktu di depan laptop atau gadget mungkin akan terasa sangat membosankan. Apalagi jika isinya hanya nonton, nonton dan nonton. Untuk membuat mata beristirahat sejenak, cobalah untuk ‘berkenalan’ lagi dengan kertas dan pena. Kita bisa menulis banyak hal di atasnya, dari hanya sekedar jadwal harian, hingga menjadi lebih kreatif, yakni menulis cerita. Gunakan imajinasi dan lihat kemana tulisan itu akan membawa kita.

Membuat Bucket List

TIdak seorang pun yang bisa memprediksi secara pasti kapan pandemi Covid-19 akan berlalu. Tapi, tidak ada salahnya untuk selalu berpikir positif dan menantikan hari dimana virus ini tak lagi ada. Selama menunggu saat itu datang, buatlah bucket list.

Bagaimanapun, memiliki rencana untuk menyambut hari yang lebih cerah selalu lebih baik daripada hanya sekedar tidur bangun dan termenung di atas sofa, masih dalam keadaan mengenakan piyama. Percayalah, selalu ada cahaya di ujung terowongan.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "8 Hal Produktif dan Kreatif yang Bisa Dilakukan Selama 'di Rumah Aja'"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X