8 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Melakukan Wawancara Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan. Ditambah dengan era globalisasi saat ini, sangat memungkinkan suatu perusahaan bisa bekerja sama dengan perusahaan lainnya diberbagai belahan dunia. Sehingga kemampuan berbahasa Inggris hampir selalu disyaratkan pada saat ingin melamar pekerjaan baik untuk perusahaan nasional maupun multinasional.

Untuk menguji secara langsung kemampuan berbahasa Inggris seorang kandidat, sering kali HRD melakukan wawancara dalam Bahasa Inggris. Meskipun kamju sudah belajar Bahasa ini bahkan sejak bangku Taman Kanak-Kanak (TK) dan sudah menguasai teknik berbahasa Inggris dengan baik, kamu masih saja sering merasa takut. Nah, berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan supaya kamu lebih siap menghadapi wawancara dalam Bahasa Inggris.

  1. Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi pekerjaan

Biasakan untuk selalu melakukan riset terhadap perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Tentu saja kamu bisa mencari informasi-informasi tersebut dalam versi Bahasa Inggris. Jangan lupa untuk pelajari juga berbagai macam kosa-kata yang berkaitan langsung dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

  1. Cari tahu pertanyaan yang mungkin akan muncul

Pertanyaan-pertanyaan umum yang berkaitan dengan infomasi pribadi, pengalaman kerja atau organisasi hampir selalu ditanyakan pada saat wawancara. Sehingga kamu bisa menyiapkan beberapa daftar pertanyaan yang kemungkinan akan muncul dan juga berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam Bahasa Inggris.

  1. Latihan wawancara dengan teman

Kamu bisa meminta bantuan teman atau sahabat kamu yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik untuk menjadi partner simulasi latihan kamu. Simulasi seperti ini akan membuat kamu lebih mudah membayangkan bagaimana situasi wawancara yang kira-kira akan kamu hadapi. Kamu juga bisa merekam audio atau video simulasi wawancara Bahasa Inggris tersebut agar dapat kamu dengarkan dan lihat lagi supaya kamu tahu dimana kesalahanmu dan dapat memperbaikinya

  1. Perhatikan bahasa tubuhmu

Bahasa tubuh juga sangat penting ketika wawancara Bahasa Inggris. Dalam komunikasi, bahasa tubuh dapat menyampaikan lebih banyak hal daripada kata-kata. Kepercayan diri, yang merupakan salah satu hal yang wajib kamu miliki saat wawancara, akan sangat terlihat pada bahasa tubuhmu. Jadi, jangan pernah mengabaikan bahasa tubuh dalam wawancara Bahasa Inggris. Kuncinya adalah banyak berlatih!

  1. Kecepatan berbicara juga harus diperhatikan

Terkadang rasa gugup sering kali membuat sesorang berbicara lebih cepat dari bisanya. Atau bisa jadi malah membuat berbicara lebih lambat karena kamu takut melakukan kesalahan pronunciation atau grammar yang digunakan.  Tentu saja hal ini akan membuat HRD merasa tidak nyaman. So, sebelum wawancara Bahasa Inggris, kamu harus berlatih berbicara dengan tempo yang ideal. Kamu bisa melatihkan dengan mendengarkan rekaman atau menonton film berbahasa Inggris agar dapat mengetahui kecepatan bicara yang ideal dengan Bahasa Inggris.

  1. Bicara dengan kalimat singkat dan efektif

Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang ketika wawancara Bahasa Inggris. Selain akan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak kesalahan, kalimat yang terlalu panjang dan kurang efektif juga akan membuat HRD kesulitan menangkap maksud dari kalimat yang kamu sampaikan. Cukup gunakan kalimat-kalimat singkat yang jelas saja jika ingin wawancara Bahasa Inggris yang kamu jalani ini berhasil.

  1. Jangan ragu untuk bertanya ketika belum mengerti

Jika kamu kurang memahami maksud dari pertanyaan yang diberikan, jangan ragu untuk menanyakan kembali pada HRD. Mengapa? Karena jika kamu salah menjawab pertanyaan tersebut, akan memberikan penilaian kurang baik. Justru akan ada kemungkinan ia akan mengulang pertanyaannya dengan nada yang lebih lambat atau dengan bahasa yang lebih simpel agar kamu lebih mengerti.

  1. Persiapkan fisik dan mental

Terakhir, yang perlu kamu persiapkan sebelum wawancara Bahasa Inggris adalah fisik dan mentalmu. Jika tidak siap secara fisik, kamu tentu tidak akan maksimal menjalani wawancara Bahasa Inggris ini karena tidak bisa sepenuhnya berkonsentrasi. Selain itu rasa gugup bisa mengacaukan banyak hal seperti membuat kamu lupa akan kalimat-kalimat yang sudah kamu pesiapkan atau membuat kamu berbicara dengan tempo terlalu cepat atau terlalu lambat.

Bagaimana sudah siap melakukan wawancana Bahasa Inggris? Semoga saja tips di atas dapat membantu kamu agar lebih mudah melewati wawancara Bahasa Inggris dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan ya. Semangaat!

 

Source: www.glints.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

October 22, 2018

0 responses on "8 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Melakukan Wawancara Bahasa Inggris"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X