Login

8 Ilmuwan Wanita Paling Populer Sepanjang Sejarah

Perempuan atau wanita identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan rumah – entah itu mengurus rumah, menjaga anak, memasak, dan sebagainya. Dan anggapan yang dimulai sejak puluhan bahkan ratusan tahun ini bahkan masih berkeliaran hingga sekarang. Tidak berlebihan, mengingat wanita yang berkecimpung di dunia teknologi ataupun science, masih terbilang sedikit saat ini.

Padahal, tahukah kalian bahwa bahkan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, wanita juga telah menunjukkan ketertarikannya dengan dunia yang banyak dihuni oleh kaum pria ini. Terbukti, ada sejumlah ilmuwan wanita yang kepopulerannya tercatat dalam sejarah hingga sekarang.

(Baca juga: Berkenalan dengan 7 Bahasa Paling Tua di Dunia, Indonesia Termasuk?)

Nah, memperingati hari Internasional Perempuan dan dalam Sains yang jatuh pada 11 Februari lalu, berikut kami kumpulkan nama-nama ilmuwan wanita paling populer dalam sejarah.

Marie Curie

Nama Marie Curie mungkin tak lagi asing di telinga sebagian dari kita. Dia adalah penemu dari dua unsur kimia baru, yakni radium dan polonium. Dia melakukan penelitian pertama dalam pengobatan tumor dengan radiasi, dan mendirikan Curie Institutes, yang merupakan pusat penelitian medis penting. Hebatnya lagi, Marie Curie adalah satu-satunya orang yang pernah memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang fisika dan kimia.

Maria Goeppert-Mayer

Maria Goeppert-Mayer adalah fisikawan dan ahli matematika asal Jerman yang dikenal memiliki banyak kontribusi di bidang fisika. Pada tahun 1963, ia mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang ini. Ia adalah wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel untuk fisika teoretis dan wanita kedua dalam sejarah yang memenangkan Hadiah Nobel, setelah Marie Curie. Dia paling terkenal karena mengusulkan model cangkang nuklir dari inti atom.

Jane Goodall

Jane Goodall adalah pakar simpanse liar. Ia diakui atas penemuannya yang luar biasa tentang perilaku hewan tersebut – bahwa simpanse juga membuat alat, makan dan berburu daging, serta memiliki perilaku sosial yang mirip dengan manusia. Goodall benar-benar mengubah pemahaman manusia tentang kerabat terdekatnya di dunia hewan.

Rosalind Franklin

Rosalind Franklin memainkan peran penting dalam penemuan struktur DNA. Ia menemukan bahwa molekul DNA dapat eksis dalam lebih dari satu bentuk, dan mengenali DNA tipe B yang sebelumnya tidak terduga. Kini kita bahkan tahu bahwa DNA tipe B adalah struktur DNA yang biasa dalam sel-sel hidup.

Rita Levi-Montalcini

Ahli neurofisiologi asal Italia ini memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1986 untuk fisiologi atau kedokteran yang dia bagikan dengan ahli biokimia Stanley Cohen, untuk penemuan faktor pertumbuhan saraf (NGF), protein yang menyebabkan sel-sel yang berkembang tumbuh dengan merangsang jaringan saraf di sekitarnya.

Elizabeth Blackwell

Elizabeth Blackwell adalah wanita pertama di Amerika yang dianugerahi gelar medis. Dia memelopori pendidikan wanita dalam bidang kedokteran, dan membuka sekolah kedokterannya sendiri untuk wanita. Dia adalah wanita pertama yang diterima di British Medical Register, memungkinkannya untuk membuka praktek kedokteran di Inggris dan juga di Amerika Serikat.

Barbara McClintock

Barbara McClintock membuat sejumlah penemuan inovatif dalam genetika. Dia menunjukkan fenomena crossover kromosom, yang meningkatkan variasi genetik pada spesies. Dia juga menemukan transposisi – gen yang bergerak di dalam kromosom – sering digambarkan sebagai gen pelompat, dan menunjukkan bahwa gen bertanggung jawab untuk menghidupkan atau mematikan sifat-sifat fisik suatu organisme.

Penemuan transposisinya ditolak selama bertahun-tahun oleh para ilmuwan lain, tetapi akhirnya mereka menyadari bahwa dia benar selama ini. Pada usia 81, ia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran.

Christiane Nusslein-Volhard

Ahli biologi Jerman, Christiane Nüsslein-Volhard terkenal karena perkembangan embrio lalat buahnya. Kontribusinya membuatnya mendapatkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran, bersama dengan ahli genetika Amerika Eric Wieschaus dan Edward B. Lewis.

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Total votes: 7

Upvotes: 7

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 responses on "8 Ilmuwan Wanita Paling Populer Sepanjang Sejarah"

  1. Luar biasa sekali 8 perempuan tersebut

  2. Rosalin Franklin tu anaknya Benyamin F y?

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X