8 Karir Spektakuler di Bidang Science

Karir spektakuler di bidang science. Koreksi kami jika salah, orang-orang yang bekerja dalam bidang science bertanggung jawab atas banyak hal dalam hidup kita. Tentu saja, dalam hal ini terkait apa saja yang kita gunakan dan manfaatkan dalam keseharian. Mulai dari cara mencegah dan menyembuhkan penyakit, teknologi baru, hingga strategi untuk membantu mengendalikan perubahan iklim. Jika demikian, bisa dibayangkan apa jadinya dunia tanpa ilmuwan.

Ilmuwan sendiri bisa diartikan sebagai orang yang ahli atau memiliki banyak pengetahuan mengenai suatu ilmu. Dalam arti yang lain, ilmuwan adalah orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan. Apakah itu ilmu Alam ataupun ilmu Sosial.

Orang-orang yang berkecimpung di ranah science biasanya bertujuan untuk menghasilkan model yang dapat berguna tentang realitas dan memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan alam. Mereka bukan saja dosen, peneliti, ataupun tenaga teknis di laboratorium. Lebih dari itu, di luar sana bahkan ada banyak sekali karir spektakuler di bidang science yang mungkin belum banyak diketahui. Nah, apa saja?

Ahli Epidemiologi

Saat ini, ahli epidemiologi boleh dibilang menjadi karir yang sangat penting dan dibutuhkan. Tak sekedar bekerja di rumah sakit, mereka juga bisa bekerja di laboratorium dan universitas-universitas. Tugasnya sendiri adalah mengidentifikasi penyebab dari suatu penyakit dan mencegah agar penyakit tersebut tidak menyebar.

Mereka melakukan pengawasan infeksi – melacak infeksi, membaca data, mencari tahu keberadaan masalah, dan memutuskan dimana intervensi diperlukan. Sebagian besar ahli epidemiologi memegang gelar master dalam kesehatan masyarakat. Beberapa bahkan mendapatkan gelar Ph.D. di bidang yang mereka pilih.

Ahli Biokimia atau Biofisika

Karir spektakuler berikutnya di ranah sains adalah ahli biokimia dan biofisika. Sebagaimana namanya, mereka mempelajari sifat kimia dan fisik makhluk hidup lengkap dengan proses biologisnya. Untuk bekerja sebagai pemula di bidang ini, biasanya seseorang akan memerlukan setidaknya gelar sarjana dalam bidang biokimia, biologi, kimia, atau fisika. Sementara jika ingin melangkah lebih jauh dengan penelitian secara independen atau bekerja dalam pengembangan, maka gelar doktor akan diperlukan.

Ahli kimia

Seperti namanya, ahli kimia mempelajari bahan kimia dan bagaimana mereka dapat digunakan dalam kehidupan. Untuk beberapa pekerjaan biasanya seseorang akan memerlukan sekurang-kurangnya gelar sarjana. Meski begitu, tak sedikit pula posisi, terutama di bidang penelitian, memerlukan seorang bergelar Doktor.

(Baca juga: 7 Skill Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini)

Tiga besar perusahaan yang mempekerjakan ahli kimia diantaranya institusi akademis, industri, terutama industri kimia dan industri farmasi, serta laboratorium pemerintah.

Ahli Forensik

Penikmat CSI atau serial bertema detektif pasti familiar dengan keberadaan ahli forensik. Didapuk sebagai salah satu karir spektakuler di bidang science, ahli forensik biasanya bertugas mengumpulkan dan menganalisis bukti fisik.

Untuk bisa bekerja sebagai salah satunya, banyak institusi biasanya lebih memilih pelamar yang memiliki setidaknya dua tahun pelatihan khusus atau gelar associate dalam ilmu terapan atau teknologi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Institusi lain hanya akan mempekerjakan mereka yang memiliki gelar sarjana di bidang kimia, biologi, atau ilmu forensik.

Psikolog Industri

Psikolog industri meneliti dan mengidentifikasi suatu masalah dalam organisasi untuk menemukan solusi yang paling tepat. Para profesional ini biasanya menjalankan bisnisnya sendiri dan bekerja untuk perusahaan konsultan, perusahaan, rumah sakit, dan pemerintah.

Untuk memasuki bidang psikologi industri, diperlukan gelar master dalam psikologi industri/organisasi, yang dikenal sebagai I/O atau IOP. Sementara gelar doktor memungkinkan untuk mengakses pekerjaan akademis, penelitian, dan ilmiah yang tidak terbuka bagi mereka yang hanya bergelar master. Di Indonesia, perkembangan psikologi industri sangat dipengaruhi oleh perkembangan psikologi di negara-negara barat terutama Amerika Serikat.

Konservasionis

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, konservasionis diartikan sebagai orang yang mempertahankan kelestarian alam atau lingkungan. Mereka adalah orang-orang yang membantu pemilik tanah dan pemerintah menemukan cara untuk melindungi sumber daya alam seperti tanah dan air.

Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini, seseorang harus mendapatkan gelar sarjana di bidang ekologi, manajemen sumber daya alam, pertanian, biologi, atau ilmu lingkungan.

Geoscientist

Dari namanya saja sudah bisa ketahuan betapa spektakulernya karir di bidang science yang satu ini. Ya, seorang geoscientists mencari sumber daya alam atau membantu ilmuwan lingkungan membersihkan lingkungan. Untuk mendapatkan posisi penelitian tingkat pemula, seseorang akan memerlukan setidaknya gelar sarjana di bidang geosains atau ilmu bumi, tetapi sebagian besar posisi penelitian memerlukan gelar doktor.

Ahli hidrologi

Setiap hal memiliki ahlinya masing-masing, tak terkecuali air. Dipanggil ahli hidrologi, biasanya orang-orang ini mempelajari badan air, baik di permukaan bumi maupun di bawah tanah. Para ahli hidrologi melihat sirkulasi, distribusi, dan sifat fisiknya.

Untuk bekerja di bidang ini, seseorang biasanya akan memerlukan gelar master di bidang geosains, ilmu lingkungan, atau teknik dengan konsentrasi di bidang hidrologi atau ilmu air. Gimana, terdengar spektakuler bukan?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "8 Karir Spektakuler di Bidang Science"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X