8 Keterampilan Ini Dibutuhkan oleh Para Supervisor

Seorang supervisor bertugas untuk mengawasi dan mengarahkan karyawan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien. Tak ayal, keberadaannya di dalam sebuah organisasi atau perusahaan pun menjadi sangat penting. Seorang supervisor yang baik, dengan keterampilan yangdimiliki, dapat membantu perusahaan mempertahankan lebih banyak bakat dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik bagi karyawan dari semua tingkatan.

Tapi tentu saja, ini bukan perkara mudah. Seorang supervisor bukan saja harus mampu membantu dan mencapai produktivitas kinerja sebuah perusahaan, mereka juga harus sering kali bekerja di bawah tekanan. Untuk itu, supervision skill atau keterampilan pengawasan pun diperlukan. Yang seperti apa?

Pada dasarnya keterampilan pengawasan bukanlah keterampilan tunggal. Ini adalah kombinasi dari beberapa soft skill, termasuk keterampilan berkomunikasi, manajemen waktu hingga pemecahan masalah.

1. Komunikasi, baik verbal maupun tertulis

Sebagai supervisor, seseorang harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Ini karena sebagian besar pekerjaan supervisor adalah mengarahkan orang lain, dimana itu melibatkan instruksi lisan dan tertulis yang jelas.

2. Pengambilan keputusan

Sebagai atasan untuk beberapa staf, seorang supervisor secara teratur membuat keputusan penting untuk tim. Karenanya keterampilan dalam pengambilan keputusan pun sangat diperlukan. Bukan semata cepat tetapi juga cerdas.

Saat membuat keputusan, buatlah berdasarkan kesejahteraan tim dan perusahaan. Cobalah untuk melihat situasi melalui lensa yang tidak bias, dan gunakan informasi yang tersedia untuk membuat keputusan yang bijaksana.

3. Keterampilan interpersonal

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa membuat karyawannya merasa terbuka untuk berkomunikasi. Disinilah keterampilan interpersonal dibutuhkan. Berusahalah untuk selalu bersikap baik kepada semua orang yang bekerja dengan kita, dan kenali mereka. Dengan kombinasi kepribadian dan profesionalisme yang tepat, kita dapat menciptakan hubungan kerja yang sehat dengan tim.

(Baca juga: 9 Skill Paling Dicari di Ranah IT Saat Ini)

4. Kemampuan beradaptasi

Perubahan mendadak di tempat kerja adalah sesuatu yang adakalanya tak bisa dihindari. Disini kemampuan untuk berpikir dan bereaksi dengan cepat diperlukan untuk membantu mengatasi tantangan dan terus memimpin tim secara efisien. Seorang supervisor yang baik menggunakan strategi kreatif untuk memecahkan masalah dan fleksibel dalam situasi yang tidak terduga.

5. Manajemen waktu

Dalam tugasnya, seorang supervisor kemungkinan akan mengelola banyak proyek atau pekerjaan sekaligus. Manajemen waktu adalah keterampilan yang sangat penting untuk menyelesaikan segala sesuatu sesuai jadwal. Untuk memiliki keterampilan ini, seorang supervisor harus dapat memprioritaskan dan mendelegasikan tugas.

Tak hanya itu, seorang supervisor juga harus dapat bekerja secara efisien dan memiliki gagasan bagus tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas.

6. Manajemen prioritas

Pada dasarnya, manajemen prioritas dan manajemen waktu saling berhubungan. Sebagai supervisor, seseorang perlu melakukan banyak tugas di tempat kerja. Namun mengingat setiap tugas tidak memiliki tingkat urgensi yang sama, manajemen prioritas pun diperlukan. Jadi, kita harus memiliki prioritas untuk memutuskan tugas mana yang harus diselesaikn terlebih dahulu, dan mana yang tidak. Ini akan membantu kita untuk mencegah penundaan di tempat kerja dan meningkatkan efisiensi.

7. Kerjasama

Meskipun supervisor bertanggung jawab atas banyak hal, mereka perlu tahu kapan harus mundur dan membiarkan orang lain membuat keputusan juga. Pikiran dan pendapat rekan kerja penting dan bisa berharga dalam situasi tertentu. Seorang supervisor yang baik dapat bekerja sama dengan orang lain dan memperhatikan apa yang diinginkan orang lain. Alih-alih memberi perintah sepanjang waktu, diskusikan dengan tim strategi dan proses pengambilan keputusan.

8. Problem-solving

Masalah mungkin muncul di tempat kerja. Karenanya, seorang supervisor harus memiliki keterampilan pemecahan masalah. Bukan saja sekedar mengatasi, tetapi juga menangani masalah dengan benar. Keterampilan pemecahan masalah membantu untuk memahami dan menilai situasi dan mengembangkan rencana yang efektif untuk mengatasinya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "8 Keterampilan Ini Dibutuhkan oleh Para Supervisor"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X