9 Skill Paling Dicari di Ranah IT Saat Ini

Teknologi yang terus berkembang tak hanya telah memunculkan banyak lapangan pekerjaan, tetapi juga profesi-profesi baru. Katakan saja developer, analis keamanan informasi, UI/UX Designer ataupun yang lainnya. Kesemua profesi yang erat dengan dunia IT (Teknologi Informasi) ini, sudah pasti membutuhkan skill tersendiri.

Keterampilan IT disini mencakup banyak hal, termasuk keterampilan teknis dan pengetahuan pemrograman, serta keterampilan interpersonal yang akan membantu kita berinteraksi dengan tim.

Nah, jika Anda seorang profesional yang bekerja di bidang teknologi, memiliki keterampilan komunikasi, kepemimpinan ataupun organisasi saja tidak cukup. Lebih dari itu, Anda membutuhkan beberapa keterampilan lainnya untuk bisa sukses. Keterampilan atau skill ini bukan saja paling dicari di ranah IT saat ini, tetapi juga memungkinkan Anda menjadi karyawan yang efisien dan berharga. Apa saja?

1. Coding

Pengetahuan tentang coding adalah persyaratan dasar bagi sebagian besar pekerja di ranah IT. Beberapa posisi mungkin hanya membutuhkan pengetahuan dasar tentang bahasa pengkodean seperti HTML dan C ++, sementara beberapa posisi lainnya bisa jadi mengharuskan Anda mengetahui bahasa tingkat lanjut seperti Python, JavaScript, dan Amazon Web Services (AWS). So, tentukan sendiri di posisi apa Anda akan berada.

2. Kemampuan analitis

Sebagai seorang profesional IT, Anda akan terlibat dengan berbagai proyek yang mengharuskan Anda menganalisis aktivitas basis data dan merekomendasikan peningkatan. Anda mungkin juga berada dalam posisi dimana Anda harus memecahkan masalah krtika sesuatu tidak berfungsi dengan baik.

Mampu berpikir kritis dan analitis akan membantu Anda menemukan solusi yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda secara efektif.

3. Troubleshooting

Bekerja di bagian IT mengharuskan kita bertemu dengan banyak masalah. Bersamaan dengan itu, Anda mungkin akan dipertemukan dengan algoritme sulit yang membutuhkan waktu. Disinilah pengetahuan teknis dan pengalaman langsung dalam troubleshooting akan membantu Anda menemukan solusi yang Anda butuhkan.

4. Manajemen waktu

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama 24 jam dalam sehari. Meski begitu, yang ingin diketahui pemberi kerja adalah berapa banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan delapan jam kerja.

(Baca juga: 7 Skill Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini)

Jelaskan atau tunjukkan bagaimana Anda dapat memanfaatkan waktu kerja sebaik-baiknya. Ingatlah bahwa ketika waktu adalah uang, pemberi kerja sering memberi penghargaan kepada karyawan yang menggunakan waktunya secara bertanggung jawab.

5. Analisis Bisnis Digital

Karena transformasi digital sangat penting bagi semua organisasi dalam ekonomi digital, keterampilan analisis bisnis digital telah menjadi skill paling dicari di ranah IT saat ini. Orang-orang dengan keterampilan Analisis Bisnis Digital membantu organisasi mengembangkan ekosistem teknologi digital yang akan membantu mendorong transformasi digital dan pertumbuhan bisnis.

6. Desain Digital dan Visualisasi Data

Situs web, Aplikasi, dan Layanan Digital memiliki satu kesamaan; user interface. Setiap desainer dengan pengalaman menciptakan pengalaman pengguna yang efektif dan dinamis akan diminati oleh sebagian besar perusahaan teknologi. Desainer juga dapat memvisualisasikan data kompleks untuk membantu manajemen membuat keputusan bisnis yang penting.

7. Digital Marketing

Saat ini, digital marketing atau pemasaran digital menjadi andalan banyak perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanannya. Adapun beberapa keterampilan terkait ini yang boleh dibilang sangat diminati meliputi Digital marketing tools, Analytics tools, Social media marketing, Content marketing dan SEO.

8. Media Sosial

Di era digital seperti saat ini, Twitter, Facebook, Instagram, dan platform lainnya memberi perusahaan teknologi akses langsung bukan saja ke pelanggan, tetapi juga investor. Humas terbaik di ranah teknologi adalah manajer Media Sosial.

9. Ilmu Data dan Analisis Data

Perusahaan mengumpulkan data dalam jumlah besar yang dapat menjadi sangat berharga bagi mereka jika mereka memiliki Analis Data Besar yang dapat memahami semuanya. Ilmuwan Data diminati oleh perusahaan di seluruh dunia. Ilmu Data tidak hanya merupakan jalur karier yang sangat baik bagi para profesional di era digital, tetapi permintaan jauh melebihi pasokan, membuat Ilmuwan Data sangat mudah dipekerjakan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "9 Skill Paling Dicari di Ranah IT Saat Ini"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X