Login

Aneh bin Ajaib, Tapi 5 Peraturan Ini ada Lho di Restoran!

Sebagian dari kita mungkin telah cukup familiar dengan beberapa peraturan atau larangan yang kerap ditemui di restoran. Sebut saja “Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar” atau “Dilarang membawa hewan peliharaan.” Ini normal. Bahkan mungkin tak sedikit pula (pengunjung) yang telah menerima peraturan ini dengan senang hati. Yah, meskipun tak jarang pula yang memilih cuek, alias mengabaikannya.

Nah, kebayang dong jika larangan yang diberlakukan adalah sesuatu yang tak biasa alias di luar aturan-aturan pada umumnya? Katakan saja “Dilarang menggunakan ponsel”, “Dilarang membawa anak yang cengeng”, “Dilarang bergosip” dan sebagainya.

Tapi, ada gitu restoran yang memberlakukan larangan semacam itu pada pengunjungnya? Percaya atau tidak, ini ada. Dan itu bahkan hanya sebagian kecil dari aturan-aturan ‘aneh bin ajaib’ lainnya.

Sebuah restoran di Bandra, India, misalnya, beberapa tahun lalu pernah begitu populer lantaran memiliki poster di dinding yang bertuliskan, “Tidak boleh tertawa keras-keras, Tidak boleh menyanyi, Tidak boleh menyisir rambut, Tidak boleh menaikkan kaki di kursi, Tidak boleh flirting.”

Aturan yang tak kalah ajaib juga diberlakukan restoran lain di Lower Parel, (juga di India), yang lucunya bakal membuat para orang tua berpikir dua kali untuk datang dan makan bersama anaknya. Betapa tidak, alih-alih memaksa pengunjung ciliknya untuk tenang dan tidak berisik, restoran ini malah memberi pelajaran pada para orang tua. Yap, bukan si anak, melainkan orangtua yang anaknya  berlarian lah yang nantinya akan dihukum, dengan berdiri di sudut menggantikan sang anak. Aturan lainnya, ‘Anak-anak dan pengasuhnya harus duduk di meja yang sama dengan keluarga’.

Sepintas, aturan-aturan ini memang terdengar tak biasa. Cenderung aneh, dan ajaib, bahkan. Namun sang pemilik restoran, Jeremie Horowitz, menilai ini hanyalah bagian dari upaya untuk menciptakan ketenangan dalam menikmati hidangan. Dan itu berhasil, dengan tak sedikit pengunjung yang menerima aturan ini. Pun meski ada beberapa yang dibuat gondok, alias merasa tak dihargai.

Lantas, hanya sebatas itukah aturan-aturan ajaib yang diberlakukan sebuah restoran pada para pengunjungnya? Tentu saja tidak.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa peraturan ‘ajaib’ lainnya yang mungkin bisa Anda temukan di restoran-restoran lain di belahan bumi ini:

No celana pendek, please!

Lain halnya dengan beberapa restoran di India, sebuah restoran Cina memiliki aturan berpakaian bagi para pengunjungnya. Apa itu? Tak lain melarang para pelanggan mengenakan celana pendek saat ingin menikmati hidangan di tempat ini.

Nggak boleh upload ke Instagram

Well, aturan yang satu ini mungkin akan sangat memberatkan bagi mereka yang terbiasa terbiasa eksis di dunia maya, khususnya di media sosial. Betapa tidak, tak hanya melarang pelanggan memotret makanannya, sebuah restoran di Dublin juga jelas-jelas melarang postingan ke Instagram. Kalau mau makan disini, ya makan, dan bukannya foto sana foto sini.

Selain tidak mengizinkan posting ke Instagram, restoran ini juga memberlakukan aturan lainnya, termasuk mengambil foto dengan iPad, mendengarkan musik hip hop, memakai dasi, hingga meminta lampu agar diterangi atau diredupkan.

Peralatan makan tambahan = cuci sendiri

Adalah sebuah restoran bernama Ah-Lang Restaurant atau lebih dikenal dengan sebutan “Angry Korean Lady” (AKL) yang memberlakukan aturan ini di restorannya. Terdengar menggelikan, namun tak menghalangi pengunjung untuk mendatanginya kala bertandang ke Hawaii. Selain aturan tersebut, AKL juga memberlakukan peraturan lain yang tak kalah lucunya, termasuk “Jika AKL meletakkan tanda “Closed” dan Anda tetap ingin Ia memasak makanan untuk Anda, maka Anda harus mencuci semua piring dan peralatan makan yang ada.”  Jiahh….

Anak kecil tidak boleh nangis

Mendengar aturan ini, para orang tua mungkin akan menjadi orang pertama yang menentangnya. Dan memang itulah yang terjadi di sebuah restoran yang terletak di California. Adalah Old Fisherman’s Grotto, nama restoran yang mengeluarkan kebijakan terkait anak-anak itu. Mulai dari tidak mengizinkan “anak-anak yang menangis” hingga “anak-anak membuat ‘suara keras’ alias berisik.”

Sontak, restoran ini menuai banyak kritik. Namun alih-alih meniadakan aturan, pihak restoran malah bersikukuh, anak-anak yang menangis atau membuat suara keras adalah gangguan bagi pengunjung lain, karenanya tidak diperbolehkan berada di ruang makan.

Dilarang minum banyak-banyak

Lain di India, lain di Amerika, pun demikian di Jepang. Sebuah restoran di negeri Sakura memiliki aturannya sendiri, yang boleh dibilang cukup ‘lucu’. Betapa tidak, bukannya senang jika pengunjungnya memesan dalam jumlah banyak, restoran ini malah membatasi jumlah minuman bagi para pengunjungnya. “Pelanggan dilarang memesan lebih dari tiga minuman” demikian bunyi peraturan di restoran ini.

Sepintas, terdengar aneh. Namun peraturan semacam itu nyatanya tidak pernah mengurangi antusiasme pelanggan untuk makan malam di restoran ini. Sebaliknya, pelanggan bahkan bersedia mengikuti aturan dan datang terus menerus karena merasa dapat menikmati hidangan dengan santai. Selain berkaitan dengan minuman, restoran ini juga memberlakukan aturan lainnya, yang berbunyi “pelanggan diizinkan untuk memesan hidangan apa pun selama pemiliknya memiliki bahan.” Nah lho…

 

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 83.333333%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 16.666667%

2 responses on "Aneh bin Ajaib, Tapi 5 Peraturan Ini ada Lho di Restoran!"

  1. Karena saya berasal dari Indonesia, saya jadi penasaran adakah restoran lain yang serupa di negeri saya?

  2. Peraturan yang sangat unik. Saking uniknya tidak semua orang bisa menerimanya

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X