Apa Jawaban yang Tepat untuk Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan?

Mengapa kamu melamar untuk posisi ini?

Pertanyaan diatas hampir selalu dijadikan sebagai pertanyaan pamungkas ketika melakukan wawancara kerja. Bagi interviewer dan pihak perusahaan, pertanyaan ini penting agar mereka tahu tujuan dan ekspektasi kamu terhadap perusahaan tersebut.

Tentu saja alasan kamu melamar pekerjaan bisa sangat beragam. Tetapi berikut ada beberapa alasan melamar pekerjaan cukup tepat untuk dijadikan jawaban pada saat wawancara.

  1. Perusahaan dan posisi ini bisa memberikan ruang untuk berkarya secara signifikan

Ingat pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar kamu ingin berkontribusi pada perusahaan lewat pekerjaan yang diberikan nantinya. Kalau kamu sebagai pelamar bisa memberikan alasan ini dengan keterangan yang jelas bahwa potensial yang kamu punya bisa tersalurkan lewat perusahaan terkait, tentu interviewer juga akan lebih tertarik untuk mendengar alasan melamar pekerjaan kamu ini.

  1. Saya ingin ikut ambil peran dalam pembangunan termasuk jika harus bertugas di daerah atau luar pulau Jawa.

Konteks alasan melamar pekerjaan ini tepat dipakai saat interview di BUMN atau Kementerian. Kalau kamu bisa sampai di tahap wawancara, maka kesempatan berharga ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Alasan melamar pekerjaan di atas sekaligus meyakinkan pewawancara bahwa kamu benar-benar serius ingin mengabdi lewat posisi yang dilamar.

  1. Saya ingin bergabung karena perusahaan ini salah satu leading di industrinya

Kamu bisa sampaikan alasan bahwa kamu sudah melakukan riset dan menemukan bahwa perusahan tersebut merupakan yang terbaik dibidangnya. Kamu juga bisa menambahkan alasan melamar pekerjaan itu karena melihat potensi dan perkembangan perusahaan kedepan dan hal apa yang bisa kamu kontribusikan untuk mendukung potensi tersebut.

  1. Lapangan kerja yang challenging dan saya nikmati karena ada target yang harus dicapai.

Jawaban diatas cocok jika kamu melamar diperusahan retail. Bayangkan kalau kamu yang jadi HRD dan mendengar seseorang dengan yakin memberi alasan melamar pekerjaan di perusahaan retail adalah karena suka dengan tantangannya. Latar belakang pendidikan bisnis sekalipun belum tentu berani mengambil sektor retail karena jam kerja yang padat dan target penjualan yang harus dicapai. Tapi jika kamu memang punya passion dan ingin sekali masuk ke perusahaan tersebut, beritahu ke HRD bahwa kamu adalah sosok yang dicari selama ini untuk menerima tantangan kerja tersebut.

Untuk bisa memberi alasan melamar pekerjaan yang tepat, kamu butuh usaha agar tidak sekadar asal bicara saja tanpa dasar. Berikut tipsnya.

  1. Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar

Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi diatas melalui website dari perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mencari tahu historis perusahaan dari awal pendirian hingga saat ini. Sehingga informasi ini bisa mempertajam alasan kamu melamar. Jadi, kamu tidak terlalu “buta” dengan calon kantor baru.

  1. Tanya teman atau senior

Kamu bisa menghubungi teman atau senior kamu ketika dikampus yang bekerja diperusahaan yang sama atau industri yang serupa. Honest review dari teman akan membantu kamu memutuskan alasan melamar pekerjaan yang memang jujur dan tidak dipaksakan hanya supaya diterima padahal kamu sendiri tidak tahu pasti kebenarannya.

  1. Liputan Media

Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkini tentang perusahaan melalui media (baik cetak, online). Sehingga kamu menjadi update tentang apa yang sedang dikerjakan oleh perusahaan plus kamu juga bisa tahu reputasi dan perkembangan apa saja yang sudah dilalui oleh perusahaan hingga saat ini. Tentu saja hal ini bisa melengkapi jawaban alasan melamar pekerjaan kamu.

Sudah ada banyak tips untuk menemukan jawaban alasan melamar pekerjaan yang tepat di artikel ini. Sekarang temukan alasan yang paling sesuai dan cocok untuk kamu sehingga ketika ditanyakan oleh interviewer kamu tidak gelagapan lagi saat menjawab. Good luck!

Source: www.glints.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

October 22, 2018

1 responses on "Apa Jawaban yang Tepat untuk Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X