Apa yang Dimaksud Social Skill, dan Kenapa Penting?

Social skill atau keterampilan sosial sangat penting dalam membangun hubungan pribadi dan profesional. Bukan saja dapat memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain, ini juga dapat membantu kita mencapai tujuan karir, berkontribusi pada pencapaian perusahaan, dan memperluas jaringan. Tapi, apa sih sebenarnya social skill itu, dan kenapa ini penting?

Secara umum, sebenarnya ada banyak definisi mengenai social skill. Seperti yang diungkapkan Little, Swangler, & Akin-Little, misalnya, dimana ini diartikan sebagai perilaku belajar yang sesuai secara sosial yang memfasilitasi komunikasi dan interaksi positif dengan orang lain.

Selain itu, social skill juga bisa didefinisikan sebagai keterampilan untuk berkomunikasi dengan orang lain setiap hari dalam berbagai cara termasuk verbal, nonverbal, tertulis dan visual. Nah, kenapa penting?

Kenapa Social Skill Penting?

Social skill pada dasarnya dapat membantu kita berkomunikasi secara lebih efektif dan efisien dan, sebagai hasilnya, membantu kita membangun, memelihara, dan menumbuhkan hubungan dengan kolega, klien, dan kontak baru. Keterampilan ini penting untuk dipertahankan dan ditingkatkan terlepas dari posisi, industri, atau tingkat pengalaman kita.

(Baca juga: 7 Keterampilan Motivasi yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin)

Beberapa orang takut berinteraksi sosial karena mereka tidak ingin menghabiskan waktu dengan orang yang tidak memiliki minat dan sudut pandang yang sama. Jauh lebih mudah untuk menghadiri rapat di tempat kerja atau pesta jika kita mengenal setidaknya beberapa orang yang akan hadir di sana, dan sebagainya.

Sebagai contoh, kita berada dalam situasi sosial dimana kita tidak ingin menghabiskan waktu dengan si A terlalu lama, karena tidak menyukainya. Bagi sebagian, situasi ini mungkin akan terasa sangat menyulitkan. Namun tidak demikian bagi mereka yang memiliki keterampilan sosial yang baik. Ya, keterampilan sosial yang baik akan memungkinkan kita untuk menyampaikan dengan sopan bahwa kita perlu menghabiskan waktu dengan orang lain juga. Entah itu di tempat yang sama ataupun di tempat lain.

Di dunia kerja, social skill juga tak kalah penting. Terlebih hampir semua pekerjaan mengharuskan kita berinteraksi dengan banyak orang, entah itu sesama karyawan, atasan maupun kolega.

Jarang seorang individu dapat tetap terisolasi di kantor dan masih unggul dalam pekerjaan mereka. Sebagian besar perusahaan mencari individu dengan keahlian tertentu yang taktis. Dalam hal ini kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam tim dan untuk memengaruhi serta memotivasi orang untuk menyelesaikan sesuatu.

Singkatnya, bagi seorang pekerja atau karyawan mengembangkan keterampilan sosial adalah hal yang penting karena dapat menguntungkan secara karir. Dimana keterampilan sosial ini memberi kita kesempatan untuk banyak hal.

Itu termasuk mendapatkan ide, informasi, teknik, dan perspektif dari orang-orang dengan berbagai bidang keahlian; memberikan perspektif Anda sendiri untuk kepentingan orang lain; menyelesaikan tugas dan berkolaborasi dengan orang lain menuju tujuan bersama; serta memperluas jaringan untuk mempelajari dan mengejar peluang baru. Nah, sudahkah kita memiliki keterampilan ini?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Apa yang Dimaksud Social Skill, dan Kenapa Penting?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X