Login

Bagaimana Virus Corona Menginfeksi Manusia?

Lebih dari tiga bulan berlalu, sejak kemunculannya pertama kali di kota Wuhan, China, sekitar Desember 2019. Hingga kini, Virus Corona masih saja menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Bukan saja kita yang ada di Indonesia, tetapi juga mereka yang ada di lebih dari 190 negara di luar sana.

Apa yang diperbincangkan? Banyak. Dari sekedar apa itu Virus Corona, dari mana asalnya, siapa saja yang berpotensi terinfeksi, seperti apa ciri-cirinya, hingga bagaimana ini bisa menginfeksi manusia.

Terkait hal ini, para ilmuwan di Westlake University di Hangzhou dan University of Texas di Austin berhasil mengungkap kronologinya.

Menurut mereka, untuk menginfeksi inang manusia, virus Corona harus dapat masuk ke sel manusia secara individu terlebih dahulu. Disini mereka menggunakan mesin-mesin sel untuk menghasilkan salinan virus. New York Post melaporkan, virus kemudian tumpah dan menyebar ke sel-sel baru.

(Baca juga: Melacak Asal Muasal Virus Corona, Epidemi Alami atau Rekayasa Genetika?)

Pada 19 Februari 2020, dalam jurnal Science, para ilmuwan Texas mengidentifikasi kunci molekuler kecil yang memberi peluang untuk virus masuk ke dalam sel. Kunci seperti itu disebut sebagai spike protein atau protein lonjakan.

Rekan peneliti Qiang Zhou dan tim di Hangzhou kemudian memecahkan sisa teka-teki dengan menemukan cara kerja protein lonjakan. Tim menerbitkan temuannya di jurnal Science pada 4 Maret 2020. Mereka menggunakan alat yang disebut cryo-electron microscopy.

Para peneliti menggunakan sampel yang sangat beku dan berkas elektron untuk menangkap gambar dari struktur terkecil dari molekul biologis. Mereka menemukan bahwa Corona atau Covid-19 memiliki pola pengikatan yang cukup mirip dengan SARS pada 2003.

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam. Ini biasanya terjadi ketika ketika sistem kekebalan tubuh berjuang untuk membersihkan virus. Dalam kasus yang gejalanya parah, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi berlebihan dan mulai menyerang sel-sel paru-paru. Akibatnya, paru-paru menjadi tidak bekerja optimal, yang berujung pada kesulitan bernapas.

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Total votes: 15

Upvotes: 11

Upvotes percentage: 73.333333%

Downvotes: 4

Downvotes percentage: 26.666667%

2 responses on "Bagaimana Virus Corona Menginfeksi Manusia?"

  1. Covid -19 bisa menginfeksi manusia dari batuk kering yang dikeluarkan Dan mengenakannya ke pakaian orang lain, tanpa tidak sadar orang tersebut bisa Saja terkena.

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X