Login

Berkenalan dengan 7 Bahasa Paling Tua di Dunia, Indonesia Termasuk?

Jauh sebelum bahasa paling tua ditemukan, manusia berkomunikasi dengan manusia lainnya dengan menggunakan gerakan dan tanda-tanda. Baru setelah memasuki zaman hominin, bahasa diperkirakan mulai secara bertahap mengubah sistem komunikasi antarprimata. Dimana manusia menjadi salah satunya. Dari sini, kehidupan manusia pun berkembang. Dan perlahan tapi pasti membawa kita ke tempat kita saat ini.

Meski begitu, awal mula kehadiran bahasa sendiri hingga kini masih menjadi perdebatan. Ada beberapa teori seputar ini, termasuk “Teori Keberlanjutan” yang menganggap bahwa bahasa tidak muncul begitu saja, melainkan berkembang dari sistem pra-linguistik awal di antara leluhur primata kita. Sementara itu, “teori Ketakberlanjutan” sebaliknya, menganggap bahasa muncul secara tiba-tiba selama perjalanan evolusi manusia.

Perbedaan lainnya adalah antara teori yang memandang bahasa sebagai bawaan lahir yang ter-sandi secara genetis, dan mereka yang melihatnya sebagai sebuah sistem yang secara umum bersifat kultural – dipelajari lewat interaksi sosial. Hmm… kira-kira mana yang lebih tepat ya?

Apapun itu, satu hal yang pasti, bahasa bukannya baru ditemukan beberapa tahun terakhir ini, melainkan ribuan bahkan puluhan ribu tahun yang lalu. Dan jika kita mengacu pada data dari berbagai sumber, jumlahnya pun sangatlah beragam. Diperkirakan ada 6.000–7.000 bahasa pada saat ini.

(Baca juga: Wanita dan Teknologi, Ini Bukti Kalau Mereka “Klop”!)

Melansir holidify, berikut kumpulkan 7 diantaranya yang termasuk ke dalam bahasa paling tua di dunia.

Tamil (berumur 5000 tahun)

Digunakan oleh 78 juta orang dan menjadi bahasa resmi di Sri Lanka dan Singapura, Tamil adalah satu-satunya bahasa kuno yang masih bertahan sampai ke dunia modern. Sebagai bagian dari keluarga Dravida, yang terdiri dari beberapa bahasa asli India selatan dan timur, Tamil adalah bahasa yang paling banyak digunakan di negara bagian Tamil Nadu dan juga merupakan salah satu bahasa resmi India. Prasasti yang berasal dari abad ke-3 SM telah ditemukan di Tamil.

Bahasa Sanskerta (berumur 5000 tahun)

Tidak seperti Tamil, yang masih digunakan secara luas, bahasa Sansekerta adalah bahasa India kuno yang sudah tidak digunakan lagi secara umum. Ditemukan dalam tulisan suci Hindu, Budha dan Jainisme, bahasa klasik ini adalah salah satu bahasa paling tua yang dikenal di dunia. Catatan tertulis pertama bahasa Sansekerta dapat ditemukan di Rigveda, koleksi himne Sanskerta Veda, yang ditulis di suatu tempat sekitar milenium ke-2 SM. Menurut penelitian, bahasa Sanskerta membentuk basis untuk banyak bahasa Eropa dan masih merupakan salah satu bahasa resmi India.

Mesir (berumur 5000 tahun)

Mesir dianggap sebagai salah satu peradaban tertua di dunia, dan Koptik Mesir adalah bahasa asli tertua di negara tersebut. Catatan tertulis mengenai penggunaan bahasa ini ditemukan sejak tahun 3400 SM. Ini adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Mesir hingga akhir abad ke 17 Masehi sampai digantikan oleh Arab Mesir, pasca invasi Muslim. Saat ini, hanya sedikit orang yang lancar berbicara bahasa ini.

Bahasa Ibrani (berumur 3000 tahun)
Bahasa Ibrani mulai tidak digunakan lagi secara umum sekitar
400 M dan sekarang dilestarikan sebagai bahasa liturgi untuk orang Yahudi di seluruh dunia. Dengan bangkitnya Zionisme pada abad ke-19 dan ke-20, bahasa Ibrani mengalami masa kebangkitan dan menjadi bahasa resmi Israel. Meskipun Ibrani Modern berbeda dari versi Alkitab, penutur asli bahasa dapat sepenuhnya memahami apa yang ditulis dalam teks-teks kuno. Bahasa Ibrani modern dalam banyak hal dipengaruhi oleh bahasa-bahasa Yahudi lainnya.

Yunani (berumur 2900 tahun)

Bahasa Yunani adalah bahasa resmi Yunani dan Siprus dan pertama kali digunakan di Yunani dan Asia Kecil, yang sekarang menjadi bagian dari Turki. Bahasa ini memiliki sejarah yang tidak terputus untuk digunakan sebagai bahasa tertulis selama lebih dari 3.000 tahun, lebih lama daripada bahasa Indo-Eropa lainnya yang digunakan saat ini. Sejarah ini dibagi menjadi tiga tahap, yakni Yunani Kuno, Yunani Abad Pertengahan, dan Yunani Modern. Lebih dari 15 juta orang, kebanyakan tinggal di Yunani dan Siprus, berbicara bahasa Yunani saat ini.

Farsi (berumur 2500 tahun)

Bahasa Farsi adalah bahasa umum yang digunakan di zaman modern Iran, Afghanistan, dan Tajikistan. Farsi adalah keturunan langsung dari bahasa Persia Lama, yang merupakan bahasa resmi Kekaisaran Persia. Persia modern muncul sekitar 800 M, dan telah berubah sedikit sejak itu. Penutur bahasa Persia dapat mengambil tulisan yang ada sejak 900 M dan membacanya tanpa kesulitan.

Basque (berumur 2200 tahun)

Penutur asli bahasa Basque adalah sejumlah kecil orang yang tinggal di Spanyol dan Prancis. Namun, itu sama sekali tidak terkait dengan Prancis dan Spanyol, atau bahasa lain di dunia. Ahli bahasa telah mencari tahu selama berabad-abad tentang akar bahasa misterius ini, tetapi tidak ada teori yang mampu mengungkapnya. Satu hal yang jelas adalah bahwa Basque ada di Eropa jauh sebelum kedatangan bahasa Roman dan telah bertahan selama berabad-abad.

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 8

Upvotes: 7

Upvotes percentage: 87.500000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 12.500000%

3 responses on "Berkenalan dengan 7 Bahasa Paling Tua di Dunia, Indonesia Termasuk?"

  1. Bangsa Mesir kuno sejak jaman dahulu kala sebelum masehi memang sdh memiliki peradaban yg tergolong maju termasuk bahasanya….great egypt….

  2. Bahasa modern sekarang bahasa pemograman hahaha

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X