Login

Barisan Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi

Asteroid, atau disebut juga planet minor atau planetoid, merupakan benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar dari meteoroid, yang umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya. Benda langit ini beredar pada lintasan yang terletak di antara orbit planet Mars dan Yupiter. Proses terbentuknya pun terjadi secara bersamaan dengan proses terbentuknya planet yang sesuai dengan susunannya.

Di Tata Surya sana, ada jutaan asteroid. Tapi ada sebagian yang mengorbit sedikit terlalu dekat hingga melintasi orbit Bumi terhadap Matahari. Walaupun benda langit tersebut tidak mengancam kehidupan di Bumi, sebagian ahli astronomi berpendapat bahwa hanya masalah waktu hingga benda langit itu menabrak Bumi. Pertanyaannya sekarang, apa ini bahaya?

Jika mengacu pada informasi National Aeronautics and Space Administration alias NASA, harusnya tidak. Setidaknya, seperti dikatakan badan antariksa AS, tidak ada manusia dalam kurun waktu 1000 tahun yang diketahui meninggal akibat meteorit atau dampak tabrakannya.

Meski begitu, tak dimungkiri bahwa tak sedikit asteroid yang tercatat menyebabkan kerusakan cukup serius kala menghantam bumi. Berikut ini 7 diantaranya:

Kawah Vredefort

Sekitar 2 miliar tahun yang lalu, asteroid konon telah menghantam sebuah wilayah di Afrika Selatan yang dipanggil Free State. Sebagai hasilnya, muncullah apa yang dikenal sebagai Kawah Vredefort. Kawah ini diperkirakan memiliki radius 118 mil (190 kilometer), menjadikannya struktur dampak terbesar yang diketahui di dunia. Kawah ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

(Baca juga: Tipe-tipe Pekerja saat WFH, Kamu yang Mana?)

Sudbury Basin

Sekitar 1,8 miliar tahun yang lalu, sebuah meteor berukuran besar menghantam bumi dan menghasilkan Kawah Sudbury di Ontario, Kanada. Diameternya diperkirakan 81 mil (130 kilometer), dan dianggap sebagai salah satu struktur tumbukan terbesar di Bumi.

Kawah Acraman

Terletak di tempat yang sekarang menjadi Danau Acraman, struktur benturan ini diperkirakan berdiameter 56 mil (90 kilometer) dan tercipta sekitar 580 juta tahun yang lalu, ketika sebuah asteroid menghantam bumi. Adapun kawah ini berlokasi di Australia Selatan.

Kawah Woodleigh

Masih terdapat di Australia, sebuah kawah berdiameter 25 hingga 75 mil (40 hingga 120 kilometer) tercipta akibat benturan asteroid. Diperkirakan, ini terjadi sekitar 364 juta tahun lalu.

Kawah Manicouagan

Sekitar 215 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid menabrak bumi dan membentuk apa yang sekarang disebut Danau Manicouagan. Bahkan dengan erosi, itu dianggap sebagai salah satu kawah terbesar dan terlestarikan terbaik di Bumi, dengan diameter diperkirakan 62 mil (100 kilometer).

Kawah Morokweng

Diperkirakan terjadi 145 juta tahun yang lalu, sebuah benda langit telah menabrak bumi dan menghasilkan Gurun Kalahari di Afrika Selatan. Kawah ini berisi sisa-sisa fosil meteorit yang menciptakannya.

Kawah Chicxulub

Terletak di Semenanjung Yucatán di Meksiko, banyak ilmuwan percaya bahwa meteorit yang menciptakan kawah ini menyebabkan atau berkontribusi pada kepunahan dinosaurus. Perkiraan diameter sebenarnya berkisar dari 106 hingga 186 mil (170 hingga 300 kilometer), yang jika terbukti benar bisa berarti itu yang terbesar.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Barisan Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X