Login

Barisan Wabah Mematikan Sepanjang Sejarah, Selain Virus Corona

Virus Corona telah menjadi lebih populer dari artis, selebritis, atau figur publik manapun di muka bumi ini. Setidaknya, dalam tiga bulan terakhir. Keganasannya dalam “memangsa” lebih dari 7 miliar penduduk dunia menjadi alasan. Dimana per hari ini, Jumat (27/3/2020), virus corona baru penyebab penyakit Covid-19 ini telah merenggut nyawa puluhan ribu orang, dan mengancam ratusan ribu lainnya di lebih dari 190 negara.

Virus corona sendiri dilaporkan pertama kali muncul di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, di Cina. Lebih tepatnya sekitar bulan Desember 2019 lalu. Hingga saat ini, seperti dilaporkan Worldmeter, lebih dari 500 ribu orang di hampir 200 negara terinfeksi virus ini. Dengan jumlah kematian mencapai 23.976, sementara angka kesembuhan 123.380.

Setidaknya ada 5 negara yang dalam catatan Worldmeter memiliki kasus terbanyak. Negara-negara tersebut meliputi Amerika Serikat dengan 83.672 kasus, 1.209 orang meninggal, dan total sembuh 1.864; China, dengan 81.285 kasus, 3.287 orang meninggal, dan total sembuh 74.051; Italia, dengan 80.589 kasus, 8.215 orang meninggal, dan total sembuh 10.361; Spanyol, dengan 57.786 kasus, 4.365 orang meninggal, dan total sembuh 7.015; serta Jerman, dengan 43.938 kasus, 267 orang meninggal, dan total sembuh 5.673.

(Baca juga: Melacak Asal Muasal Virus Corona, Epidemi Alami atau Rekayasa Genetika?)

Di Indonesia, kasus positif virus Corona sendiri bukannya sedikit. Hingga Jumat, (27/3), berdasarkan keterangan terbaru dari juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, ada sekitar 1.046 kasus Positif, 46 diantaranya Sembuh, sementara 87 orang meninggal. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 153 kasus, jika dibandingkan dengan angka di hari sebelumnya.

Khawatir dan takut? Bohong jika tidak. Apalagi mengingat virus ini seperti tidak menunjukkan tanda-tanda untuk berhenti memangsa, sementara vaksinnya sendiri hingga kini belum benar-benar ditemukan.

Meski begitu, kasus Corona yang saat ini tengah melanda dunia sendiri sebenarnya bukan satu-satunya “bencana” – dalam hal ini berupa penyakit atau wabah mematikan, yang pernah membuat gempar dunia. Bertahun-tahun yang lalu, bahkan ratusan tahun yang lalu, pandemi serupa juga pernah dialami para leluhur kita. Baik yang disebabkan oleh virus, penyakit ataupun yang lainnya.

Untuk mengingatkan, berikut 5 wabah mematikan – dengan korban terbanyak, yang pernah menggemparkan dunia:

Kolera

Wabah mematikan lain yang pernah menggemparkan dunia adalah kolera. Tak tanggung-tanggung, serangan wabah ini bahkan terjadi selama berjilid-jilid. Pandemi Kolera Keenam diketahui berasal dari India dan telah menewaskan lebih dari 800.000 orang, sebelum akhirnya menyebar ke Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa Timur, dan Rusia. Pada tahun 1923, kasus-kasus kolera telah berkurang secara dramatis, meskipun masih konstan di India.

Virus Zika

Seperti Corona yang kini tengah melanda dunia, pada 2016 lalu WHO pun menetapkan Zika sebagai Global Health Emergency. Zika sendiri merupakan penyakit yang ditularkan dari nyamuk yang bisa menyebabkan cacat lahir seperti mikrosefali. Kala itu, virus ini diperkirakan bisa menginfeksi 3 sampai 4 juta orang dalam waktu satu tahun. Hingga saat ini, sekitar 86 negara telah melaporkan bukti infeksi Zika yang ditularkan oleh nyamuk.

Wabah Antonine

Nama yang sama sekali tidak mengingatkan kita pada penyakit, bukan? Nyatanya, wabah Antonine adalah salah satu yang paling mengerikan. Dikenal juga sebagai Plague of Galen, ini adalah pandemi kuno yang mempengaruhi Asia Kecil, Mesir, Yunani, dan Italia. Penyakit tak dikenal ini dibawa kembali ke Roma oleh tentara yang kembali dari Mesopotamia sekitar tahun 165 M. Tanpa sadar, mereka telah menyebarkan penyakit yang akhirnya menewaskan lebih dari 5 juta orang dan menghancurkan tentara Romawi. Kini wabah tersebut biasa disebut dengan cacar.

Wabah Justinian

Wabah Justinian adalah wabah penyakit pes yang menimpa Kekaisaran Bizantium dan kota-kota pelabuhan Mediterania sekitar tahun 541-544 Masehi. Setidaknya 25 juta orang dilaporkan meninggal di tahun terakhir keberadaan wabah ini. Wabah sendiri diperkirakan berasal dari Ethiopia kemudin menyebar melewati Mesir, Palestina, di sekitar laut Mediterania sampai akhirnya ke Konstantinopel. Kini penyakit tersebut disebut sebagai pes.

HIV/AIDS

Pertama kali diidentifikasi di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1976, HIV/AIDS menjadi pandemi global setelah menewaskan lebih dari 36 juta orang sejak tahun 1981. Saat ini, ada sekitar 31 hingga 35 juta orang yang hidup dengan HIV, sebagian besar dari mereka berada di Afrika. Tak sedikit dari mereka yang terinfeksi menjalani kehidupan yang produktif. Menurut catatan, antara 2005 dan 2012, kematian global tahunan akibat HIV/AIDS turun dari 2,2 juta menjadi 1,6 juta.

Selain wabah-wabah di atas, dunia juga telah mengalami banyak lagi wabah mengerikan. Sebagian dari kita mungkin tidak lupa dengan SARS atau MERS yang sempat mengguncang dunia beberapa tahun silam, bukan? Pun demikian dengan Flu babi atau biasa dipanggil Flu H1N1 yang terjadi pada 2009 silam. Menurut CDC kala itu, sekitar 151.700-575.400 orang di seluruh dunia meninggal akibat infeksi virus ini, selama tahun pertama virus tersebut beredar.

Selain itu, ada juga Ebola, yang terjadi pada tahun 2014 di Afrika Barat. Dari Agustus 2014 hingga Maret 2016, setidaknya 30.000 orang terinfeksi virus ebola. Sekitar 11.000 orang meninggal di Afrika Barat. 

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

2 responses on "Barisan Wabah Mematikan Sepanjang Sejarah, Selain Virus Corona"

  1. agak sayang virus ebola maupun flu H5N1 tidak dimasukkan. all in all, great job, writer. terima kasih sudah menambah wawasan saya.

  2. Ini bukan virus biasa,ini adalah senjata biologi menurut saya

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X