Dari Angela Merkel hingga Oprah, Ini Dia Wanita “Terkuat” di Dunia

Ada banyak alasan kenapa seseorang dinobatkan sebagai salah satu yang terkuat di dunia. Tentu saja disini bukan dalam artian yang sesungguhnya. Selain karena pencapaian luar biasa yang telah diraihnya, pengaruh yang dibawanya dalam komunitas juga menjadi sesuatu yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tak heran, orang-orang yang masuk ke dalam daftar ini pun biasanya bukanlah orang sembarangan.

Hal yang sama berlaku ketika kita bicara tentang perempuan paling kuat di dunia. Mereka memiliki kualifikasi yang luar biasa, dimana kehadirannya bukan saja memberi inspirasi tetapi juga membawa banyak perubahan bagi dunia. Entah karena gaya kepemimpinannya, kepribadiannya, tutur katanya, hingga prestasinya.

Nah, buat kamu anak-anak muda yang sedang mencari sosok yang tepat untuk dijadikan role model, terlepas dari apakah dia itu seorang politikus, pengusaha, artis, ataupun figur publik lainnya, berikut ini 20 perempuan yang masuk ke dalam daftar perempuan paling powerful di dunia versi Majalah Forbes Times.

Angela Merkel

Bukan tanpa alasan jika Merkel masih menempati posisi teratas di daftar perempuan paling perkasa di dunia. Bahkan hingga tahun ini. Bukan saja menjadi Kanselir wanita pertama Jerman, Ia juga merupakan pemimpin de facto Eropa yang disegani berkat keberhasilannya membawa Jerman keluar dari krisis keuangan dan kembali ke pertumbuhan.

Salah satu bukti kehebatannya dalam memimpin adalah ketika ia mampu berdiri disamping Presiden AS Donald Trump, dan mengizinkan lebih dari 1 juta pengungsi Suriah ke Jerman.

Christine Lagarde

Lagarde menjadi wanita pertama yang memimpin Bank Sentral Eropa pada 1 November 2019. Sebagai kepala kebijakan moneter Eropa, Ia menghadapi ujian berat ketika harus memastikan pandemi virus korona tidak mendatangkan malapetaka lebih lanjut di Eropa. Dia adalah wanita pertama yang memegang posisi ini.

Kalama Harris

Saat ini, siapa yang tak kenal Kamala Harris. Bukan saja menjadi wanita India-Amerika pertama yang terpilih menjadi Senat Amerika Serikat, pada 7 November 2020, Ia pun resmi menjadi wanita pertama dalam sejarah Amerika yang terpilih sebagai wakil presiden.

(Baca juga: Wanita dan Teknologi, Ini Bukti Kalau Mereka “Klop”!)

Ursula von der Leyen

Menjadi wanita perkasa lainnya dari Jerman, Ursula von der Leyen adalah presiden Komisi Eropa, cabang eksekutif Uni Eropa, sejak Juli 2019. Dia adalah wanita pertama yang menempati posisi tersebut, dan bertanggung jawab atas undang-undang yang memengaruhi lebih dari 700 juta orang Eropa.

Melinda Gates

Gates mempertahankan posisinya sebagai wanita paling kuat di bidang filantropi sebagai ketua bersama dari Bill and Melinda Gates Foundation. Didirikan pada tahun 2000, ini adalah yayasan amal swasta terbesar di dunia dengan dana perwalian senilai $ 40 miliar. Perannya disini adalah membentuk strategi yayasan, serta memecahkan tantangan global yang berat terkait pendidikan dan kemiskinan hingga kontrasepsi dan sanitasi.

Mary Barra

Sebagai CEO GM sejak 2014, Barra adalah wanita pertama yang memimpin salah satu dari tiga produsen mobil terbesar di Amerika Serikat. Pada musim semi 2020, dia mengganti jalur produksi GM untuk membantu Ventec Life Systems membuat ventilator yang sangat dibutuhkan.

Nancy Pelosi

Nancy Pelosi adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS ke-52.
Peran itu menjadikannya wanita terpilih dengan peringkat tertinggi di negara itu dan di baris kedua untuk kursi kepresidenan. Pada 2019, ia memulai proses pemakzulan keempat kalinya dalam sejarah AS melawan Presiden Donald Trump.

Ana Patricia Botín

Di urutan ke-8 perempuang paling kuat di dunia ada Ana Patricia Botin. Ia adalah bankir Spanyol yang menjabat sebagai ketua eksekutif Santander Group sejak 2014 dan menjadi generasi keempat dari keluarga Botín yang memegang peran ini. Dalam menghadapi kerusuhan politik, dia telah memperjuangkan fintech dan fokus pada wirausahawan, mendukung usaha kecil dan bisnis milik wanita.

Abigail Johnson

Abigail Johnson telah menjabat sebagai CEO Fidelity Investments sejak 2014, ketika dia mengambil alih tampuk kepemimpinan dari ayahnya, dan menjadi ketua sejak 2016. Johnson telah menggunakan cryptocurrency dan, pada tahun 2018, Fidelity meluncurkan platform yang memungkinkan investor institusional untuk memperdagangkan bitcoin dan eter.

Gail Boudreaux

Setelah menjadi CEO UnitedHealthcare, divisi terbesar dalam UnitedHealth Group yang merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbesar di AS, Boudreaux lantas menjadi CEO Anthem. Dengan pengalaman, dia telah mendapatkan pujian dari rekan-rekannya dan Wall Street; dimana dalam dua tahun pertama masa jabatannya, sahamnya melonjak 20%.

Selain ke-10 wanita di atas, beberapa nama lainnya, seperti Carol Tomé, Emma Walmsley, Susan Wojcicki, Julie Sweet, Safra Catz, Ruth Porat, Judith McKenna, Kristalina Georgieva, Martina Merz dan Oprah Winfrey, menempati posisi 10 hingga 20 wanita terkuat di dunia.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "Dari Angela Merkel hingga Oprah, Ini Dia Wanita "Terkuat" di Dunia"

  1. Bukan bermaksud untuk rasis atau bagaimana, namun memang benar adanya (dari yang saya lihat di lingkungan saya misal ibu, adik, tante, dan kerabat perempuan saya yang lainnya) lebih kuat dalam berjuang, mereka jarang mengeluh, lebih banyak berbuat dan membuktikan, love you all.

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X