Login

Diperingati 4 Februari, 5 Hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hari Kanker

Tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Adapun tujuan ditetapkannya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai salah satu penyakit yang mematikan ini. Tentu saja, disamping menepis sejumlah mitos mengenai penyakit yang kadung beredar. Seperti diketahui, ada begitu banyak informasi yang salah terkait kanker dan peringatan hari kanker ini ditujukan untuk meluruskan itu.

Di Hari Kanker Sedunia tahun ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai mempelajari lebih dalam mengenai kanker. Mulai dari seberapa ganas penyakit ini, hingga kenapa 4 Februari dipilih sebagai peringatan hari Kanker.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa fakta berikut supaya kita dapat mengampanyekan Hari Kanker Sedunia ke keluarga dan teman-teman terdekat.

Tiap tahun, 9,6 Juta Jiwa Meninggal karena Kanker

Kanker merupakan penyakit paling mematikan kedua di dunia setelah penyakit jantung. Tercatat bahwa sekitar 9,6 juta jiwa meninggal karena kanker setiap tahunnya. Tujuh puluh persen dari kasus kematian akibat kanker terjadi di negara dengan pendapatan rendah hingga menengah. Di Indonesia sendiri, data Riskesdas 2013 menyebut terdapat 1 kasus kanker tiap 1.000 penduduk dan paling banyak dialami oleh perempuan lewat kanker payudara dan kanker leher rahim.

Pola makan sehat mencegah Kanker

World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa setidaknya sepertiga jenis kanker sebenarnya dapat dicegah dengan pola makan sehat, menjaga berat badan normal, dan olahraga. Merokok dan minum alkohol berlebihan merupakan penyebab meningkatnya risiko kanker pada manusia. Karena itu, sangat disarankan untuk berhenti merokok dan mengurangi alkohol.

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker. Setidaknya ada 10 jenis kanker yang dapat dicegah dengan berolahraga, seperti kanker perut, payudara, rahim, hingga pankreas dan hati. Selain itu, kita juga perlu menjaga kulit dari paparan radiasi ultraviolet matahari dengan memakai tabir surya tiap keluar rumah. Menerima vaksinasi juga merupakan salah satu langkah pencegahan kanker karena infeksi virus dapat menyebabkan kanker.

Kadung dianggap tidak bisa diobati

Banyak mitos dan kesalahpahaman mengenai kanker, misalnya bahwa tidak ada obat untuk kanker atau tidak ada hal yang dapat dilakukan terhadap penyakit tersebut. Informasi-informasi yang salah dapat menyebabkan rasa takut sehingga kita justru menunda untuk melakukan pengecekan atau pengobatan. Akibatnya, penderita kanker menjadi semakin sulit diobati dan malah mengonfirmasi bahwa kanker tidak dapat disembuhkan.

(Baca juga: 10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Lingkungan Hidup)

Salah satu tujuan Hari Kanker Sedunia adalah untuk melawan mitos-mitos tersebut. Kita dapat memulainya dari diri sendiri, misalnya dengan mencari informasi yang benar mengenai kanker. Setelah itu, kita dapat menyebarkannya kepada keluarga dan teman untuk mengurangi rasa takut dan stigma tentang kanker.

Kampanye “I Am and I Will”

Tema Hari Kampanye Sedunia di tahun 2019-2021 adalah “I Am and I Will.” Tujuan dari tema tersebut adalah ajakan untuk berkomitmen melakukan tindakan yang dapat berdampak di kemudian hari. Kampanye yang diadakan selama tiga tahun ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang berkepanjangan dengan meningkatkan paparan dan keterlibatan publik mengenai kanker.

Pertama Kali Diselenggarakan Tahun 2000

Hari Kanker Sedunia dicetuskan oleh Union for Internasional Cancer Control (UICC), salah satu organisasi kanker internasional yang terbesar dan tertua di dunia. Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) ditetapkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2000 di acara World Summit Against Cancer di Paris, Perancis. Konferensi tersebut membahas penelitian, pencegahan, hingga peningkatan layanan dan kesadaran masyarakat tentang penyakit kanker.

Hingga saat ini, Hari Kanker Sedunia digelar tiap tahun dan diikuti oleh berbagai negara di dunia. Peringatan tersebut juga melibatkan berbagai komunitas, organisasi, pemerintah, rumah sakit, dan pihak-pihak lainnya.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 responses on "Diperingati 4 Februari, 5 Hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hari Kanker"

  1. Pembahasan tentang kankernya udh keren banget sih, cmn mau bilang bagi yg menderita kanker apapun itu jgn pernah patah Semangat buat sembuh, bnyk kok org yg melewati fasew itu dengan happy dan Semangat yg pada akhirinya bisa sembuh kayak eyang titiek puspa. Letakkan frame of thinking ‘aku pasti sembuh’ dan kau akan sembuh, yakinlah merciful itu nyata.

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X