Employee Engagement dan Kenapa Ini Penting?

Employee engagement adalah konsep mendasar dalam upaya untuk memahami dan menggambarkan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, sifat hubungan antara organisasi dan karyawannya. Istilah ini pertama kali muncul sebagai konsep dalam teori manajemen pada 1990-an, dan terus meluas hingga kini.

Adalah Gallup, perusahaan konsultan manajemen asal Amerika Serikat yang telah mempopulerkan konsep ini. Namun dalam perjalanannya sejumlah pakar berkontribusi dalam mengenalkannya lebih luas lagi. Mereka memberikan banyak alternatif tentang definisi dari employee engagement itu sendiri.

Gibbons, misalnya, dalam Hughes dan Rog (2008) mendefinisikan employee engagement sebagai hubungan emosional dan intelektual yang tinggi yang dimiliki oleh karyawan terhadap pekerjaannya, organisasi, manajer, atau rekan kerja yang memberikan pengaruh untuk menambah discretionary effort dalam pekerjaannya.

Sementara Kevin Kruse, penulis buku Employee Engagement 2.0, dalam Forbes mendefinisikan employee engagement sebagai komitmen secara emosional yang dimiliki karyawan terhadap organisasi tempatnya bekerja dan tujuan dari organisasi tersebut. Kenapa ini Penting?

Manfaat Empoyee Engagement

Sebagaimana disinggung di atas, inti dari employee engagement adalah rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Dimana hal tersebut lalu membuat mereka ingin berkontribusi lebih serta memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

Baca juga: Alasan Kenapa Karyawan Aset Terbaik Perusahaan

Bagi perusahaan, ini tentu saja merupakan hal yang penting. Bahkan menjadi salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Employee engagement yang baik bukan saja dapat menciptakan semangat baru bagi karyawan untuk bekerja setiap harinya, ini juga dapat menciptakan hubungan kuat dengan setiap karyawannya. Alhasil, karyawan lebih fokus kepada pencapaian yang ingin dicapai dan membangun kerjasama tim yang solid.

Keterlibatan karyawan biasanya didasarkan pada banyak hal, termasuk kepercayaan, integritas, serta komitmen dua arah dan komunikasi antara perusahaan dan karyawan. Ini adalah pendekatan yang meningkatkan peluang keberhasilan bisnis, berkontribusi pada kinerja, produktivitas, dan kesejahteraan perusahaan dan karyawan.

Singkatnya, seorang “karyawan yang terlibat” adalah mereka yang sepenuhnya terikat dan antusias dengan pekerjaannya dan dengan demikian mengambil tindakan positif untuk memajukan reputasi dan kepentingan perusahaan. Mereka juga memiliki sikap positif terhadap perusahaan dan nilai-nilainya.

Sementara ‘karyawan yang tidak terlibat’ merupakan seseorang yang melakukan pekerjaan secara minimal, tidak terlalu peduli dengan hasil kerja dan reputasi perusahaan. Nah, kamu termasuk yang mana?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

0 responses on "Employee Engagement dan Kenapa Ini Penting?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X