Login

Fakta Menarik Dibalik Uang Pecahan Rp 75.000

Ada yang istimewa dari perayaan HUT RI ke-75 yang jatuh pada tahun 2020 ini. Setidaknya, itulah yang ditunjukkan oleh Bank Indonesia. Bersama Kementrian Keuanga, bank sentral merilis uang pecahan edisi khusus dengan pecahan Rp 75.000.

Diterbitkannya uang pecahan Rp 75.000 sendiri menjadi momen langka mengingat Bank Indonesia biasa mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin. Tercatat, BI telah mengedarkan uang edisi khusus peringatan kemerdekaan RI sebanyak 4 kali.

Pencetakan uang edisi khusus pertama kali dibuat untuk memperingati HUT RI ke-25 pada tahun 1970, diikuti HUT RI ke-45 tahun 1990, dan HUT RI ke-50 yang jatuh pada tahun 1995.

Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai rupiah edisi khusus ini, berikut beberapa fakta menarik mengenai uang pecahan 75.000.

Hanya 75 juta lembar

75 juta lembar memang bukan jumlah yang sedikit, tapi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, angka ini tentu saja sedikit. Apalagi jika semua penduduk ingin memilikinya. Tapi, mengingat uang tersebut dikeluarkan bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan, maka ini lebih dari cukup.

Sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, uang rupiah edisi khusus dikeluarkan untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan RI ke-75. Uang ini juga hanya bisa didapatkan dengan cara khusus.

Bisa didapatkan secara online

Ada beberapa tata cara untuk mendapatkan uang pecahan Rp 75.000. Pertama adalah memilih lokasi dan tanggal penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan pada aplikasi.

Selanjutnya, pastikan kalian mendapatkan bukti pemesanan. Bukti pemesanan dalam bentuk cetak atau digital ini nantinya akan digunakan untuk melakukan penukaran uang secara langsung di lokasi yang dipilih. Selain itu, jangan lupa bawa KTP.

(Baca juga: 8 Tradisi Masyarakat Indonesia Rayakan Hari Kemerdekaan)

Penukaran di BI dapat dilakukan mulai 18 Agustus 2020 dan di Bank Umum yang ditunjuk – Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga, bisa ditukarkan mulai 1 Oktober 2020.

Uang pecahan Rp 75.000 punya ciri unik

Ciri unik ini bisa ditemukan baik di bagian muka maupun bagian belakang. Di bagian muka misalnya, ada gambar utama Pahlawan Nasional D. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta; dua logo bunga dengan cap BI akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis, jika dilihat dari sudut pandang berbeda; pada tulisan “Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah”, gambar pahlawan, nominal uang, dan garis bantu pembacaan nominal uang, jika diraba akan terasa kasar.

Tak hanya itu, logo BI juga akan terlihat berwarna jika diterawang. Sedangkan hasil cetak akan memendar jika dilihat dengan sinar ultraviolet
Belakang.

Bagaimana dengan bagian belakang? Hal pertama yang tampak adalah gambar anak Indonesia dengan pakaian adat daerah. lalu ada nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka.

Seperti bagian depan, tekstur kasar juga bisa dirasakan di bagian belakang. Dalam hal ini pada gambar anak Indonesia, gambar peta Indonesia, dan tulisan di bagian bawah uang. Sementara logo BI akan terlihat berwarna jika diterawang dan nomor seri, tulisan NKRI, nominal uang akan memendar jika dilihat dengan sinar ultraviolet.

Mengadopsi teknologi canggih

Namanya edisi khusus, tidak berlebihan jika BI mendatangkannya dengan berbagai keunikan. Salah satunya adalah terkait teknologi yang diadopsi. Konon, uang Rp 75.000 ini dilengkapi pengaman dengan teknologi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Ini dilakukan agar uang lebih sulit untuk dipalsukan.

Dikeluarkan setiap 25 tahun sekali

Dikatakan edisi khusus tentu bukan tanpa alasan. Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, ke depannya rupiah edisi khusus HUT RI bakal diterbitkan setiap 25 tahun sekali. Artinya, uang edisi HUT RI bakal dikeluarkan kembali pada Hari Kemerdekaan ke-100 tahun.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

2 responses on "Fakta Menarik Dibalik Uang Pecahan Rp 75.000"

  1. Wah pasti akan jadi aset untuk berpuluh tahu kemudian karena edisi terbatas 🙂

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X