Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Pengembangan Diri Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap sendi-sendi kehidupan manusia. Termasuk berdampak pada tatanan sosial, pekerjaan, pendidikan, ekonomi dan lainnya. Oleh karena itu, manusia dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi yang ada. Nah, disinilah dibutuhkan sebuah upaya pengembangan diri agar manusia tetap memiliki kualitas meskipun berada di tengah pandemi.

Pengembangan diri disini adalah meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Sangat diperlukan upaya untuk menumbuhkembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan lain dalam kehidupan.

Dalam tujuannya, manusia memiliki harapan besar untuk dapat hidup lebih baik dari hari ke hari. Impian tersebut tentunya akan tercapai bila memiliki kerja keras, konsistensi tinggi dan juga mampu memaksimalkan potensi diri dengan pengembangan diri yang dibangun, meskipun dalam prosesnya nanti akan dipenuhi dengan berbagai hambatan.

Tentu saja, setiap usaha yang dilakukan membutuhkan ‘action’ agar apa yang menjadi pengharapan dapat diwujudkan meski pandemi Covid-19 masih menghantui semua orang. Untuk itu, sebelum membangun pengembangan diri selama Pandemi Covid-19 perlu mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk memulainya, antara lain:

  1. Kenali Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri berarti mengenal kemampuan diri. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga dapat memberikan spirit untuk dapat memenuhi pengharapan dalam pengembangan diri yang akan dibangun.

Caranya adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apa yang sedang menjadi tujuan hidup selama ini? Apa saja hal yang membuat bahagia dan sedih? Selain itu dapat bertanya jika mengahdapi hambatan apa yang harus dilakukan? Karena  kebahagiaan untuk mencapai cita-cita dalam pengembangan diri adalah berhasil mewujudkannya dan berhasil melewati hambatan yang ada.

2. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri

Ini perlu dilakukan untuk menggali potensi diri yang dimiliki. Dalam menggali potensi diri, penting sekali untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri agar mempermudah untuk mencapai tujuan dan mempersiapkan diri jika ada masalah yang nantinya akan dihadapi.

Untuk menghadapi kekurangan, cobalah untuk menyadari kekurangan itu dan berusahalah untuk memperbaikinya. Untuk kelebihan yang dimiliki cari tahu cara mempertahankan dan meningkatkannya.

3. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Dalam sebuah upaya pengembangan diri, tak terkeduali selama pandemi seperti saat ini, membiasakan diri untuk menerima saran dan kritik tetap menjadi hal yang penting, karena akan memberikan sebuah kekuatan baru untuk bisa mencapai harapan yang diinginkan.

(Baca juga: 10 Kebiasaan yang Hanya Dimiliki Karyawan Sukses)

Untuk itu, terbuka dalam menerima saran dan kritikan dari orang lain akan sangat membantu untuk dapat tumbuh dan bangkit dalam keterpurukan. Kritik dan saran juga sangat baik untuk membangun intropeksi diri sehingga bisa mengambil keputusan dengan baik.

4. Tidak Takut Mencoba Hal Baru

Dalam proses pengembangkan diri, utamanya dalam menggali potensi diri adalah membangun semangat untuk memulai hal yang baru. Intinya jangan pernah takut untuk mencoba. Pelajari hal baru tersebut mulai dari yang kecil hingga yang besar dan paling memungkinkan karena itu akan baik dalam memitigasi kegagalan yang ada.

5. Tetap Menerapkan Kebiasaan Baik

Positive thinking akan sangat baik dalam memulai sebuah kepurusan untuk ‘action’. Meskipun tetap dalam koridor waspada terhadap hal apapun yang akan dihadapi. Untuk itu, dengan tetap menerapkan kebiasaan yang baik tentunya akan mendapatkan hal yang baik pula sebagai bagian dari hukum kehidupan. Dimana setiap perbuatan baik, maka akan mendapatkan balasan hal yang lebih baik lagi.

6. Ingat, Kamu Tidak Sendiri

Naik turun dalam kehidupan memang tidak bisa ditampik. Ketika kita berada di bawah, merasa kesepian, kecewa, lelah, dan tidak tahu harus bagaimana, juga saat social-distancing seperti sekarang. Padahal, ada banyak orang di sekeliling kita yang secara tidak disadari memberikan banyak dukungan untuk menghadapi hambatan yang terjadi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Itu artinya, kita tidak sendiri.  Hanya saja tinggal diri kita sendiri yang perlu menyadari hal tersebut. Dengan demikian beban yang terjadi akan sedikit membantu untuk bisa keluar dari kondisi tersebut.

7. Banyak Hal yang Bisa Dipelajari

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam membangun pengembangan diri. Mulai dari mengenal hobi, bisnis online hingga jasa. Sebab, banyak orang yang sukses dimulai dari mengembangkan potensi diri dari hobi, karena melihat ada potensi yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis dan menjadi sukses dari hobi yang dimiliki.

Hal lainnya adalah memulai mengembangkan bisnis online. Jika tidak memiliki modal, hobi menulis kalian bisa jadi merupakan ladang bisnis yang menjanjikan dengan menjadi freelance writer. Dan masih banyak lagi yang lainnya dan semua itu bisa dipelajari terlebih di kala pandemi seperti saat ini, ketika kreativitas tinggi untuk bisa berdikari sangat dibutuhkan.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 7

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 85.714286%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 14.285714%

3 responses on "Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Pengembangan Diri Selama Pandemi"

  1. Benar banget, selama ini ngerasa selalu apa-apa sendiri kini aku sadar kalau aku gak sendirian. Gak cuma aku yg ngerasain hal ini dan aku harus berubah menjadi lebih baik lagi

  2. Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, mari saling menjaga untuk kehidupan yang lebih baik.

  3. Terima kasih atas masukannya. Semoga kedepannya bisa lebih mengutamakan Bagaimana untuk tetap mengenal lebih dalam diri sendiri, kelebihan serta kekurangannya agar dapat dikembangkan potensinya

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X