Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Wawancara Kerja

Apakah kamu sudah pernah berulang kali interview namun masih saja gagal? atau kamu adalah kandidat yang masih menunggu panggilan kerja pertama? Entah kalian masih mahasiswa, fresh graduates ataupun professional wawancara merupakan tahapan yang pasti yang harus dilalui.

Untuk itu, yuk kita bahas tentang kesalahan-kesalahan yang harus kamu hindari saat akan melakukan wawancara kerja.

  1. Datang Terlambat

Datang tepat waktu adalah hal yang wajib. Karena sikap profesionalitas kamu pertama kali terlihat dari ketepatan waktu ini. Jika kamu belum mengetahui lokasi tempat wawancara dilaksanakan, ada baiknya kamu melakukan survei di H-1 wawancara. Pastikan juga kamu berangkat lebih awal dengan mempertimbangkan hal-hal yang tidak terduga seperti macet, ban kempes, Transjakarta yang lama, jawal kereta yang terlambat dan lain sebagainya.

  1. Tidak Melakukan Riset Tentang Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Banyak sekali kandidat/calon karyawan yang sangat lancar dalam menceritakan dan menjawab pertanyaan tentang profil diri tetapi terbata-bata ketika ditanya tentang perusahaan yang dia lamar. Hal ini menunjukan bahwa kamu tidak siap untuk bekerja diperusahaan tersebut. So, jangan malas. Lakukan riset tentang perusahaan tersebut. Pastikan kamu tahu apa visi dan misinya serta industry atau bisnisnya secara keseluruhan.

  1. Berkomentar Buruk tentang Pekerjaan ataupun Perusahaan Sebelumnya

Nah ini penting untuk kamu yang akan menjalankan proses wawancara untuk pekerjaan kedua dan seterusnya. Interviewer pasti akan menanyakan alasan mengapa kamu resign dari kantor sebelumnya. Tetapi tolong diingat, seburuk apapun kondisi kantor lama kamu, pastikan kamu tidak mengumbar keburukan/berkomentar negatif. Sebab dengan berkomentar negative, interviewer akan berpikir kaamu berpotensi melakukan hal yang serupa ketika memutuskan pindah ke perusahaan lain.

  1. Memohon yang Berlebihan alias Terlihat Desperate

Mungkin kalian sudah lelah kesana kemari untuk memenuhi panggilan tes belum satupun ada yang lolos, tapi jangan pernah kelihatan desperate di depan interviewer ya. Sebesar apapun kamu menginginkan pekerjaan tersebut kamu harus bisa menjaga sikap. Usahakan untuk terlihat excited dengan pekerjaan maupun visi misi perusahaan, namun juga jangan terlalu berlebihan dan memperlihatkan seolah-olah hidup kalian hanya bergantung pada perusahaan ini.

  1. Tidak Mempersiapkan Pertanyaan

Biasanya interviewer selalu mengakhiri wawancara dengan menanyakan kepada kamu apakah kamu ada pertanyaan atau tidak. Jangan pernah berkata TIDAK!

Siapkan pertanyaan terbaik kamu sebelum kamu masuk ke ruangan wawancara. Pastikan pertanyaan kamu bukan pertanyaan yang mudah atau seadanya (di Google langsung ketemu jawabannya). Dengan bertanya akan memperlihatkan jika kamu tertarik dengan posisi pekerjaan dan perusahaan yang dituju, selain itu pertanyaan juga akan memperlihatkan bahwa kamu memiliki inisiatif yang tinggi.

Bagaimana sudah siap wawancara? Kamu bisa belajar lebih banyak lagi tentang tips & tricks wawancara kerja dengan mengikuti kursus di elearn.id. Best of luck!

Source: www.glints.com

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

October 22, 2018

0 responses on "Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Wawancara Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X