Login

Kantor Pos Paling Tak Biasa di Dunia, No 5 Bikin Bengong!

Bagi sebagian orang, kantor pos mungkin telah menjadi tempat yang paling jarang atau bahkan tidak pernah dikunjungi. Apalagi dalam beberapa tahun terakhr ini, ketika layanan perpesanan seperti WhatsApp, Line, WeChat atau yang lainnya merajalela. Bisa dibilang, berkirim surat untuk sekedar menanyakan kabar kepada keluarga nun jauh disana adalah masa lalu.

Tapi, tentu saja ini juga tidak menjadi alasan bagi kantor pos untuk tutup. Katakan saja kegiatan surat menyurat via pos menurun, tapi tidak demikian dengan layanan pengiriman barang atau uang dengan wesel.

Kantor pos, bagaimanapun tetap memiliki fungsinya sendiri, sehingga tidak berlebihan jika keberadaannya masih dianggap penting, dan ini tetap berdiri kokoh di banyak tempat.

Di beberapa negara, fasilitas untuk berkirimsurat ini tak ubahnya bangunan pada umumnya, mengedepankan fungsionalitas. Misalnya memiliki bentuk bangunan yang tidak begitu mencolok, tapi dapat kita kenali dengan warnanya yang identik. Katakan saja, hitam dan oranye seperti di Indonesia. Atau merah dan putih seperti di Australia. Lokasinya pun cenderung strategis agar dapat dilihat dan dijangkau oleh masyarakat.

Oke, idealnya seperti itu. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa kantor pos luar sana yang bukan saja memiliki bentuk bangunan yang unik, tetapi juga berlokasi di tempat yang tak biasa?

Dari yang memiliki bentuk tak ubahnya loket penjualan tiket hingga yang berlokasi di bawah laut, ini dia 8 kantor pos paling tak biasa di dunia, dalam rangka memperingati hari pos sedunia yang jatuh pada 9 Oktober kemarin.

  1. Molossia Post Office, Republik Molossia

Kantor pos kecil serupa loket penjualan tiket ini menghubungkan republik terkecil di dunia, yakni Molossia, ke dunia melalui layanan posnya. Molossia adalah mikronasi – sebuah wilayah kecil atau entitas politik yang mengklaim kedaulatan nasional tetapi tidak diakui oleh negara berdaulat lainnya, dengan 12 anggota. Kevin Baugh adalah pendiri dan presidennya.

2. Ochopee, Florida

Bukan tanpa alasan jika Ochopee disebut sebagai kantor pos terkecil. Nyatanya, fasilitas surat menyurat di AS ini memang hanya berukuran 7 x 8 kaki, dikelola oleh satu orang dan hanya mengantar surat ke tiga negara. Letaknya di Ochopee, sebuah komunitas tak berbadan hukum di Collier County dengan jumlah penduduk kurang dari 15 orang.

3. China Post, Mount Everest

Kantor pos ini dikenal juga dengan sebutan Qomolangma, dan merupakan yang tertinggi di dunia lantaran ‘berdiri’ di kamp pangkalan Everest di wilayah otonomi Tibet. Didirikan pada tahun 2008, ini juga merupakan titik istirahat bagi para pelancong. Dalam sehari, fasilitas ini melayani sekitar 30 pelanggan dan buka selama tujuh bulan, mulai April dan Oktober.

4. Kantor pos terapung, Kashmir (India)

Bukan cuma pasar saja yang bisa mengapung, kantor pos juga. Satu yang bisa kita temui mengapung di atas perairan Danau Dal Srinagar adalah buktinya. Disini kita bisa menemui beberapa tukang pos, dan sebuah kotak perangko.

(Baca juga: 7 Tempat Paling Mengerikan di Alam Semesta, Ada ‘Tangan Tuhan’!)

Ini bukan shikara (jenis perahu kayu) biasa, apalagi sekedar rumah perahu yang menjadi area bagi wisatawan, dan bukan pula bagian dari pasar terapung yang berdesak-desakan. Ini adalah satu-satunya kantor pos terapung di India.

5. Port Lockroy, Antartika

Fasilitas satu ini bisa dibilang berdiri di atas lokasi yang paling tidak biasa. Betapa tidak, ini terletak di sebuah pulau dengan penguin melebihi jumlah manusia. Port Lockroy juga merupakan museum bagi pengunjung. Surat yang dikirim dari sini berharga USD1, dan bisa memakan waktu sekitar dua minggu atau satu tahun, tergantung pada musim apa kita mempostingnya.

6. Kantor pos di Menara Eiffel

Berkunjung ke Menara Eiffel tidak lengkap tanpa mengajak kaki kita memasuki sebuah kantor pos kecil yang berada di sayap selatan menara. Fasilitas ini juga memungkinkan turis dan pengunjung untuk masuk dan mengirim surat. Jika beruntung, para turis dan pengunjung ini bahkan bisa mendapatkan sebuah cap khusus yang menyatakan bahwa surat tersebut telah dikirim dari Menara Eiffel.

7. Kantor Pos Bawah Air, Vanuatu

Didirikan pada 30 Juni 2003, kantor pos bawah air pertama ini akan bisa kita temukan di Vanuatu, negara kepulauan Pasifik yang terletak di lepas pantai Oseania dan Australia. Fasilitas ini memungkinkan siapapun untuk mengirim surat lewat sebuah kartu pos tahan air yang dirancang khusus.

8. Susami, Jepang

Disebut-sebut sebagai kotak pos bawah air terdalam di Guinness Book Of World Records, kotak pos Susami yang berada 33 kaki di bawah permukaan laut ini dibangun pada tahun 1999 sebagai bagian dari acara festival olahraga kelautan. Sesuai namanya, ini juga dapat digunakan untuk mengirim surat. Seorang anggota staf toko selam lokal mengambil kartu sekali sehari sebagai bagian dari layanan surat harian. Surat-surat ini diposting oleh para penyelam.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Kantor Pos Paling Tak Biasa di Dunia, No 5 Bikin Bengong!"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X